Grayscale Tolak Keluarkan Proof of Reserve, Harga GBTC Turun!

Nabiila Putri Caesari

21st November, 2022

Semenjak keruntuhan FTX, kepercayaan para investor dan komunitas kripto kepada exchange atau bursa kripto mulai menurun. Untuk meningkatkan kepercayaan investor kembali, para bursa berbondong-bondong untuk segera mengeluarkan bukti cadangan (Proof of Reserve).

Namun berbeda dengan Grayscale, perusahaan investasi itu justru menolak untuk mengeluarkan bukti cadangannya, dengan alasan tertentu.

Lalu, spekulasi apa yang akan timbul dengan adanya pernyataan tersebut? Simak penjelasan berikut di bawah ini. 

Grayscale Tidak Akan Berikan Proof of Reserve

Perusahaan investasi kripto, Grayscale menolak untuk memberikan bukti cadangan (Proof of Reserve) mereka karena alasan risiko keamanan.  

Hal ini disampaikan dari pengumuman website resmi Grayscale. Akan tetapi, pernyataan tersebut tentunya menimbulkan spekulasi tentang masalah keuangan perusahaan. 

“Karena masalah keamanan, kami tidak dapat membuat informasi dompet on-chain dan informasi konfirmasi tersedia untuk umum melalui Proof-of-Reserve kriptografi,” dalam keterangan tertulis di Twitternya

Baca Juga: FTX Bangkrut, Bisakah Kripto Investor FTX Kembali ? 

Grayscale Tegaskan Dana Investor Aman

Grayscale mengakui bahwa keputusannya untuk merahasiakan informasi cadangannya akan membuat para investor kecewa. Namun, perusahaan mengklaim bahwa setiap produknya yang terdaftar sebagai entitas terpisah dengan peraturannya sendiri.

Mereka menjelaskan bahwa undang-undang dan peraturan yang mengatur masing-masing perwalian kripto mencegah aset dasar untuk dijual, dipinjamkan, atau ditransfer.

Selain itu, Grayscale juga memastikan bahwa mata uang kriptonya yang dipegang oleh layanan kustodian disediakan oleh Coinbase, satu-satunya pertukaran mata uang kripto yang diatur dan diperdagangkan secara publik di Amerika Serikat.

Meski demikian, pengumuman tersebut tetap saja menimbulkan kepercayaan pengguna kepada Grayscale. Karena sebagian besar pengguna kripto tidak terlalu yakin dengan alasan perusahaan.

Baca Juga: 10 Bursa Kripto Publikasi Cadangan Dana

Ketakutan Investor Semakin Menjadi

Kekhawatiran investor muncul ketika Genesis Global, yang berfungsi sebagai penyedia likuiditas untuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), mengumumkan pada 16 November bahwa mereka telah menghentikan penarikan asetnya. Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) pun telah mengalami penurunan yang mendekati 50% dari nilai aset bersih. 

Menurut data yang tersedia, GBTC diperdagangkan dengan harga diskonan 45,08% dari nilai aset bersih yang menjadi rekor terendah.

Diskon harga GBTC. Sumber:YCharts

Baca Juga: Kebangkrutan FTX Bisa Perpanjang Crypto Winter Hingga Akhir 2023

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.