Ethereum 2.0 Rilis Tanggal Peluncuran, Harga ETH Naik!

Naufal Muhammad

18th July, 2022

Pada 16 Juli 2022, perwakilan dari Ethereum (ETH) menyatakan sebuah informasi melalui Twitter terkait peluncuran Ethereum 2.0.

Superphiz, nama dari pihak yang bertanggung jawab atas jaringan Beacon dari Ethereum, menyatakan bahwa perubahan dari Proof of Work menuju Proof of Stake untuk Ethereum akan segera diluncurkan pada September 2022.  

Publikasi Tanggal Peluncuran Ethereum 2.0

Pada Sabtu, 16 Juli 2022, Superphiz atau dengan nama asli Evan Van Ness membuat sebuah cuitan melalui Twitter yang menjelaskan tanggal peluncuran Ethereum 2.0 secara bertahap. 

Ia menyatakan bahwa mulai dari akhir Juli 2022 hingga September 2022 Ethereum akan memulai proses Merge atau perpindahan dari jaringan Proof of Work ke Proof of Stake. 

Dikabarkan bahwa tahap pertama dari proses ini adalah peluncuran jaringan uji coba Goerli dan Prater untuk para developer menguji coba jaringannya. 

Peluncuran jaringan ini akan dilaksanakan pada 27 Juli 2022 atau 28 Juli 2022 dengan pengumuman peluncuran ini paling lambat pada 29 Juli 2022. 

Ikuti Event festival Industri Crypto terbesar di Asia

Setelah itu, berikutnya adalah peluncuran jaringan uji coba bernama Prater Bellatrix yang akan membawa perubahan ke Proof of Stake semakin. 

Peluncuran jaringan ini akan dilaksanakan pada 8 Agustus 2022 dan kemudian akan membawa penggabungan dengan teknologi dari jaringan uji coba Goerli pada 11 Agustus 2022. 

Setelah itu pada 18 Agustus 2022 hingga awal September 2022 akan ada Merge atau penggabungan resmi dari jaringan utama Goerli dan Prater yang mencerminkan proses penggabungan jaringan Proof of Work lama dan Proof of Stake baru. 

Baca juga: Apa Itu Staking Ethereum 2.0? Panduan Untuk Pemula

Terakhir, adalah peluncuran Ethereum 2.0 yang akan dilaksanakan pada 19 September 2022. Tanggal ini menjadi tanggal resmi peluncuran menurut Evan Van Ness dan kemungkinan tidak akan berubah. 

Ethereum Foundation memberikan pernyataan langsung mengenai perubahan Ethereum dari Proof of Work menuju Proof of Stake ini. 

“Perlu diingat bahwa Beacon Chain (Jaringan Proof of Stake Ethereum) bergerak berbeda dengan jaringan utama Ethereum saat ini yang bergerak dengan Proof of Work. The Merge akan terjadi setelah kedua jaringan ini bersatu.” Menurut pernyataan Ethereum Foundation. 

Intinya Ethereum Foundation menyatakan bahwa saat ini Ethereum akan mulai menggabungkan antara jaringan Proof of Work yang saat ini digunakan, dengan Beacon Chain, jaringan Proof of Stake yang selama ini hanya digunakan untuk staking. 

Setelah kedua jaringan ini menyatu, nantinya Ethereum 2.0 akan meluncur dan siap untuk digunakan. 

Sentimen Positif Menurut Vitalik Buterin

Pada 20 Mei 2022, Vitalik Buterin, pendiri Ethereum, membuat sebuah pernyataan pada acara di Shanghai. 

“Kabar terbesar untuk ethereum tahun ini adalah The Merge atau perubahan dari Proof of Work ke Proof of Stake. Kami telah berusaha untuk mengubah jaringan ke Proof of Stake sejak Ethereum didirikan, dan jaringan baru ini sudah mulai dikerjakan sejak tujuh tahun yang lalu dan akhirnya jika semua berjalan sesuai rencana, peluncuran akan terjadi di musim panas ini.” Ujar Vitalik Buterin. 

Dengan pernyataan tersebut Vitalik Buterin menyatakan bahwa Ethereum 2.0 atau perubahan jaringan ini adalah kabar terbesar positif untuk Ethereum. 

Bersama kabar ini harga ETH juga terlihat bergerak naik, kemungkinan besar karena volume beli yang meningkat. 

Menurut laporan dari CoinShares jumlah investasi dari investor institusional terhadap produk berbasis Ethereum mengalami peningkatan yang signifikan. 

Ini bisa menjadi alasan mengapa harga ETH berhasil bergerak naik dalam beberapa hari terakhir. 

Ethereum 2.0 Rilis Tanggal Peluncuran, Harga ETH Naik!
Data Likuidasi Posisi Futures ETH

Menurut data dari CoinGlass, terlihat bahwa saat ini mayoritas trader juga memiliki pandangan positif karena banyaknya likuidasi posisi short di pasar derivatif.

Harga ETH juga mengalami apresiasi signifikan yaitu sekitar 35% dari 13 Juli 2022 dan sekitar 5% pada hari ini.

Tapi mengingat volatilitas yang tinggi di pasar crypto saat ini, serta Hari Senin yang umumnya membawa pergerakan negatif, trader dan investor tetap diharapkan untuk berhati-hati.

Ada kemungkinan dengan tingginya apresiasi harga beberapa hari terakhir, pasar akan bergerak turun untuk menormalisasi pergerakan jangka pendek.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.