5 Crypto Potensial Saat Transisi Menuju Oktober: LUNA, EGLD, ALGO, AVAX, PDEX

Naufal Muhammad

27th September, 2021

Pekan ini merupakan pekan terakhir dari Bulan September dan sekaligus pekan pertama dari Bulan Oktober.

Umumnya dalam persimpangan antar bulan tersebut, pasar crypto mengalami volatilitas yang cukup tinggi.

Hal tersebut disebabkan banyaknya faktor yang membuat banyak pergerakan naik dan turun secara dadakan.

Tapi dalam volatilitas ini, umumnya masih terdapat beberapa crypto yang memiliki potensi untuk mengalami pergerakan positif.

Dalam artikel ini, akan diberikan lima crypto yang berpotensi mengalami pergerakan positif akibat adanya kabar dari perkembangan internalnya.

Terra (LUNA)

Pertama adalah Blockchain Terra yang dikabarkan akan mengalami pembaruan dalam jaringannya agar bergerak lebih efisien.

Pembaruan tersebut adalah Colombus-5 yang akan memberikan beberapa pembaruan yang membuat blockchain Terra lebih efisien.

Selain beberapa pembaruan dalam teknologi jaringan, dikabarkan bahwa pembaruan Colombus-5 akan mengimplementasikan mekanisme burn baru.

Mekanisme burn ini akan berkorelasi dengan stablecoin dari Terra yaitu UST, dimana setiap $1 UST yang diterbitkan, akan ada LUNA senilai $1 yang dihilangkan.

Dengan adanya mekanisme ini, jumlah LUNA yang beredar akan menjadi semakin langka. Jika permintaannya terus naik, ada kemungkinan harganya akan ikut naik.

Pembaruan ini akan terjadi pada 30 September 2021 yang kemungkinan akan menjadi dorongan positif bersama melantainya LUNA di bursa Bitmart pada 28 September 2021.

Dari sisi teknikal, saat ini LUNA sedang berusaha bergerak naik setelah mengalami koreksi pada akhir pekan.

Grafik Harian LUNAUSD

Untuk saat ini, LUNA sedang bergerak dalam pola segitiga simetris yang kemungkinan dapat mendorong harganya naik lebih tinggi.

Namun apresiasi harga tersebut kemungkinan besar baru akan didapatkan pada saat LUNA berhasil melewati $38 dan masih menjaga batas bawah pada $34.

Tujuan selanjutnya kemungkinan besar berada pada $43.3 hingga $70 jika mengacu pada titik Fibonacci.

Elrond (EGLD)

Berikutnya adalah Elrond yang dikabarkan akan memiliki beberapa ekosistem baru dalam blockchainnya.

Terdapat tiga kabar positif yang akan terjadi pada 30 September 2021 dan kemungkinan dapat mendorong harga EGLD dalam jangka pendek hingga jangka panjang.

Kabar pertama adalah integrasi permainan Polkamon ke dalam Blockchain Elrond, yang kemungkinan dapat meningkatkan volume transaksinya.

Kabar kedua adalah meluncurnya bursa terdesentralisasi atau DeX baru pada Blockchain EGLD bernama Maiar.

Ketiga dan terbesar adalah kabar mengenai peluncuran ZEE Bridge, yang merupakan jembatan untuk menyambungkan Blockchain EGLD dengan Avalanche dan Polkadot.

Kemungkinan integrasi ini dapat meningkatkan kembali ketertarikan terhadap EGLD akibat akan memiliki kegunaan yang lebih luas dan fleksibel.

Dari sisi teknikal, saat ini EGLD sedang berada pada pergerakan naik atau Uptrend, dan masih belum terlihat akan turun.

Grafik Harian EGLDUSD

Kemungkinan besar jika terus naik dan berhasil melewati $238, ELGD dapat kembali naik menuju $256 hingga $300.

Namun apresiasi ini harus tetap menjaga batas bawah pada $200 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pekan ini.

Algorand (ALGO)

Ketiga adalah Algorand, yang dikabarkan akan mengadakan pembaruan terhadap jaringannya dan juga adanya integrasi baru dalam ekosistemnya.

Pembaruan yang dimaksud adalah peluncuran jaringan versi terbaru yaitu versi 3.0 yang nampaknya masih dalam versi uji coba.

Dikabarkan bahwa pembaruan ini akan mengimplementasikan beberapa teknologi baru termasuk lebih luasnya kegunaan smart contracts dan juga adanya Algorand Virtual Machine (AVM).

Selain itu, kabar penting lainnya adalah integrasi dengan Balancer (BAL) untuk menciptakan ekosistem Decentralized Finance (DeFi) dalam ekosistem ALGO.

Integrasi ini akan membuat likuiditas pada jaringan Algorand lebih terjaga dan dapat membuat ketertarikan meningkat.

Integrasi ini dikabarkan akan terjadi sekitar tanggal 29 hingga 30 September 2021, bersama dengan peluncuran jaringan Algorand 3.0.

Dari sisi teknikal, saat ini ALGO sedang berusaha untuk kembali naik, setelah mengalami koreksi yang cukup signifikan.

Grafik Harian ALGOUSD

Kabar baiknya, koreksi tersebut telah mengembalikannya kepada zona pergerakan naik sebelumnya, dan dapat membawa ALGO kembali naik secara normal.

Selama batas bawah pada $1.73 masih terus terjaga, kemungkinan besar ALGO dapat naik hingga $2 bahkan mencapai $2.5.

Avalanche (AVAX)

Selanjutnya adalah Avalanche yang akhir-akhir ini sedang mendapatkan ketertarikan tinggi akibat adanya beberapa dorongan dari pakar blockchain.

Namun di luar dorongan tersebut, terdapat dua kabar positif yang dapat mendorong harga AVAX naik lebih tinggi.

Kabar pertama adalah integrasi AVAX dengan proyek Less Network (LESS) dimana nampaknya Avalanche akan membantu mendorong kemampuan LESS.

Selain kabar tersebut, terdapat kabar signifikan lainnya yaitu adanya pembaruan jaringan bernama Apricot untuk mengembangkan jaringannya.

Perlu diketahui bahwa pembaruan Apricot ini telah berjalan dalam beberapa hari menuju akhir September 2021.

Tapi, ada kemungkinan bahwa pembaruan besar akan terjadi di sekitar 30 September 2021, untuk membawa AVAX menuju kuartal baru yang lebih baik.

Kabar ini menjadi positif akibat dapat meningkatkan efisiensi dari Avalanche, walau saat ini sudah memiliki efisiensi dan kecepatan yang tinggi.

Dari sisi teknikal, saat ini AVAX sedang bergerak dalam pergerakan positif dan kemungkinan dapat dilanjutkan bersama kabar ini.

Grafik Harian AVAXUSD

Selama batas bawah pada $66.8 masih terjaga, kemungkinan besar AVAX masih dapat naik menuju $77 jika batas atas pada $72.5 berhasil dilewati.

Tujuan selanjutnya kemungkinan besar berada pada $124 yang berada pada titik Fibonacci Extension 161,8% apa bila terus mengalami apresiasi.  

Polkadex (PDEX)

Terakhir adalah PDEX yang merupakan proyek relatif baru di pasar crypto namun mengalami ketertarikan yang tinggi.

Proyek ini merupakan sebuah bursa yang menggabungkan sistem bursa tersentralisasi dan juga bursa terdesentralisasi.

Kabar positif yang datang dari PDEX adalah peluncuran jaringan utama barunya yang dikabarkan baru terjadi kemarin.

Akibat kabar ini, ada kemungkinan ketertarikannya akan meningkat bersama dengan banyaknya investor yang mulai beralih ke ekosistem Polkadot.

Namun, kabar peluncuran ini belum selesai. Sebab, dikabarkan bahwa walau sudah ada peluncuran, akan terjadi beberapa pembaruan dan penyesuaian.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas PDEX agar dapat bersaing dengan bursa di pasar crypto seperti Uniswap, Pancakeswap, dan bursa lainnya.

Dalam pembaruan yang akan datang, dikabarkan bahwa nantinya akan tersedia perdagangan kontrak derivatif seperti futures dan options.

Melihat belum adanya bursa terdesentralisasi yang menerapkan jasa ini, ada kemungkinan bahwa dorongan beli akan masuk ke dalam PDEX.

Dari sisi teknikal, saat ini PDEX berada dalam pergerakan positif dalam beberapa hari terakhir, setelah sebelumnya mengalami koreksi.

Grafik Harian PDEXUSD

Selama batas bawah pada $22.4 masih dapat terjaga, PDEX masih dapat naik menuju $29 selama batas atas pada $24.4 berhasil dilewati.

*Disclaimer

Perlu diketahui bahwa menjelang akhir kuartal ketiga ini, banyak proyek yang melakukan pembaruan jaringan. Sehingga masih banyak crypto potensial lainnya.

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading secara resmi maupun legal. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.