Berita Mining · 8 min read

Ini Alasan Analis Sebut Elon Musk Tidak Layak Memimpin Perubahan Energi di Crypto

Terdapat kabar bahwa kritik terhadap Elon Musk terus meningkat, akibat disrupsinya di dunia crypto.

Analis tersebut adalah Nic Carter dari Castle Island Ventures yang mengkritik bahwa Elon Musk bukan orang yang cocok untuk memimpin perubahan energi di dunia crypto.

Kritik Terhadap Elon Musk

Dalam salah satu wawancara dengan Bloomberg, Carter menyatakan bahwa Musk bukan orang yang tepat untuk memilliki peran besar di komunitas Bitcoin. Ia menyatakan,

“Mayoritas investor Bitcoin masih belum percaya terhadap Elon Musk dan melihatnya sebagai sebuah masalah atau hambatan. Hal tersebut disebabkan oleh masih ada kepentingan bisnis di dalam partisipasinya terhadap Bitcoin.”

Namun, Carter menekankan bahwa tujuan Musk untuk mengajak penambang Bitcoin pindah ke energi yang lebih ramah lingkungan itu hal yang baik.

Carter kemudian menjelaskan bahwa Bitcoin sendiri adalah komoditas terdesentralisasi yang dapat bergerak tanpa banyak pihak ketiga.

Sehingga menurutnya jika satu pihak berwenang melarang Bitcoin maka dominasinya akan pindah ke pihak berwenang lain.

Pernyataan tersebut nampaknya mengacu pada kondisi Cina yang melarang Bitcoin dan nampaknya ada potensi negara lain mendominasi Bitcoin.

Baca juga: FUD Lagi! Bank Sentral China Tegaskan Bitcoin Tidak Bernilai

Menurut Carter, daripada melarang Bitcoin akibat dianggap merusak lingkungan, lebih baik pemerintah suatu negara membentuk infrastruktur yang lebih ramah lingkungan untuk Bitcoin.

Ia mengacu pada daerah-daerah di Amerika Utara yang menggunakan energi terbaharukan dalam memenuhi kebutuhan energinya.

Oleh karena itu, nampaknya Carter masih percaya bahwa dominasi Bitcoin dalam sisi partisipasinya masih dapat pindah dari Cina dan Bitcoin akan terus hidup.

Dewan Penambang Bitcoin Jalan Terus

Walau terdapat kritik tidak hanya dari Carter namun banyak analis lainnya, Elon Musk nampaknya terus menjalani rencananya untuk membentuk energi ramah lingkungan untuk Bitcoin.

Saat ini nampaknya Musk masih juga mengacu pada para penambang Bitcoin di Amerika Utara, bersama dengan bantuan oleh Michael Saylor, CEO Microstrategy.

Mereka juga nampaknya telah membentuk Dewan Penambangan Bitcoin dengan tujuan untuk menjaga kesejahteraan lingkungan dan keberlangsungan crypto.

Setelah adanya pertemuan ini, Elon Musk membuat pernyataan baru yang memperlihatkan dukungannya terhadap crypto dan Bitcoin. Ia menyatakan,

“Kami telah berbincang dengan penambang Bitcoin di Amerika Utara. Mereka terlihat memiliki komitmen tinggi untuk menjalankan rencana penggunaan energi terbaharukan lebih luas lagi. Hal ini sangat menjanjikan untuk dunia crypto.”

Banyak pihak yang memiliki tanggapan sama, seperti contohnya Peter Wall, eksekutif dari Argo Blockchain yang menyatakan,

“Pembentukan Dewan Penambangan Bitcoin ini menjadi langkah yang tepat untuk mendorong penggunaan energi ramah lingkungan di dunia crypto. Saya antusiasi untuk ikut serta dalam perencanaan ini dan berpartisipasi dalam penerapannya di dunia penambangan crypto.”

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.