Berita Industri · 6 min read

BlackRock Perkenalkan Dana Ter-tokenisasi BUIDL

Build Blackrock

BlackRock mengumumkan dana aset ter-tokenisasinya pada Rabu malam (20/3/24). Dana tersebut dinamai BUIDL yang akan dibangun di jaringan Ethereum dan merupakan dana ter-tokenisasi pertama perusahaan yang diterbitkan di blockchain publik.


BlackRock USD Institutional Digital Liquidity (BUIDL) pertama kali terdaftar di Kepulauan Virgin Britania tahun lalu dalam bentuk konvensional. Kali ini BUIDL diterbitkan sebagai aset ter-tokenisasi dan dapat diakses oleh semua orang.

“BUIDL akan menawarkan manfaat penting bagi investor dengan memungkinkan penerbitan dan perdagangan kepemilikan di blockchain, memperluas akses investor ke penawaran on-chain, menyediakan penyelesaian instan dan transparan, dan memungkinkan transfer lintas platform,” tulis BlackRock dalam pengumumannya.

BUIDL berupaya menawarkan nilai stabil sebesar US$1 per token dan membayar dividen yang terakumulasi setiap hari langsung ke wallet investor sebagai token baru. Dana ini menginvestasikan 100% dari total asetnya dalam bentuk uang tunai, obligasi Departemen Keuangan AS, dan surat perjanjian jual kembali.

Investasi awal minimum adalah US$5 juta dan merupakan ambang batas yang jauh lebih tinggi daripada yang dijelaskan dalam dokumen SEC yang dipublikasikan kemarin.

Baca juga: BlackRock Targetkan Boomer Kaya Raya Beli ETF Bitcoin Spot

BlackRock Gunakan Bank of NewYork Mellon

Untuk menghubungkan antara Ethereum dan pasar tradisional, BlackRock mendaftarkan Bank of New York Mellon, sebuah bank sekaligus penyedia global manajemen investasi dan layanan investasi. BNY Mellon akan bertindak sebagai kustodian aset dan administrator. BlackRock juga menggunakan jasa Securitize Markets, LLC, agen transfer yang terdaftar SEC.

“Tokenisasi sekuritas bisa secara fundamental mengubah pasar modal,” kata pendiri dan CEO Securitize, Carlos Domingo dalam pengumumannya. “Berita hari ini menunjukkan bahwa produk keuangan tradisional menjadi lebih mudah diakses melalui digitalisasi.”

Sebagai bagian dari kesepakatan, BlackRock melakukan investasi strategis di Securitize, dan kepala kemitraan ekosistem strategis global BlackRock, Joseph Chalom, telah ditunjuk sebagai anggota dewan direksi Securitize.

Baca juga: BlackRock Ajukan Dana Likuiditas untuk Tokenisasi Asset

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.