Berita Industri · 5 min read

BUIDL BlackRock Cetak Rekor, Market Cap Sentuh Rp8,1 Triliun

Build Blackrock

BlackRock USD Institutional Digital Liquidity (BUIDL) menjadi dana tokenisasi aset dunia nyata (RWA) pertama yang mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$500 juta atau sekitar Rp8,1 triliun.

Baca selengkapnya: BlackRock Perkenalkan Dana Ter-tokenisasi BUIDL

Menurut data Etherscan, BUIDL memiliki pasokan dana treasury AS yang ter-tokenisasi senilai US$502,8 juta per 9 Juli, mencatat pencapaian baru yang diraihnya hanya dalam waktu empat bulan sejak diluncurkan pada Maret 2024.

Pertumbuhan produk tokenisasi BlackRock ini sebagian besar didorong oleh Ondo Finance, yang menggunakan BUIDL sebagai aset pendukung untuk token OUSG. Data on-chain menunjukkan bahwa Ondo saat ini merupakan pemegang terbesar dengan aset senilai US$174 juta.

Data transaksi terbaru di BUIDL. Sumber: Etherscan

Adapun pemegang terbesar kedua termasuk Mountain Protocol yang menggunakan produk BlackRock untuk mendukung stablecoin USDM mereka. Broker aset digital lainnya seperti FalconX dan Hidden Road juga menggunakan BUIDL sebagai aset jaminan bagi klien investor institusi mereka di seluruh jaringan.

Baca juga: Fitur Baru dari BUIDL BlackRock Buat Harga ONDO Naik!

BlackRock Terus Mendominasi Pasar Tokenisasi RWA

Pada April, BUIDL telah melampaui Franklin OnChain U.S. Government Money Fund (BENJI) sebagai dana treasury ter-tokenisasi terbesar di dunia, dengan pasokan yang meningkat sebesar 36,5% dari US$274 juta menjadi US$375 juta.

Sementara itu, BENJI milik Franklin Templeton hanya naik 2,1% dari US$360 juta menjadi US$368 juta. Sejak itu, BlackRock terus menduduki posisi teratas dalam hal dana ter-tokenisasi RWA. 

Baca juga: BUIDL BlackRock Dominasi Tokenisasi Pasar RWA

Secara keseluruhan, pasar tokenisasi yang didukung oleh catatan treasury AS telah meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun ini, dengan tumbuh dari US$776 juta pada 1 Januari menjadi US$1,78 miliar per 8 Juli.

Total kapitalisasi pasar dana ter-tokenisasi di AS. Sumber: rwa.xyz

Secara resmi diluncurkan pada 20 Maret, BUIDL merupakan dana ter-tokenisasi pertama BlackRock yang diterbitkan di blockchain publik, yakni Ethereum. Dana ini berupaya menawarkan nilai stabil sebesar US$1 per token dan membayar dividen yang terakumulasi setiap hari langsung ke wallet investor sebagai token baru.

BUIDL menginvestasikan 100% dari total asetnya dalam bentuk uang tunai, obligasi Departemen Keuangan AS, dan surat perjanjian jual kembali. Investasi awal minimum untuk berpartisipasi dalam BUIDL melalui Securitize adalah sebesar  US$5 juta.

Baca juga: Analis McKinsey Sebut Pasar Tokenisasi Aset Bakal Tembus US$2 triliun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.