Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Bitcoin · 8 min read

Harga Bitcoin US$44 Ribu, Valuasi Kalahkan Meta dan Berkshire

BTC

BTC kembali menyentuh harga tertinggi tahun 2023 di harga US$44.530 (6/12/23) pukul 05.00 WIB. Kenaikan harga ini menyebabkan valuasi Bitcoin mengalahkan valuasi perusahaan milik Mark Zuckerberg, Meta dan perusahaan milik Warren Buffet, Berkshire Hathaway.

Valuasi BTC Salip Meta dan Berkshire Hathaway

Harga Bitcoin sempat menyentuh US$44.530, harga tertinggi tahun ini, dan per artikel ini ditulis (6/12/23) Bitcoin diperdagangkan pada harga US$43.892. Hanya dalam sepekan, Bitcoin mencatatkan kenaikan +17%, dimana kenaikan yang signifikan untuk aset berkapitalisasi pasar besar. Secara keseluruhan, Bitcoin telah naik +165% year to date (YTD).

btc chart
Gambar: Grafik harga BTC

Dengan meningkatnya harga Bitcoin, valuasi pun juga meningkat dengan valuasi Bitcoin menyentuh US$857,3 miliar. Nilai valuasi ini telah melewati perusahaan besar ternama seperti Meta (sebelumnya Facebook) dengan valuasi US$821,9 miliar dan Berkshire Hathaway dengan valuasi US$776,7 miliar.

Gambar: Harga dan valuasi Bitcoin. Sumber: Coinmarketcap
Gambar: Valuasi Meta dan Berkshire Hathaway. Sumber: Companies Marketcap

Baca juga: Menuju Bitcoin Halving 2024: Semua yang Perlu Dipersiapkan Investor

Total Rp3,8 Triliun Posisi Futures Terlikuidasi

Kenaikan harga Bitcoin yang signifikan nyatanya tidak menyenangkan bagi semua orang, terutama trader yang memasang posisi SHORT pada pasang perdagangan Bitcoin. Berdasarkan data Coinglass, terdapat US$248 juta atau sekitar Rp3,8 triliun posisi futures yang terlikuidasi dalam 24 jam terakhir.

Gambar: Peta likuidasi posisi futures. Sumber: Coinglass

Terdapat 65,48% posisi SHORT dan 34,52% posisi LONG yang terlikuidasi dalam 24 jam terakhir, menunjukkan bahwa trader tidak menduga Bitcoin akan mengalami kenaikan lagi setelah menyentuh level harga di atas US$40.000.

Pasang perdagangan Bitcoin menjadi penyumbang likuidasi terbesar yakni US$113,71 juta. Ethereum menempati tempat kedua dengan total likuidasi US$36,57 juta. Token BRC-20 ORDI menempati peringkat ketiga penyumbang likuidasi dengan US$10 juta.

Baca juga: Token ORDI dan BIGTIME Pimpin Likuidasi Altcoin di Pasar Futures

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.