Berita Exchange · 8 min read

10 Bursa Kripto Publikasi Cadangan Dana

exchange terbitkan bukti cadangan

Di tengah krisis likuiditas FTX dan Alameda, beberapa pertukaran kripto (exchange) menerbitkan bukti cadangan dana (Proof of Reserve) mereka.

Exchange Bagikan Bukti Cadangan

Krisis likuiditas FTX telah memicu peningkatan permintaan untuk transparansi di antara bursa-bursa teratas. Beberapa exchange sekarang membagikan laporan bukti dana cadangan Merkle Tree mereka untuk meningkatkan transparansi demi meyakinkan kembali kepercayaan pengguna.

Terdapat sepuluh bursa kripto yang telah atau akan menerbitkan bukti cadangan dana (Proof of Reserves), data dikutip dari Wooblockchain dan Nansen.

Binance

Memiliki total $71.08 miliar USD, $7.02 miliar Bitcoin (BTC), $7.32 miliar Ethereum (ETH), $15.8 miliar Tether (USDT), $1.42 miliar USD Coin (USDC), dan $23.25 miliar BUSD.

Bitfinex

Memiliki total $7.95 miliar USD, $3.43 miliar Bitcoin (BTC), $1.5 miliar Ethereum (ETH), $0.27 miliar Tether (USDT), dan $2.31 juta USD Coin (USDC).

Gate.io

Selanjutnya bursa Gate.io telah mengumumkan bahwa ia memegang 108% dari total aset Bitcoin (BTC) pengguna dalam cadangannya, dan 104% aset Ethereum (ETH).

KuCoin

Berikutnya KuCoin yang memiliki total $2.81 miliar USD, $0.33 miliar Bitcoin (BTC), $0.22 miliar Ethereum (ETH), $0.81 miliar Tether (USDT), $0.29 miliar USD COin (USDC), dan $1.58 juta BUSD.

Crypto.com

Selanjutnya adalah Crypto.com yang memiliki total $2.67 miliar USD, $0.89 miliar Bitcoin (BTC), $0.45 miliar Ethereum (ETH), $0.14 miliar Tether (USDT), $0.08 miliar USD Coin (USDC), dan $11.77 juta BUSD.

Bitget

Kemudian bursa exchange Bitget akan segera membagikan laporan bukti cadangan Merkle Treenya, dan telah meluncurkan dana perlindungan $200 juta USD.

Huobi

Memiliki total $3.6 miliar USD, $0.54 miliar Bitcoin (BTC), $0.34 miliar Ethereum (ETH), $0.82 miliar Tether (USDT), dan $0.06 miliar USD Coin (USDC).

OKX

Memiliki total $6.01 miliar USD, $1.51 miliar Bitcoin (BTC), $1.27 miliar Ethereum (ETH), $2.76 miliar Tether (USDT), dan $0.37 miliar USD Coin (USDC).

Deribit

Memiliki total $1.5 miliar, $0.84 miliar Bitcoin (BTC), $0.65 miliar Ethereum (ETH), dan $7.4B USD Coin (USDC).

Bybit

Sementara bursa Bybit akan segera mempublikasikan bukti cadangan mereka.

Apa itu Merkle-Tree?

Merkle adalah struktur data yang digunakan dalam aplikasi ilmu komputer. Misalnya di Bitcoin (BTC) dan aset kripto lainnya, pohon Merkle berfungsi untuk menyandikan data blockchain dengan lebih efisien dan aman atau biasa disebut sebagai “binary hash trees.”

Dalam pertukaran kripto terpusat, setiap aset pengguna dicatat oleh buku besar dari database terpusat. Aset yang tercatat dalam database adalah jumlah total aset pengguna.

Dalam pertukaran kripto terpusat, setiap aset pengguna dicatat oleh buku besar dari database terpusat. Aset yang tercatat dalam database adalah jumlah total aset pengguna.

Menggunakan Merkle-Tree memungkinkan pertukaran untuk menyimpan nilai hash aset setiap akun pengguna di “leaf nodes” dari Merkle-Tree. 

Langkah kedua adalah mengaudit aset-aset tersebut disimpul leaf nodes Merkle-Tree dan memverifikasi semua kepemilikan pengguna oleh pihak ketiga.

Bukti audit cadangan dana biasanya dilakukan oleh pihak ketiga yang independen untuk memastikan aset kustodian utuh dan disimpan seperti yang diklaim. 


Publikasi bukti dana cadangan ini diharapkan akan meningkatkan kepercayaan investor dan membuat bursa kripto benar-benar transparan untuk menciptakan ekosistem bursa kripto yang lebih sehat.

Baca juga: CEO Binance Berikan Wejangan agar Kasus FTX Tidak Terulang

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.