10 Bursa Kripto Publikasi Cadangan Dana

Nabiila Putri Caesari

12th November, 2022

Di tengah krisis likuiditas FTX dan Alameda, beberapa pertukaran kripto (exchange) menerbitkan bukti cadangan dana (Proof of Reserve) mereka.

Exchange Bagikan Bukti Cadangan

Krisis likuiditas FTX telah memicu peningkatan permintaan untuk transparansi di antara bursa-bursa teratas. Beberapa exchange sekarang membagikan laporan bukti dana cadangan Merkle Tree mereka untuk meningkatkan transparansi demi meyakinkan kembali kepercayaan pengguna.

Terdapat sepuluh bursa kripto yang telah atau akan menerbitkan bukti cadangan dana (Proof of Reserves), data dikutip dari Wooblockchain dan Nansen.

Binance

Memiliki total $71.08 miliar USD, $7.02 miliar Bitcoin (BTC), $7.32 miliar Ethereum (ETH), $15.8 miliar Tether (USDT), $1.42 miliar USD Coin (USDC), dan $23.25 miliar BUSD.

Bitfinex

Memiliki total $7.95 miliar USD, $3.43 miliar Bitcoin (BTC), $1.5 miliar Ethereum (ETH), $0.27 miliar Tether (USDT), dan $2.31 juta USD Coin (USDC).

Gate.io

Selanjutnya bursa Gate.io telah mengumumkan bahwa ia memegang 108% dari total aset Bitcoin (BTC) pengguna dalam cadangannya, dan 104% aset Ethereum (ETH).

KuCoin

Berikutnya KuCoin yang memiliki total $2.81 miliar USD, $0.33 miliar Bitcoin (BTC), $0.22 miliar Ethereum (ETH), $0.81 miliar Tether (USDT), $0.29 miliar USD COin (USDC), dan $1.58 juta BUSD.

Crypto.com

Selanjutnya adalah Crypto.com yang memiliki total $2.67 miliar USD, $0.89 miliar Bitcoin (BTC), $0.45 miliar Ethereum (ETH), $0.14 miliar Tether (USDT), $0.08 miliar USD Coin (USDC), dan $11.77 juta BUSD.

Bitget

Kemudian bursa exchange Bitget akan segera membagikan laporan bukti cadangan Merkle Treenya, dan telah meluncurkan dana perlindungan $200 juta USD.

Huobi

Memiliki total $3.6 miliar USD, $0.54 miliar Bitcoin (BTC), $0.34 miliar Ethereum (ETH), $0.82 miliar Tether (USDT), dan $0.06 miliar USD Coin (USDC).

OKX

Memiliki total $6.01 miliar USD, $1.51 miliar Bitcoin (BTC), $1.27 miliar Ethereum (ETH), $2.76 miliar Tether (USDT), dan $0.37 miliar USD Coin (USDC).

Deribit

Memiliki total $1.5 miliar, $0.84 miliar Bitcoin (BTC), $0.65 miliar Ethereum (ETH), dan $7.4B USD Coin (USDC).

Bybit

Sementara bursa Bybit akan segera mempublikasikan bukti cadangan mereka.

Apa itu Merkle-Tree?

Merkle adalah struktur data yang digunakan dalam aplikasi ilmu komputer. Misalnya di Bitcoin (BTC) dan aset kripto lainnya, pohon Merkle berfungsi untuk menyandikan data blockchain dengan lebih efisien dan aman atau biasa disebut sebagai “binary hash trees.”

Dalam pertukaran kripto terpusat, setiap aset pengguna dicatat oleh buku besar dari database terpusat. Aset yang tercatat dalam database adalah jumlah total aset pengguna.

Dalam pertukaran kripto terpusat, setiap aset pengguna dicatat oleh buku besar dari database terpusat. Aset yang tercatat dalam database adalah jumlah total aset pengguna.

Menggunakan Merkle-Tree memungkinkan pertukaran untuk menyimpan nilai hash aset setiap akun pengguna di “leaf nodes” dari Merkle-Tree. 

Langkah kedua adalah mengaudit aset-aset tersebut disimpul leaf nodes Merkle-Tree dan memverifikasi semua kepemilikan pengguna oleh pihak ketiga.

Bukti audit cadangan dana biasanya dilakukan oleh pihak ketiga yang independen untuk memastikan aset kustodian utuh dan disimpan seperti yang diklaim. 


Publikasi bukti dana cadangan ini diharapkan akan meningkatkan kepercayaan investor dan membuat bursa kripto benar-benar transparan untuk menciptakan ekosistem bursa kripto yang lebih sehat.

Baca juga: CEO Binance Berikan Wejangan agar Kasus FTX Tidak Terulang

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.