Trader Institusional Sebut Masa Depan Solana Lebih Menjanjikan

Rossetti Syarief

14th September, 2021

Trader Institusional telah berbondong-bondong berpindah  ke Solana (SOL) setelah permintaan untuk Ethereum (ETH) dan Bitcoin (BTC) semakin lama kian mendatar.

Beberapa dari mereka juga berpendapat jika SOL akan lebih menjanjikan di masa depan dan bisa bersaing dengan koin-koin raksasa keluaran lama lainnya.

Hari ini, SOL berhasil unjuk gigi dengan produk investasinya yang mewakili 86,6% dari total arus masuk mingguan produk investasi crypto minggu lalu.

Menurut CoinShares edisi 14 September yang dimuat dalam Digital Asset Fund Flows Weekly, produk investasi Solana telah masuk sebesar $49,4 juta dalam rentan waktu 6 September dan 10 September. 

Padahal, total arus masuk gabungan untuk produk investasi kripto lainnya hanya berkisar $57 juta untuk minggu ini.

Solana juga mengalami kenaikan secara konsisten sebesar 275% dari minggu ke minggu untuk mewakili 86,6% dari total arus masuk.

Arus masuk yang melonjak ke produk Solana juga bertepatan dengan harga SOL yang alami kenaikan sebesar 36%. 

Menurut sebuah laporan, kombinasi apresiasi harga dan arus yang masuk pada Solana sekarang, membawa asetnya menyentuh angka $97 juta, terbesar ke-5 dari semua produk investasi.

Dengan demikian, peminat SOL secara signifikan melebihi minat trader untuk produk BTC yang terlihat dari arus masuknya yang minimal $200,000.

Arus masuk juga sebagian diimbangi oleh investor institusional yang melepas eksposur Ethereum senilai $6,3 juta karena harga aset dasarnya alami penurunan sebesar 10% selama seminggu terakhir.

Melihat Perjuangan Pesaing Solana Yang Lain

Sementara Cardano (ADA), terlepas dari pengenalan Smart Contract yang sangat diantisipasi dan sukses pada 13 September kemarin.

Arus institusional produk ADA dilaporkan justru alami penurunan arus masuk sebesar 46% dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Menurut perkiraan CoinShares, manajer aset institusional saat ini mewakili total AUM $56,3 miliar dan menandai penurunan sebesar 9% dibandingkan minggu sebelumnya. 

Hal ini disebabkan oleh pasar crypto yang lebih luas mengalami kemunduran di seluruh papannya.

Manajer Institusional teratas, Grayscale, terlihat masih tetap dominan mewakili 74% sektor AUM dengan $41,8 miliar.

Grayscale mengumumkan kemitraan dengan penyedia aset fintech alternatif iCapital Network pada 13 September. 

Kesepakatan itu akan memungkinkan penasihat iCapital untuk menawarkan akses klien perusahaan bernilai ke layanan aset digital Grayscales melalui strategi investasi tertimbang kapitalisasi pasar yang terdiversifikasi.

Namun, hal tersebut terlihat cukup rumit dengan hasil yang tidak bisa dijanjikan.

Sementara teman-temannya harus berusaha sangat keras agar tetap bertahan di dunia kripto ini.

Solana, sang pendatang baru, justru berhasil konsisten dengan kenaikannya.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik