Genesis Kebingungan Atasi Masalah Likuiditas!

Nabiila Putri Caesari

8th December, 2022

Pemberi pinjaman kripto Genesis belum memiliki solusi untuk melanjutkan proses penarikan aset yang saat ini masih dihentikan. Pihak Genesis mengatakan akan membutuhkan beberapa minggu ke depan untuk mencari solusi atas masalah ini.

Genesis Belum Memiliki Solusi yang Pasti

Di tengah upayanya untuk mencegah potensi kebangkrutan, Genesis masih belum memiliki solusi untuk mengatasi krisis likuiditas yang terjadi. 

Sebelumnya, memang dilaporkan bahwa Genesis memiliki dana $175 juta yang terkunci di bursa kripto FTX, sementara FTX saat ini telah mengalami kebangkrutan. Mau tidak mau, Genesis sejak saat itu menangguhkan pelayanan penarikan penggunanya sementara.

Maka dari itu, demi mengatur strategi dalam pemulihan bisnis pinjamannya, CEO sementara Genesis, Derar Islami mengatakan bahwa perusahaannya membutuhkan waktu tambahan dalam beberapa minggu ke depan yang dapat membuat penarikan dibuka kembali.

“Pada titik ini, kami mengantisipasi bahwa akan membutuhkan waktu berminggu-minggu lebih lama daripada berhari-hari, demi menemukan titik terang,” kata Derar Islami dalam keterangannya kepada pelanggan yang dibagikan Genesis, bersumber dari Cointelegraph, Kamis (08/12/22).

Genesis Masih Berusaha Agar Klien Tidak Khawatir

Dalam keterangannya juga menyatakan bahwa Genesis sedang “bekerja dalam konsultasi dengan penasihat yang sangat berpengalaman” dan “berupaya semaksimal mungkin untuk mempertahankan aset klien, memperkuat likuiditas kami, dan pada akhirnya memajukan bisnis kami.”

“Semua entitas Genesis lainnya tetap beroperasi penuh,” tambah keterangannya.

Genesis juga berusaha untuk mendapatkan modal dan/atau mencapai kesepakatan dengan kreditur. Perusahaan ini juga menyewa bank investasi Moelis & Company untuk menjajaki opsi, termasuk potensi kebangkrutan, yang mengarah ke spekulasi bahwa semacam resolusi akan segera tersedia.

Baca juga: Kebangkrutan Genesis Trading Bisa Picu Hancurnya Pasar Kripto?

Meski pada saat krisis likuiditas yang terjadi pada kebangkrutan FTX, Genesis Trading sempat diselamatkan dengan Digital Currency Group (DGC) dengan diberikan dana infusan sebesar $140 juta pada saat itu. 

Namun sayangnya, nilai tersebut tampaknya tidak mencukupi untuk menyelesaikan masalah likuiditas Genesis, sehingga pada 16 November 2022 Genesis Global Capital melakukan penghentian layanan penarikan dengan alasan “gejolak pasar yang belum pernah terjadi sebelumnya” yang disebabkan oleh runtuhnya FTX, setelah itu dilaporkan mencari dana darurat sebesar $1 miliar. 

Tetapi, Genesis gagal mendapatkan dana tersebut, maka dari itu sebuah laporan pada minggu berikutnya menyatakan bahwa perusahaan tersebut akan bangkrut jika tidak mendapatkan dana bantuan. Sejak saat itu, firma tersebut telah menggunakan pengacara restrukturisasi untuk mencoba dan menghindari nasib tersebut. 

Masalah likuiditas Genesis juga berdampak pada Gemini Earn, di mana Genesis dilaporkan berutang $900 juta kepada pelanggan.

Baca Juga: Daftar Perusahaan Kripto yang Terdampak Kasus FTX

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.