Dua Pebisnis Ini Dorong Penggunaan Dogecoin Lebih Tinggi

Naufal Muhammad

31st May, 2021

Dogecoin (DOGE) terlihat dibicarakan lagi setelah adanya dorongan tambahan baru oleh dua pebisnis tenar di dunia.

Selain itu, perbincangan ini kembali muncul setelah DOGE berhasil menggarap 13% dari keseluruhan volume transaksi pada BitPay, platform pembayaran digital.

Hal tersebut membuat banyak pihak kembali mendiskusikan apakah sebenarnya DOGE bisa dijadikan alat pembayaran nyata. Ini pendapat dua pebisnis tenar.

Pebisnis Tenar Dukung Penggunaan DOGE Lebih Tinggi

Elon Musk dan Mark Cuban, dua nama yang sudah tidak asing di dunia bisnis dan keuangan serta komunitas DOGE baru saja membuat pernyataan baru.

Penyataan tersebut adalah dorongan mengenai penggunaa Dogecoin sebagai alat pembayaran yang layak dan baik walau awalnya dimulai sebagai lelucon.

Elon Musk sendiri dikabarkan sedang dalam diskusi dengan para pengembang atau developer proyek Dogecoin untuk membuat infrastruktur DOGE lebih baik.

 Ross Nicoll, developer proyek Dogecoin menyatakan Elon Musk berencana membuat DOGE sebagai alat pembayaran umum, bahkan bisa untuk membayar secangkir kopi, sebagai perumpamaan.

Di sisi lain, Mark Cuban menyatakan bahwa Dogecoin saat ini sudah menjadi lebih dari alat investasi dan sudah dapat digolongkan sebagai alat pembayaran yang baik.

Baca juga: Walau Ketertarikan Meningkat, Dogecoin Tidak Akan Memiliki Aset Derivatif Ini

Cuban menambahkan bahwa ia telah melakukan banyak diskusi dengan BitPay, perusahaan penyedia jasa pembayaran dengan crypto.

Diskusi tersebut dikabarkan adalah salah satu rencana untuk membuat adopsi Dogecoin lebih luas lagi oleh lebih banyak pedagang dan Cuban menyatakan banyak yang tertarik.

Walau terlihat aneh akibat awalnya hanya diciptakan sebagai lelucon, data dari BitPay memperlihatkan bahwa pernyataan Musk dan Cuban dapat menjadi benar.

Dikabarkan bahwa Dogecoin telah mencapai peringkat keempat dalam volume transaksi sebagai alat pembayaran setelah Bitcoin, Bitcoin Cash dan Ethereum.

Dorongan dari BitPay

Salah satu kepala eksekutif dari BitPay bernama Bill Zielke menyatakan Dogecoin telah menarik perhatian banyak pedagang toko ritel di berbagai sektor.

Ia juga menyatakan bahwa volume penggunaannya sudah tinggi akibat beberapa hal yang tidak dimiliki Ethereum dan Bitcoin. Ia menambahkan,

“Dogecoin memiliki biaya yang rendah dan jika digabung dengan komunitas pendukung yang kuat kegunaannya dapat terus meningkat di masa depan.”

Beberapa pihak yang terikat dengan BitPay saat ini adalah perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, AT&T, Camping World, dan WeWork.

Satu hal yang perlu diketahui tentang BitPay perusahaan harus menerima 11 crypto yang diperbolehkan BitPay sebagai alat tukar.

Melihat besarnya nama tersebut, pihak BitPay sendiri juga yakin bahwa tidak hanya adopsi Dogecoin, namun crypto akan terus meluas.

Baca juga: Liga Cabang Olahraga Terkenal Ini Jual Tiket dengan Dogecoin

Adopsi terbesar pertama dengan volume tinggi adalah kesepakatan BitPay dengan tim basket Dallas Mavericks milik Pebisnis, Mark Cuban.

Saat ini tim basketnya telah resmi menerima Dogecoin sebagai alat pembayaran aksesoris yang terikat dengan timnya.

Oleh karena itu, bukan sebuah kejutan jika Cuban menjadi salah satu pendukung Dogecoin dan memberi sentimen positif terhadapnya.

Nampaknya adopsi Dogecoin juga terus meluas semakin banyaknya pihak yang mengetahui.

Namun perlu diingat volatilitas DOGE juga masih relatif tinggi sehingga perlu manajemen risiko terutama untuk investor pemula yang tertarik membelinya.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.