Berita Altcoins · 8 min read

Lestarikan Lingkungan, Samsung Adopsi Blockchain Cardano

Selain masuk sektor NFT, raksasa teknologi Samsung kini memanfaatkan Blockchain Cardano untuk proyek besar mereka yang selanjutnya.

Menurut cuitan yang diunggah oleh Sidney Vollmer dari Cardano Foundation, Samsung saat ini telah memiliki eksposur ke Cardano melalui kemitraan mereka bersama Veritree.

Melalui kerja sama tersebut, Samsung akan ikut serta dalam melestarikan lingkungan yang merupakan bagian dari rencana perusahaan berbasis alam.

Tujuan Kemitraan Samsung

Melalui sebuah pengumuman dalam Konferensi CES 2022 yang diadakan di Las Vegas, Samsung mengungkapkan bahwa perusahaan akan menggunakan teknologi blockchain untuk menanam dua juta pohon bakau dalam upaya untuk mengurangi dan memerangi perubahan iklim.

Perusahaan berencana menggunakan blockchain Cardano sebagai platform yang menjembatani Veritree untuk melampirkan ID digital ke setiap pohon yang ditanam. 

Veritree sendiri merupakan perusahaan blockchain global yang bergerak bersama Cardano untuk menjalankan proyek pelindung lingkungan berbasis alam. 

Teknologi blockchain digunakan sebagai wadah yang mengelola proses reboisasi dan memverifikasi setiap pohon yang ditanam. 

Samsung mengatakan bahwa tujuan utama dari proyek ini adalah untuk memulihkan sekitar 200 hektar lahan (494,2 hektar) dengan pohon. 

Samsung menargetkan bahwa proyek diperkirakan akan menangkap dan meniadakan keluaran CO2 (sekitar 1 miliar pon) dalam waktu sekitar 25 tahun.

Apakah Berdampak Bullish untuk Cardano?

Meskipun pengumuman tersebut seperti tidak akan membawa adopsi besar secara langsung ke dalam ekosistem Cardano, analis mengklaim kemitraan semacam ini akan menunjukan eksistensi Cardano semakin luas.

Dukungan Samsung terhadap Veritree juga dapat membantu Cardano menempatkan dirinya di atas persaingan platform smart contract yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Cardano secara terang-terangan mengklaim ekosistemnya sebagai salah satu platform smart contract ‘paling hijau‘ di luar sana. 

Baca juga: Cardano Adalah Proyek Paling Berkembang di GitHub Sepanjang 2021

Itu karena smart contrcat Cardano mengkonsumsi lebih sedikit energi dibandingkan dengan proyek crypto lainnya, dengan seluruh jaringan hanya menggunakan daya 6 GWh setiap tahun.

Meski begitu, aksi harga ADA masih terpantau stagnan beberapa bulan terakhir. Namun tim dibalik Cardano tidak berhenti berinovasi untuk memperbaiki jaringannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.