Vitalik Sebut Harga Ethereum Bisa Naik Lagi! Ini Penyebabnya

Naufal Muhammad

29th July, 2022

Vitalik Buterin nyatakan bahwa harga Ethereum (ETH) masih bisa naik lebih tinggi lagi dari apresiasinya saat ini. 

Ia menyatakan bahwa saat ini Ethereum masih bisa naik lebih tinggi karena efek dari Ethereum 2.0 masih akan lebih signifikan dari saat ini. 

Vitalik Buterin Sebut Ethereum Bisa Naik Lagi!

Dalam wawancara dengan Youtuber bernama Bankless, Vitalik Buterin menyatakan bahwa harga Ethereum dapat naik lebih tinggi dari saat ini. 

Hal ini disebabkan menurutnya efek dari Ethereum 2.0 akan sangat signifikan karena akan membawa volume transaksi yang tinggi serta kepercayaan baru terhadap blockchain Ethereum.  

Vitalik Sebut Harga Ethereum Bisa Naik Lagi! Ini Penyebabnya
Wawancara Bankless dan Vitalik Buterin

Hal ini disebabkan Ethereum 2.0 akan membawa perubahan mekanisme validasi transaksi dari Proof of Work dan Proof of Stake yang membuat blockchainnya lebih efisien dan hemat biaya.

Ia merasa bahwa secara fundamental dan psikologis investor, Ethereum 2.0 akan membawa apresiasi harga yang signifikan. 

Sayangnya saat ini mayoritas investor masih belum setuju dengan pernyataan Vitalik Buterin karena menyatakan bahwa Ethereum 2.0 hanya akan menjadi kabar kecil yang membuat volatilitas sesaat. 

Banyak investor yang memprediksi bahwa setelah peluncuran Ethereum 2.0, harga Ethereum justru akan turun karena berkaca pada bear market dan pergerakan buy the rumor sell the news. 

Kondisi tersebut menandakan adanya potensi harga bergerak naik menuju kabar peluncuran Ethereum 2.0 dan kemudian turun setelah kabar itu terjadi. 

Tapi melalui wawancara tersebut, Vitalik Buterin meyakinkan bahwa harga ETH justru akan bergerak naik terutama dalam jangka panjang. 

Sayangnya Vitalik Buterin tidak menyatakan berapa target harga apresiasi Ethereum bersama adanya peluncuran Ethereum 2.0.

Walau begitu Vitalik Buterin yakin bahwa peluncuran Ethereum 2.0 akan membuat era baru dimana akan semakin banyak DApps atau aplikasi terdesentralisasi baru yang masuk dan volume transaksi aplikasi-aplikasi tersebut akan naik akibat rendahnya biaya transaksi.  

Ethereum 2.0 Semakin Dekat

Untuk peluncuran Ethereum 2.0 itu sendiri, kemungkinan besar tim masih bergerak sesuai target akibat informasi-informasi resmi terbaru. 

Kabar terbaru datang dari developer utama Ethereum yaitu Tim Beiko yang menyatakan bahwa di 28 Juli 2022, fase uji coba terbaru telah berakhir sukses dan selanjutnya tim akan melakukan uji coba terakhir sebelum peluncuran Ethereum 2.0. 

Insight dan Networking Bersama Crypto Enthusiast

Sebelum kabar ini, Ethereum terlihat mengalami apresiasi signifikan yaitu sebesar 14% hanya dalam satu hari. 

Proses uji coba selanjutnya adalah uji coba di jaringan Goerli dengan mekanisme Proof of Stake yang nantinya akan disambungkan ke jaringan uji coba Proof of Work saat ini. 

Baca juga: Proof Of Stake Vs Proof Of Work : Panduan Dasar Mining

Dikabarkan bahwa uji coba penggabungan kedua jaringan ini akan dilaksanakan pada 6 Agustus 2022 dan 12 Agustus 2022. Uji coba terbaru ini dinamakan sebagai pembaruan Paris.  

Sebelum itu akan dilaksanakan uji coba bernama Bellatrix yang akan dilaksanakan pada 4 Agustus 2022. 

Nantinya akan ada permintaan untuk para validator memperbarui node yang digunakan pada jaringan baru, tapi investor dan para investor yang melakukan staking tidak akan diminta mengubah apa pun. 

Tapi validator yang dimaksud adalah validator di jaringan uji coba, tapi nanti validator di jaringan utama akan diminta mengubah nodenya pada 19 September 2022 saat peluncuran Ethereum 2.0 yang memiliki kemungkinan untuk ditunda. 

Jadi untuk saat ini mayoritas pelaku pasar masih menunggu kabar terbaru lagi dari Ethereum dan berharap bahwa semua akan berjalan sesuai rencana. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.