Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang
TINGKATKAN PEMAHAMAN BLOCKCHAIN MU

Rekomendasi webinar dan materi edukasi teknologi blockchain terkini langsung dari para ahli.

Mau paham Blockchain?

Belajar Sekarang

Mengenal Cross Chain, Kemajuan yang Buat Blockchain Makin Canggih

Blockchain bisa dibilang adalah salah satu pondasi dari dunia crypto di sinilah crypto berada dan bekerja. Semakin baik blockchain yang digunakan maka semakin bagus pula kegiatan yang ada di jaringan dan bisa membuat sentimen positif dan membuat investor tertarik.

Salah satu bagian terpenting dari blockchain adalah interoperabilitas, yang merupakan kemampuan berbagai ragam sistem atau aplikasi untuk bekerja sama dan bisa berinteraksi dengan aplikasi lainnya yang berbeda untuk memungkinkan terjadinya pertukaran data/informasi melalui suatu protokol yang disetujui bersama.

Selain interoperabilitas ada  itu ada juga soal Cross Chain yang ramai diperbincangkan dan digadang mampu memperbaiki kekurangan blockchain sebelumnya.

Selengkapnya seputar interoperabilitas dan cross chain.

Interoperabilitas Blockchain: Apa itu Teknologi Cross Chain?

Cross chain, dipandang sebagai solusi akhir untuk meningkatkan interoperabilitas antar blockchain. Dalam istilah awam, teknologi cross chain atau lintas rantai adalah teknologi baru yang berupaya memungkinkan transmisi nilai dan informasi antara jaringan blockchain yang berbeda.

Peningkatan penggunaan jaringan mapan seperti Ripple, Bitcoin, dan Ethereum masih memiliki kekurangan seperti penskalaan dan jurang ekonomis dari segi teknis dan sumber daya.

Selain itu blockchain tersebut tidak mampu berkomunikasi dengan blockchain lainnya sehingga membuat orang tidak dapat menikmati manfaat penuh dari teknologi blockchain.

Agar masalah ini teratasi hadirlah yang namanya Cross Chain, ia berusaha untuk memungkinkan komunikasi antar blockchain sehingga interoperabilitasnya meningkat dan bisa berbagi informasi dengan efisien.

Pentingnya Interoperabilitas Blockchain dan Cross Chain

Keberhasilan teknologi blockchain akan tergantung pada bagaimana berbagai jaringan blockchain dapat berinteraksi dan berintegrasi.Karena itu interoperabilitas antara blockchain sangat penting. Sebab dapat memungkinkan  blockchain yang berbeda berkomunikasi satu sama lain dalam upaya memungkinkan berbagi informasi yang lancar.

Proyek-proyek yang sedang berkembang perlahan-lahan membeli ide cross chain tersebut ketika mereka mencoba menghasilkan platform yang dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa membutuhkan pihak ketiga.

Interoperabilitas blockchain bisa sangat membantu dalam menyingkirkan perantara atau pihak ketiga, yang identik dengan sistem terpusat.

Kemampuan jaringan desentralisasi yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa perantara harus sangat membantu dalam memunculkan sistem yang sepenuhnya terdesentralisasi.

Proyek yang Menggunakan Cross Chain

Mengingat kebutuhan yang terus berkembang untuk meningkatkan koneksi antara berbagai jaringan blockchain, banyak pengembang sudah mengerjakan solusi yang optimal.

Jumlah proyek interoperabilitas yang menggunakan cross chain sedang meningkat sebagai hasil dari upaya pengembang untuk mempercepat adopsi massal blockchain.

Di bawah ini adalah beberapa proyek teratas, yang ingin meningkatkan interoperabilitas blockchain.

Polkadot

Blockchain Polkadot adalah teknologi multi-rantai profil tinggi yang membawa interoperabilitas blockchain ke level lain. Sebuah gagasan dari Gavid Wood, salah satu pendiri Ethereum, Polkadot berupaya untuk meningkatkan transfer data kontrak pintar melalui berbagai blockchain.

Polkadot terdiri dari beberapa parachain yang memiliki karakteristik berbeda. Di blockchain Polkadot, transaksi dapat tersebar di area yang luas mengingat jumlah rantai di jaringan. Semua ini dilakukan sambil memastikan keamanan tingkat tinggi saat bertransaksi.

Proyek interoperabilitas Blockchain Polkadot berusaha untuk memastikan koneksi yang mulus antara rantai pribadi, jaringan publik, oracle serta antarmuka tanpa izin.

Pengembang di balik solusi interoperabilitas blockchain ingin mengaktifkan internet di mana solusi blockchain independen akan dapat bertukar informasi melalui rantai relai Polkadot.Prinsip dasar dari solusi interoperabilitas blockchain adalah skalabilitas serta tata kelola.

Blocknet

Pengembang di belakang Blocknet saat ini sedang bekerja untuk menciptakan pertukaran yang terdesentralisasi dalam upaya meningkatkan komunikasi interchange.

Apa yang ingin dilakukan Blocknet adalah mendesentralisasikan keempat komponen semuanya dalam upaya menciptakan pertukaran Terdesentralisasi pertama. Pendukung proyek juga bekerja untuk mengoptimalkan platform lintas rantai untuk berfungsi sebagai infrastruktur.

Aion Online

Aion online adalah proyek interoperabilitas Blockchain profil tinggi lainnya yang berupaya menjawab pertanyaan yang belum terselesaikan seputar skalabilitas dan interoperabilitas dalam jaringan blockchain.

Pengembang berencana untuk memposisikan Aion sebagai protokol standar yang digunakan oleh berbagai blockchain dan untuk menciptakan sistem yang efisien dan terdesentralisasi.

Wanchain

Wanchain menjadikan dirinya sebagai solusi blockchain interoperable blockchain online pertama di dunia, dengan komputasi multi-pihak yang aman. Lebih dari itu, solusi interoperabilitas blockchain berusaha untuk membangun kembali keuangan dengan menampung semua aset digital di satu blockchain.

Berdasarkan Ethereum, blockchain Wanchain juga memungkinkan penerapan kontrak pintar. Semua aspek ini menjadikannya solusi blockchain yang menarik untuk mengirimkan aplikasi terdistribusi yang membutuhkan akses mudah ke berbagai blockchain.

Cosmos

Cosmos blockchain adalah proyek interoperabilitas blockchain yang tadinya diremehkan tapi saat ini cukup mendapatkan perhatian. Arsitektur blockchain Cosmos terdiri dari beberapa blockchain independen yang disebut Zona, yang dilampirkan ke blockchain pusat yang disebut sebagai Hub.

Cosmos Hub menghubungkan proyek-proyek blockchain untuk meningkatkan interoperabilitas melalui protokol komunikasi Inter-Blockchain.

Karena interkoneksi, orang dapat mengirim token dari satu zona ke zona lain secara real time dan aman, tanpa menggunakan layanan pihak ketiga. Blockchain Cosmos dapat menghubungkan berbagai zona dari proyek publik ke pribadi berkat koneksi IBC.


Itu dia penjelasan seputar Cross Chain dan interoperabilitas blockchain. Kedua hal tersebut sangat penting untuk perkembangan teknologi blockchain di masa depan dan tentunya bisa membantu cryptocurrency untuk terus berkembang dan menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Informasi ini bisa kamu temukan kembali di sini.

Pertanyaan penting

Apa itu interoperabilitas?

Kemampuan berbagai ragam sistem atau aplikasi untuk bekerja sama dan bisa berinteraksi dengan aplikasi lainnya yang berbeda untuk memungkinkan terjadinya pertukaran data/informasi melalui suatu protokol yang disetujui bersama.

Apa itu cross chain?

Teknologi baru yang berupaya memungkinkan transmisi nilai dan informasi antara jaringan blockchain yang berbeda.

Apa pentingnya interoperabilitas dan cross chain?

Memungkinkan blockchain yang berbeda berkomunikasi satu sama lain dalam upaya memungkinkan berbagi informasi yang lancar.

Apa saja proyek yang menggunakan cross chain?

Polkadot, Blocknet, Aion Online, Wanchain, Cosmos

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Kosa Kata

Mining Bitcoin

4 weeks ago

Spec Mining

Mining Bitcoin

4 weeks ago

Orphan Block

Mining Bitcoin

4 weeks ago

Hash Rate