Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Regulasi · 6 min read

Gubernur The Fed Tegaskan Mereka Tidak Melarang Crypto!

Gubernur The Fed, Jerome Powell, menegaskan kepada Kongres bahwa Amerika Serikat tidak berniat untuk melarang cryptocurrency seperti yang telah dilakukan China.

Berbicara sebagai tanggapan atas pertanyaan dari Perwakilan Republik Ted Budd dari North Carolina, Powell mengklarifikasi bahwa larangan tersebut tidak dibutuhkan di Amerika Serikat.

Menurutnya, cryptocurrency memang perlu dibenahi atau bahkan di atur ulang sistemnya. Namun larangan untuk bertransaksi mata uang crypto dan aset digital lainnya tidak diperlukan.

“Apa sebenarnya penting untuk melarang atau membatasi penggunaan cryptocurrency seperti China?” Pihak Budd bertanya pada sang gubernur.

“Tidak ada niat untuk melarang mereka, itu tidak dibutuhkan.” Tegas Powell. 

Dan dalam pandangan Powell, mata uang digital bank sentral, atau CBDC, dapat melakukan banyak fungsi stablecoin dan cryptocurrency, tetapi tanpa risiko regulasi.

“Namun stablecoin terlihat seperti reksa dana pasar uang, mereka seperti deposito bank, tetapi sampai batas tertentu berada di luar batas regulasi. Dan pantas jika mereka diatur. Aktivitas yang sama dengan regulasi yang sama.” Jelas Powell kemudian.

Stablecoin, seperti Tether dan USDC, adalah aset digital yang dirancang untuk memiliki nilai 1:1 dengan mata uang fiat.

Powell pribadi telah menyuarakan keprihatinan tentang operasi Tether di masa lalu.

Ia mencatat, bahwa USDT tidak didukung sepenuhnya oleh dolar Amerika Serikat di bank, tetapi oleh campuran dolar nyata dan aset lainnya, termasuk utang dalam bentuk surat berharga komersial.

Menurut sudut pandang sang gubernur The Fed, Regulasi akan memastikan konsumen bisa mengeluarkan uangnya jika terjadi krisis. 

Powell lalu menambahkan, “Stablecoin harus 100% didukung oleh uang tunai dan setara kas, dan ini harus diaudit secara teratur.”

Sementara itu, mata uang digital bank sentral telah berada di radar The Fed selama beberapa waktu, tetapi pembuat kebijakan tetap ragu-ragu apakah akan melanjutkan proyek tersebut. 

Namun nampaknya, bank sentral telah menugaskan beberapa laporan penelitian tentang keuntungan dan potensi hambatan penerbitan CBDC.

Dan saat ini, powell tengah mengawasi Komite Pasar Terbuka Federal bank sentral, yang bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan moneter Amerika Serikat.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.