Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Enjin Luncurkan Blockchain Khusus NFT, Dibangun di Polkadot

Naufal Muhammad     Thursday, April 1 2021

Enjin, pendiri jaringan ERC-1155 Non-Fungible Token (NFT) telah meluncurkan blockchain khusus NFT dalam Polkadot bernama Efinity.

Peluncuran tersebut didukung oleh pendanaan terhadap Efinity yang dipimpin oleh Crypto.com.

Crypto.com bersama DFG Group, BlockTower dan Arrington XRP Capital, berhasil mengumpulkan sebesar Rp276 Miliar.

Enjin Resmi Meluncurkan Efinity

Beberapa investor lain di luar investor tersebut adalah Hashed, Hypersphere, Blockchain.com Ventures, Fenbushi, Iconium, HashKey, DeFi Alliance, dan beberapa individu lainnya.

COO dari Enjin, Caleb Applegate, memiliki pandangan bahwa NFT harus tersedia untuk semua orang di dunia. Ia menyatakan,

“Membangun di Polkadot mempermudah kami untuk memberikan solusi yang mudah diakses dan memiliki potensi skalabilitas tinggi agar semua pihak dapat berpartisipasi di duni NFT. Efinity akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mudah untuk semua pengguna.”

Dikabarkan bahwa saat ini Efinity mengolah transaksi setiap enam detik.

Namun, blockchain ini akan menggunakan sistem proof-of-stake untuk meningkatkan kecepatan hingga 1.000 transaksi per detik.

Enjin juga sedang menciptakan wadah untuk transaksi antar blockchain atau cross-chain bernama Paratoken.

Baca juga: Influencer Crypto Ini Menyatakan 3 NFT Utama untuk Menjadi Miliarder

Paratoken nantinya akan mempermudah perpindahan seluruh jenis token, termasuk NFT, dari blockchain lain ke jaringan Efinity yang juga akan digunakan dalam ekosistem Polkadot.

Paratoken adalah peningkatan dari protokol ERC-1155 NFT yang dibentuk Enjin pada Tahun 2017.

Protokol ini dikabarkan sudahdiadopsi oleh beberapa perusahaan besar seperti Microsoft, Nike, dan Opensea.

CTO Enjin, Witek Radomski menyatakan bahwa aset digital harus berada di dunia blockchain yang memadai. Ia menyatakan,

“Membuka likuiditas di beberapa blockchain akan membuka jalan untuk ekosistem yang lebih besar untuk pencipta, pembeli, dan juga penjual.”

Pihak Efinity telah mempublikasi jurnal (whitepaper) yang merincikan penjelasan mengenai Efinity Token (EFI) token baru dari Enjin.

Penjelasan Mendalam oleh Penerbit

Token tersebut akan digunakan untuk biaya transaksi, likuiditas, dan yield farming melalui staking token Enjin Coin (ENJ),

Sistem komunitas Enjin akan mempermudah pemilik Token EFI, untuk mengunci dan mengajukan suara perihal inovasi dalam jaringan.

Enjin telah mengalokasikan 15% dari keseluruhan EFInya untuk imbalan hasil dari staking dan penambangan dengan ENJ.

Para staker ENJ juga akan mendapatkan imbalan berupa EFI dari biaya dalam jaringan, komisi bursa, biaya transaksi antar blockchain, dan biaya smart contract.

Enjin juga akan terus melakukan investasi terhadap pengembangan jaringan terbuka Snowfork untuk mempermudah alir NFT antara Polkadot, Ethereum, dan beberapa blockchain.

Dimulai dengan NFT.io, bursa pada Efinity akan memberikan imbalan melalui EFI untuk partisipan lelang, yang akan menciptakan likuiditas untuk semua aset.

Baca juga: My Neighbor Alice Adakan Penjualan Tanah Virtual, Ini Caranya!

Selain itu, sistem tersebut akan mempermudah para pemilik NFT untuk mendapatkan valuasi terbaru terhadap portfolio NFT pribadinya. CEO Enjin menyatakan,

“Kami menciptakan platform NFT pertama di 2017, bersama dengan adanya ERC-1155. Dengan Efinity, kami akan memberikan industri NFT sebuah blockchain yang akan menghasilkan wadah sempurna untuk aset digital yang gratis, terbuka, dan terdesentralisasi. Masa depan adalah dunia terdesentralisasi secara digital.”

Oleh karena itu, nampaknya Enjin masih akan fokus terhadap blockchain terbaru, bersama dengan terus meningkatnya fenomena di sekitar NFT.