Berita Altcoins · 6 min read

Bitcoin Turun ke $38.000, Ketakutan Investor Naik!

Bitcoin Turun ke $38.000, Ketakutan Investor Naik!

Bitcoin (BTC) mengalami penurunan pertamanya di bawah $38.000 dalam lebih dari dua minggu pada 20 Februari.

Hal ini disebabkan karena faktor makro ekonomi yang mengguncang pasar akhir pekan dengan volume rendah.

Grafik candle 1 jam BTC/USD (Bitstamp). Sumber: TradingView

Dilansir dari data Cointelegraph Markets Pro dan TradingView menunjukkan BTC/USD melemah pada hari Minggu.

Ini menyusul ancaman sanksi baru terhadap Rusia atas dugaan rencananya untuk menyerang negara tetangga Ukraina.

Sebagai aset yang buka sepanjang waktu, Bitcoin dan pasar crypto pun langsung merespon hal tersebut. Diprediksi aset tradisional pun akan terkena dampak dari kasus geopolitik tersebut begitu pasar dibuka.

Baca juga: Donasi Bitcoin kepada Ukraina Meningkat saat Konflik dengan Rusia

Mengomentari situasi tersebut, Mike McGlone, kepala strategi komoditas di Bloomberg Intelligence, juga menarik perhatian pada masalah inflasi yang sedang berlangsung dan hubungannya dengan kinerja aset berisiko.

Namun, sejalan dengan komentar sebelumnya. Ia menyarankan bahwa pada akhirnya, Bitcoin dapat mengambil untung dari lautan perubahan dalam kebijakan ekonomi AS tahun ini.

“ Sebagian besar aset mengalami pasang surut pada tahun 2022,  trend reversal tak terelakkan dari langkah-langkah inflasi terbesar dalam empat dekade, tetapi tahun ini dapat menandai tonggak sejarah lain untuk Bitcoin ,” katanya.

Baca juga: CEO Pantera Capital Sebut Crypto “Tempat Terbaik” Simpan Kekayaan

Berdasarkan timeframe jangka pendek harga Bitcoin juga bergerak lambat dan sepertinya sulit menembus $40.000 apabila sentimen negatif masih terus berlangsung.

Menyusul harga di akhir pekan, Fear and Greed Index pun memasuki wilayah fear atau ketakutan investor soal kondisi pasar.

Sementara itu, kapitalisasi pasar bitcoin telah turun menjadi $725 miliar.

Altcoin Alami Penurunan Mengikuti Bitcoin

Altcoin yang sering mengikuti pergerakan harga Bitcoin pun ikut terdampak dan alami penurunan. Ethereum telah turun 6,5% lagi dalam skala harian dan berjuang untuk tetap di atas $2.600. Sebelumnya ETH mencatatkan harga di level $3.200 awal pekan ini.  

Baca juga: Januari 2022 Altcoin Berdarah, Bitcoin yang Jadi Safe Haven!

Binance Coin pun anjlok di bawah $380 setelah penurunan 6,5%, Cardano diperdagangkan di bawah $1 setelah penurunan 7%, dan Avalanche di bawah $80 setelah penurunan 8%.

Solana, Terra, Polkadot, Dogecoin, MATIC, dan CRO pun ikut turun. Sementara Shiba Inu paling banyak mengalami kerugian sebesar 11,5% dan berada di $0,000025.

Sebagian besar altcoin berkapitalisasi rendah dan menengah berada dalam kondisi yang lebih buruk. Diipimpin oleh kerugian dua digit dari BitTorrent, -16%, Frax Share, -13%, Gala -11%, Radix -11%, Harmoni -11%, dan Helium -10%.

Akibatnya, kapitalisasi pasar crypto turun hampir $100 miliar dalam sehari dan kini bernilai $1,7 triliun.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.