Charles Hoskinson: Cardano Berpotensi Kerja Sama dengan Solana

Naufal Muhammad

2nd September, 2021

Hingga saat ini mayoritas Altcoins terlihat masih bergerak naik, terutama dengan Bitcoin Dominance yang bergerak turun secara signifikan.

Beberapa pemimpin pergerakan apresiasi ini adalah Solana (SOL) dan Cardano (ADA) yang nampaknya sedang merencanakan kerja sama baru.

Kerja Sama Cardano dan Solana

Dengan apresiasi harga dari keduanya, saat ini Cardano dan Solana telah berhasil menarik perhatian banyak investor.

Namun, perhatian utama tertuju pada Solana dimana harganya naik secara signifikan akibat banyaknya beberapa proyek baru dalam ekosistemnya.

Salah satu investor yang terlihat tertarik secara mendadak adalah Charles Hoskinson, CEO IOHK, Perusahaan yang bertanggung jawab atas Cardano.

Dalam sesi AMA (tanya jawab) terbarunya, pendiri dari Cardano ini menyatakan bahwa ia sangat tertarik terhadap Solana. Ia menyatakan,

“Saya menyadari bahwa Solana akhir-akhir ini telah mendapatkan banyak adopsi dan banyak dibicarakan di seluruh pasar. Fenomena ini juga terbukti dari harganya yang naik signifikan. Saat hal seperti ini terjadi, umumnya saya mundur sedikit dan bertanya “Ah ok, siapa mereka?” dan saya benar-benar penasaran”.

Pernyataan tersebut didapatkan dari sesinya saat ia ditanyakan tentang kemungkinan untuk kerja sama dengan Solana, pada menit ke-13 di video tersebut.

Ia juga memberikan kepastian mengenai pendalamannya dalam ekosistem Solana dimana ia menyatakan,

“Saya tertarik dengan ekosistem Solana yang telah meledak beberapa hari terakhir.” “Saya telah mencoba mendalami dan meminta bantuan dari beberapa orang di komunitas Solana. Mereka sangat membantu!”.

Pernyataan tersebut nampaknya telah membuat banyak pasar penasaran dan membuka kemungkinan bahwa Solana dan Cardano akan kerja sama.

Hal tersebut walau belum ada konfirmasi, dapat menjadi kemungkinan besar yang dapat mendorong harga Cardano dan Solana lebih tinggi lagi.

Kapan Kemungkinan Ini Terjadi?

Untuk saat ini mayoritas komunitas Cardano terlihat masih antusias mendalami fenomena ini dan potensi kolaborasinya.

Namun hingga saat ini Hoskinson masih belum memberikan kepastian terhadap kerja sama integrasi jaringan ini.

Tapi Hoskinson menyatakan bahwa seluruh keputusan jaringan Cardano juga akan melibatkan suara dari komunitas Cardano. Ia menambahkan,

“Jika akan terjadi kerja sama, semuanya harus dijabarkan kepada sisi kolaborasi di ranah ekonomi atau dari sisi teknologi.”

Jika terjadi kelanjutan dari kabar kerja sama ini, kemungkinan besar ADA dan SOL dapat mengalami apresiasi yang cukup signifikan dalam beberapa pekan ke depan.

Untuk Solana, saat ini terdapat beberapa sentimen positif di sekitarnya, terutama dengan adanya Osprey Funds dan Grayscale.

Dikabarkan bahwa kedua perusahaan keuangan besar tersebut sedang dalam rencana untuk membangun reksadana berbasis Solana.

Grayscale juga mengabarkan bahwa terdapat kemungkinan untuk SOL masuk ke dalam portfolio investasi perusahaan.

Melihat Cardano yang juga sudah masuk ke portofolio investasi Grayscale, jika kabar ini terjadi, Solana dengan sangat mudah dapat naik ke peringkat empat dalam kapitalisasi pasar.

Namun untuk hal tersebut terjadi, butuh proses yang cukup panjang karena akan ada waktu adopsi perizinan yang juga diperlukan.

Untuk saat ini kemungkinan integrasi SOL dan ADA nampaknya masih berputar di teknologinya, terutama dengan adanya fitur cross-chain dari Solana.

Fitur Cross Chain mempermudah Solana untuk integrasi dengan blockchain lain, dimana saat ini integrasi terdekat akan dilakukan dengan Blockchain Terra (LUNA).

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.