Vitalik Buterin Percaya Crypto Jadi Pembayaran Arus Utama!

Nabiila Putri Caesari

9th August, 2022

Pembayaran crypto sekarang menjadi lebih dikenal terutama setelah pasar mengalami Bullish pada tahun 2021. Sekarang banyak jutaan pedagang di seluruh dunia yang menerima pembayaran cryptocurrency melalui integrasi langsung dan tidak langsung.

Bahkan perusahan besar pun ikut masuk ke dalam adopsi ini, seperti Starbucks, Whole Food, Paypal dan sebagainya.

Walau terlihat alami adopsi pembayaran yang cukup pesat dibandingkan awal kehadirannya, pembayaran crypto sejatinya masih dalam tahap awal.

Masih banyak barang atau jasa yang belum menggunakan pembayaran tersebut. Melihat situasi ini CEO Ethereum Vitalik Buterin berharap pembayaran crypto bisa lebih luas lagi.

Wujudkan Crypto Jadi Arus Utama

Dalam wawancara yang diadakan di Korea Blockchain Week 2022 pada hari Senin (8/8/22), pendiri ETH itu berpendapat pembayaran crypto dan seberapa cepat mereka tumbuh.

Ia berpendapat struktur biaya menjadi salah satu hambatan utama untuk mengadopsi pembayaran crypto sebagai arus utama. Karena itu ia berharap jika The Merge Ethereum selesai, maka akan mendorong pembayaran crypto akan menjadi arus utama.

Vitalik juga mengharapkan peningkatan jaringan untuk menurunkan biaya Ethereum hingga $1 setelah The Merge selesai. Hal ini akan dicapai “dengan melakukan peningkatan efisiensi dan aksesibilitas crypto,” menurut CEO ETH.

Dalam pidatonya, ia juga menyoroti bahwa rollup adalah bagian dari pengembangan yang dilakukan untuk membuat jaringan lebih cepat dan lebih murah untuk digunakan.

Baca juga: CEO Ethereum Sebut 4 Tahap Ini Setelah The Merge Selesai

Dengan biaya transaksi murah akan sangat berguna di wilayah dan situasi tertentu. Salah satunya contohnya di negara yang berpenghasilan rendah.

“Banyak orang di seluruh dunia diam-diam menggunakan crypto untuk pembayaran internasional. Namun untuk negara-negara berpenghasilan rendah, banyak peluang untuk pembayaran crypto di masa depan, yang memiliki manfaat teknologi digital, efisiensi, dan keamanan, ” jelasnya.

The Merge yang dinantikan terjadi sekitar bulan September, dan diharapkan membuat jaringan Ethereum lebih cepat dan lebih murah untuk digunakan.

Baca juga: Vitalik Sebut Harga Ethereum Bisa Naik Lagi! Ini Penyebabnya

Vitalik juga mengharapkan biaya transaksi turun menjadi 0-25 sen setelah rollup diterapkan. Tetapi ke depannya, ia percaya bahwa jaringan dapat mencapai serendah 5 sen dan jauh lebih rendah, jauh lebih terjangkau.

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.