Berita Bitcoin · 8 min read

Bitcoin dan Tether Legal Jadi Mata Uang Sah di Kota Lugano Swiss

Bitcoin dan Tether Legal Jadi Mata Uang Sah di Kota Lugano Swiss

Bitcoin dan Tether dilaporkan telah menjadi alat pembayaran yang sah di kota Lugano, Swiss. Usut punya usut, kota tersebut akan menjadi pusat crypto regional di masa depan.

Pengumuman ini dibuat oleh direktur kota Pietro Poretti dalam acara streaming langsung yang disebut “Lugano’s Plan ₿” pada 3 Maret kemarin. Tidak sendiri, sang direktur mendeklarasikannya bersama Walikota Lugano Michele Foletti dan Paolo Ardoino selaku CTO Tether.

Lugano sendiri merupakan sebuah kota dan munisipalitas di Swiss, bagian dari Distrik Lugano di kanton Ticino, memiliki populasi sekitar 62.000.

Inisiatif ini didukung oleh Tether Operations Limited, perusahaan di balik stablecoin terbesar di dunia. Selain Bitcoin dan Tether (USDT), token pembayaran poin LVGA juga akan diterima sebagai tender di kota.

Masa Depan Crypto di Kota Lugano

Mengikuti jejak El Salvador, kota Lugano di Swiss berencana untuk mengintegrasikan pembayaran crypto dan memungkinkan warga untuk membayar biaya layanan publik atau pajak dan biaya kuliah dengan Bitcoin.

“PDB El Salvador meningkat sebesar 10% dan pariwisatanya sebesar 30% setelah menyatakan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Bayangkan apa yang bisa kita lakukan di sebuah kota di pusat Eropa.” Tutur CTO dari Tether. 

Bagian dari rencana tersebut melibatkan pengembangan tempat fisik di jantung kota untuk berfungsi sebagai hub untuk startup crypto dan blockchain. Sementara nota Kesepahaman antara Lugano dan Tether mencakup sejumlah inisiatif selain hub blockchain.

Dana multi-juta Dollar juga akan disiapkan untuk membantu membiayai startup berbasis blockchain. Tether dikabarkan akan menyumbangkan keahlian dan dukungannya ke kota dengan fokus pada pendidikan sebagai dedikasinya.

Kolaborasi dengan universitas lokal dan lembaga penelitian juga telah disiapkan dan akan menghasilkan 500 beasiswa untuk waktu dekat, menurut pengumuman tersebut.

Baca Juga: El Salvador Tambah Muatan Hingga $500 Juta Bitcoin!

“Green Bitcoin Mining”

Selain mengesahkan mata uang Bitcoin, Swiss juga berfokus pada penggunaan sumber daya alam yang ramah lingkungan untuk menggerakkan operasi penambangan Bitcoin yang mereka sebut “Green Bitcoin Mining

Green Bitcoin Mining memungkinkan aset tersebut menjadi akselerator untuk pengembangan energi terbarukan. Michele Foletti selaku Walikota Lugano mengomentari teknologi inovatif tersebut dengan mengatakan,

“Kami sangat percaya pada teknologi ini, potensi untuk menskalakan teknologi. Sementara kolaborasi terintegrasi kami dengan Tether akan membangun kota yang lebih baik dan lebih terbuka, transparan, dan cerdas.”

Lugano telah mengembangkan ‘kota blockchain’ yang kompatibel dengan EVM yang disebut 3Achain, aplikasi MyLugano, token pembayaran Poin LVGA, dan Franc digital Lugano.

Sementara itu, harapan CTO Tether melalui kolaborasi ini adalah, “kami berharap Lugano menjadi model untuk adopsi global,” 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Rossetti Syarief

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.