Berita Altcoins · 8 min read

DEX Cardano Segera Luncurkan Mainnet, Harga ADA Naik!

DEX Cardano Umumkan Peluncuran, Harga ADA Naik!

Cardano mencatatkan kenaikan harga cukup baik hari ini, dalam grafik satu jam saat artikel ini ditulis ADA berhasil naik 12%, dan sekarang berada di kisaran angka $1,4. 

Harga Cardano yang terpantau reli ini disinyalir disebabkan oleh SundaeSwap, pertukaran desentralisasi berbasis Cardano, mengumumkan bahwa peluncuran mainnet dari versi beta DEX ke versi penuh akan berlangsung pada 20 Januari. 

Seperti dilansir U.Today, SundaeSwap meluncurkan versi testnetnya pada 5 Desember. Pada akhir Desember, DEX menyelesaikan auditnya bekerja sama dengan Runtime Verification (RV).

Penawaran stake awal atau ISO Sundaeswap pun akan dimulai di hari yang sama, ada 30 kelompok stake yang dipilih oleh komunitas pada bulan November akan mengambil bagian dalam ISO.

ISO, yang akan berlangsung selama lima pesriode ini akan memungkinkan delegator kumpulan untuk mendapatkan token SundaeSwap (SUNDAE) selain hadiah ADA yang telah mereka delegasikan.

Untuk mengikuti ISO ini ADA harus didelegasikan ke “ISO scooper” sebelum 25 Januari untuk mengambil bagian dalam putaran pertama.

SundaeSwap sejauh ini merupakan DEX berbasis Cardano yang paling populer, dengan pengikut media sosialnya jauh melebihi Minswap dan Maladex.

Pada 20 Januari, penyedia likuiditas juga akan mulai mendapatkan imbalan hasil pertanian yang akan tersedia setidaknya hingga Juni.

Setengah juta token SUNDAE akan dialokasikan untuk menghasilkan investor farming yang berpartisipasi dalam pilihan kumpulan likuiditas.

Dengan kenaikan lebih dari 8% selama 24 jam terakhir, ADA berhasil mengungguli cryptocurrency teratas lainnya.

ADA sekarang berada di jalur untuk melampaui Solana (SOL), “pembunuh Ethereum” terkemuka lainnya, dan memenangkan kembali tempatnya di lima besar.

Bukan Hanya DEX, Cardano Kenalkan Fase Basho

Sementara itu Cardano memang direncanakan akan mengalami perkembangan yang cepat, setidaknya begitu laporan dari vlog Charles Hoskinson.

Di mana ia menguraikan Peta Jalan Cardano untuk 2022. Dalam laporan tersebut, tercatat bahwa perusahaan di belakang Cardano tidak akan mengeluarkan biaya dalam mengembangkan peningkatan, baik di dalam maupun di luar chain.

Dengan ini perusahaan dapat membuka jalan untuk memperluas ekosistem aplikasi yang terdesentralisasi.

Saat ini Cardano tengah masuk ke fase Basho yang akan melihat sumber daya yang diinvestasikan dalam pengoptimalan dan penskalaan untuk menangani lonjakan aplikasi terdesentralisasi berbasis Cardano. 

Salah satu peningkatan on-chain adalah peningkatan ukuran blok, mengikuti peningkatan baru-baru ini dari 8KB menjadi 72KB. 

Perbaikan on-chain lainnya akan menjadi pendukung di mana mereka meningkatkan waktu propagasi blok dan throughput, yang pada akhirnya meningkatkan jumlah transaksi per detik.

Selanjutnya akan ada peningkatan memori dalam penanganan Unspent Transaction Output (UTXO), distribusi stake, dan distribusi live stake.

Model UTXO yang dapat diperluas mencakup peningkatan pada bahasa skrip Plutus. 

Perbaikan tersebut adalah Input Referensi (Cardano Improvement Proposal-0031), Plutus Datums (CIP-0032), dan script-sharing (CIP-0033).

Akan ada peningkatan node untuk memuluskan perhitungan hadiah staking dan distribusi.

Beberapa bagian dari status protokol akan disimpan di disk, yang berarti bahwa sistem yang memiliki RAM terbatas akan dapat mengoperasikan node jika mereka memiliki penyimpanan yang cukup, dan skalabilitas tidak lagi menjadi masalah.

Itu adalah perkembangan on chain Cardano dalam fase basho, sedangkan off chain adalah sebagai berikut. 

Peningkatan Off Chain Cardano 

Ada juga perbaikan off-chain yang direncanakan untuk tahap Basho. Sidechains akan diperkenalkan untuk pertama kalinya.

Sidechain adalah blockchain yang terhubung ke blockchain utama melalui jembatan untuk mengaktifkan token untuk mengaktifkan token dari satu chain untuk digunakan di chain lain dan dikembalikan ke chain utama.

Sidechain dari Mesin Virtual Ethereum yang akan terhubung ke blockchain Cardano utama termasuk Milkomeda dan Mamba.

Peningkatan off-chain lainnya akan melihat beberapa transaksi terjadi di luar blockchain untuk meningkatkan efisiensi jaringan. 

Transaksi off-chain beroperasi melalui model kepercayaan. Hydra, peningkatan off-chain lainnya, akan memberikan cara yang lebih efisien.

Nantinya sumber daya akan memproses transaksi dari chain utama, menggunakan buku besar terdistribusi chain utama sebagai lapisan penyelesaian.

Melihat rencana Cardano tahun ini, tidak mengherankan jika harga ADA crypto aslinya pun akan terpengaruh.

Bukan tidak mungkin Cardano akan mengalami kenaikan harga berkali-kali karena perkembangannya dalam memperbaiki jaringan dan bersaing dengan blockchain terkemuka lainnya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.