CEO Ethereum Sebut 4 Tahap Ini Setelah The Merge Selesai

Anisa Giovanny

24th July, 2022

Ethereum tengah bersiap untuk melakukan the merge atau proses transisi dari proof of work ke proof of stake yang akan berlangsung pada 19 September. Kabar ini pun berhasil membuat harga Ethereum melesat naik hingga 45% dalam seminggu terakhir. 

Menurut pendiri Ethereum, Vitalik Buterin yang hadir dalam Konferensi Komunitas Ethereum (EthCC) di Paris pada 21 Juli, setelah menjalani The Merge, Ethereum  juga akan menjalani Surge, Verge, Purge, dan Splurge sebagai bagian dari roadmap pengembangan yang sedang berlangsung.

Proof of stake lebih aman daripada proof of work, tetapi memang ada pengorbanannya,” seperti subjektivitas yang lemah, katanya. Meski begitu, Buterin menganggap yang baik lebih banyak daripada yang buruk.

Buterin juga membahas hasil jangka panjang dan jangka pendek The Merge, ia berkata,” Setelah penggabungan, Anda akan dapat membangun klien Ethereum yang bahkan tidak mengetahui fase proof of work yang terjadi sebelumnya”. 

Baca juga: Ethereum 2.0 Rilis Tanggal Peluncuran, Harga ETH Naik!

Daftar Roadmap Ethereum Setelah The Merge

Surge 

“Surge” adalah langkah besar pertama menuju penskalaan dengan diperkenalkannya sharding, atau rantai samping, pada tahun 2023. Buterin mengatakan bahwa Ethereum “akan dapat memproses 100.000 transaksi per detik,” pada akhir peta jalan ini.

Tahap peningkatan ini akan lebih bermanfaat bagi pengguna jaringan karena akan mengurangi biaya dan waktu transaksi yang saat ini merupakan salah satu larangan menggunakan lapisan-1 Ethereum.

Verge

The “Verge” memperkenalkan ‘Verkle Trees,’ sebuah “upgrade kuat untuk bukti Merkle yang memungkinkan ukuran bukti yang jauh lebih kecil.” Ini pada dasarnya adalah peningkatan penskalaan lain yang mengoptimalkan penyimpanan di jaringan dan mengurangi ukuran node.

Purge

“Purge” adalah fase pembersihan yang menghilangkan beberapa data historis untuk merampingkan penyimpanan dan mengurangi kemacetan jaringan.

Splurge

Terakhir adalah “Splurge” yang terdiri dari sejumlah peningkatan yang lebih kecil dan penyesuaian untuk memastikan operasi jaringan yang lancar setelah peningkatan sebelumnya.

Setelah pengembangan ini Buterin mengatakan bahwa, Ethereum telah mencapai peningkatan 55% dari 100%.  Ini berbeda dengan Bitcoin yang menurutnya sudah 80% selesai dalam hal pengembangan.

“Pada titik tertentu, tingkat perubahan akan melambat, ada hal-hal yang bisa terjadi. Ada yang tidak diketahui. Tetapi hal-hal yang tidak diketahui itu akan berkurang seiring waktu,” jelasnya. 

Insight dan Networking Bersama Crypto Enthusiast

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency