Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Memahami Fear and Greed Index untuk Acuan Investasi Crypto

Sebagai seorang investor, memahami sentimen dan pergerakan pasar menjadi suatu hal yang sangat penting, terutama saat ingin menjual atau membeli crypto.

Sebab, investor dapat mencapai hasil yang optimal saat menjual dan juga mendapat harga yang terbaik saat membeli.

Terdapat banyak cara untuk memahami sentimen dan pergerakan pasar crypto mulai dari sentimen media sosial hingga analisis data onchain.

Salah satu indeks yang umum digunakan adalah Fear and Greed Index, yang umumnya membantu melihat sentimen investor crypto untuk membantu keputusan transaksi crypto.

Apa Itu Fear and Greed Index?

Fear and Greed Index adalah sebuah indeks yang mengukur sentimen investor crypto saat mayoritas investor sedang khawatir atau sedang serakah.

Indeks ini menggunakan angka 1 hingga 100 untuk mengukur sentimen atau pandangan investor crypto terhadap kondisi pasar saat ini.

Angka 1 mencerminkan kekhawatiran yang berlebihan atau “extreme fear” dan 100 mencerminkan keserakahan yang berlebihan atau “extreme greed”.

Indeks ini diciptakan oleh Alternative.me berdasarkan indeks Fear and Greed yang umumnya digunakan untuk analisis saham.

Perlu diketahui bahwa Indeks ini dapat mengukur masing-masing crypto secara individual.

Sehingga terdapat Fear and Greed untuk Bitcoin, Ethereum, dan crypto lainnya.

Saat ini yang paling umum digunakan adalah Fear and Greed Index Bitcoin oleh Alternative.me.

Mayoritas investor menggunakan indeks tersebut akibat dominasi Bitcoin yang kuat untuk melihat pergerakan dan sentimen pasar.

Sebab, pada umumnya terdapat asumsi bahwa di pasar crypto, dominasi Bitcoin membuat mayoritas crypto bergerak mengikuti Bitcoin.

Sehingga mayoritas investor crypto menggunakan Indeks tersebut sebagai acuan untuk melihat mayoritas crypto.

Untuk menentukan kondisi pasar, indeks ini menggunakan empat faktor dalam mengukur angka yang diberikannya.

Empat faktor ini adalah volatilitas pasar, media sosial, Google Trend, dan dominasi kapitalisasi pasar koin atau token yang dianalisis di pasar crypto saat ini.

Perhitungannya menggunakan perhitungan pembebanan matematika. Beban tersebut mempengaruhi besarnya persentase pengaruh hasil perhitungan terhadap angka indeks ini.

Faktor Perhitungan Indeks

Berikut adalah cara perhitungan empat faktor yang digunakan dalam melakukan perhitungan Fear and Greed Index.

  • Volatilitas Pasar

Volatilitas pasar menjadi pengaruh terbesar dalam perhitungan ini dimana pengaruh hasilnya dalam perhitungan Fear and Greed index adalah 25%.

Faktor ini dihitung dengan melihat tinggi atau rendahnya kondisi volatilitas saat ini.

Semakin tinggi volatilitas maka angka Fear and Greed Index akan lebih kecil, menandakan pasar sedang khawatir atau panik.

  • Media Sosial

Media sosial menjadi pengaruh kedua terbesar, dengan hasil perhitungannya yang akan memberi dampak sebesar 15% terhadap Fear and Greed Index.

Faktor perhitungan ini menganalisis interaksi terkait kata kunci dan tagar atau hashtag yang berhubungan dengan koin atau token yang dianalisis.

Semakin banyak interaksi dan tagar yang dipublikasi di media sosial terkait koin atau token tersebut, maka angka Fear and Greed index akan lebih besar.

Artinya semakin banyak yang membicarakan koin atau token tersebut, semakin serakah investor crypto tersebut, menurut Fear and Greed Index.

  • Google Trend

Selanjutnya adalah Google Trend yang memberikan dampak sebesar 10% terhadap hasil perhitungan dari Fear and Greed Index.

Perhitungan dalam faktor ini mengacu pada Google Trend. Semakin tinggi data dalam trend yang bersangkutan dengan crypto tersebut, maka umumnya semakin serakah investornya.

  • Dominasi Koin atau Token

Terakhir adalah dominasi kapitalisasi pasar crypto yang dianalisis yang memberikan dampak sebesar 10% terhadap perhitungan Fear and Greed Index.

Akibat saat ini crypto yang paling umum digunakan adalah Bitcoin, faktor ini menggunakan data dari Bitcoin Dominance.

Saat Bitcoin Dominance naik, Fear and Greed Index Bitcoin akan mendekati 100 akibat dana investor keluar dari Altcoins menuju Bitcoin.

Cara Menggunakan Fear and Greed Index

Sebelum menggunakan indeks ini dalam analisis, perlu diketahui cerminan indeks ini pada investor baru dan investor besar atau whale.

Saat indeks mendekati “Extreme Fear” atau angka 1, investor baru atau “investor” jangka pendek akan mulai panik dan khawatir.

Sehingga pada saat kondisi ini terjadi, umumnya mayoritas investor tersebut melakukan penjualan terhadap crypto yang dimiliki.

Sebaliknya, untuk investor besar atau whale yang investasi jangka panjang, saat indeks tersebut mendekati angka 1, umumnya mereka melakukan pembelian.

Asumsinya, saat angka indeks tersebut mendekati 1, mayoritas crypto dianggap murah oleh investor besar jangka panjang.

Hal ini juga kemungkinan besar didorong oleh besarnya tekanan jual dari investor panik.

Sehingga, investor besar mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi, karena mereka menjual saat harga naik atau saat indeks ini mendekati 100 dan membeli saat harga turun atau murah yaitu saat indeks ini mendekati angka 1.

Contoh Analisis

Asumsi ini dapat dibuktikan dengan data Bitcoin Liveliness yang mencerminkan pergerakan whale dan data Fear and Greed Index.

Data Bitcoin Liveliness 1 Januari 2022 – 6 Januari 2022
Data Fear and Greed Index Bitcoin 7 Januari 2021

Saat Bitcoin Liveliness bergerak turun, umumnya terdapat pertanda bahwa investor besar atau whale, yang angka transaksinya lebih dari $1 Juta, sedang melakukan pembelian.

Jika dilihat dari kedua data di atas, saat Bitcoin Liveliness bergerak turun, angka indeks tersebut juga sedang berada di angka yang rendah.

Jika melihat pada pergerakan tersebut, maka penggunaan indeks ini relatif mudah jika ingin mengikuti investor besar.

Saat indeks ini mendekati angka 1 ada baiknya investor melakukan pembelian karena sedang relatif murah.

Kemudian saat indeks ini mendekati angka 100 ada baiknya investor bersiap menjual jika memiliki target jangka pendek atau menengah, karena umumnya harga sedang naik tinggi.

Tapi perlu diingat bahwa analisis ini harus disandingkan dengan analisis lain untuk memastikan tidak ada FOMO dan selalu meneliti lebih dalam apa yang dilakukan dengan dana di pasar crypto.

Top exchange
Pintu
17 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

17 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar