Berita Industri · 7 min read

CEO Binance Berikan Wejangan agar Kasus FTX Tidak Terulang

CEO Binance

Binance akan mengakuisisi FTX dan membantu bursa itu untuk mengatasi masalah likuiditas yang melilit bursa milik Sam Bankman Fried itu.

Jika akuisisi ini berjalan dengan lancar dan benar-benar terjadi maka ini akan menjadi salah satu akuisisi terbesar di lingkup bursa aset kripto.

CEO Binance Changpeng “CZ” Zhao pun telah membagikan pendapatnya tentang “dua pelajaran besar” yang dapat dipelajari dari kisah FTX, dengan mengatakan bahwa perusahaan cryptocurrency tidak boleh menggunakan token mereka sendiri sebagai jaminan dan juga harus menyimpan “cadangan besar.”

Dalam tweet 8 November, Zhao memaparkan dua pembelajaran setelah “kegentingan likuiditas” yang signifikan di FTX yang pada akhirnya menghasilkan letter of intent yang tidak mengikat dari Binance untuk mengakuisisi FTX. 

Zhao berbagi bahwa pelajaran pertamanya adalah memastikan jaminan perusahaan tidak boleh terdiri dari token yang telah dibuat.

Binance saat ini tidak mengungkapkan bukti cadangan apa yang digunakannya sebagai jaminan, Zhao menyebutkan dalam tweet 8 November bahwa dalam upaya untuk sepenuhnya transparan, Binance akan segera memberikan bukti cadangan apa yang mereka gunakan. 

“Bank berjalan dengan cadangan fraksional. Pertukaran Crypto seharusnya tidak,” katanya. 

Pelajaran kedua Zhao dari kejatuhan FTX adalah bahwa bisnis kripto tidak boleh meminjam, dan sebaliknya harus memilih untuk mempertahankan cadangan besar  ​yang bisa merujuk pada pengguna FTX yang mengeluhkan penarikan yang lamban pada 7 November, memicu desas-desus bahwa pertukaran tidak memiliki cukup untuk menutupi dana pengguna.

Baca juga: Bursa Kripto FTX Hentikan Withdrawal Sementara!

Masalah likuiditas FTX tampaknya muncul setelah tweet 6 November dari Zhao yang mengatakan Binance akan melikuidasi kepemilikan token FTX, FTT sebesar $2.1 juta secara bertahap.

Pelajaran untuk Trader Retail

Dari kasus FTX trader retail pun juga bisa mengambil pelajaran, menurut Naufal yang sudah aktif menjalani trading aset lebih dari tiga tahun, kondisi ini bisa jadi latihan untuk para trader. 

“ Kondisi volatilitas ini sebetulnya bagus buat ambil keuntungan dan buat latihan mengatur psikologis agar tidak terlalu emosional dalam memutuskan trading dan belajar sabar di kondisi pasar yang volatil ini,” katanya saat dihubungi Coinvestasi via telegram. 

Sam Bankman Fried Rilis Permintaan Maaf 

Sementara itu, Sam Bankman Fried telah merilis permintaan maaf  kepada investor atas kurangnya komunikasi tentang kesepakatan keuangannya dengan Binance dalam sebuah surat kepada investor yang dikutip oleh berbagai sumber di Twitter. Rincian perjanjian yang tidak mengikat bagi Binance untuk membeli FTX.com masih dalam pembahasan, kata surat itu.

“Maaf, saya sulit dihubungi beberapa hari terakhir,” tulis Bankman-Fried dalam email. 

Ia menjelaskan bahwa melindungi pelanggan adalah yang utama di antara prioritas bursa, diikuti oleh kepentingan pemegang saham.

“Saya berharap saya memiliki lebih banyak detail untuk kalian sekarang;  tapi saat ini belum ada dan detailnya akan dirilis jika sudah tersedia, saya kemungkinan akan “cukup sibuk untuk beberapa hari ke depan” katanya. 

Baca juga: Binance akan Akuisisi FTX!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.