El Salvador Beri Pinjaman Berbasis Bitcoin untuk Pebisnis Lokal

Naufal Muhammad

22nd January, 2022

Presiden El Salvador, Nayib Bukele, dikabarkan akan membuat negaranya memulai implementasi pinjaman kredit yang didasari oleh Bitcoin.

Langkah ini memperkuat kedudukan Negara El Salvador sebagai salah satu negara yang mendukung Bitcoin sebagai alat tukar.

El Salvador Beri Pinjaman Bitcoin

Melalui diskusi di Facebook berjudul “Bitcoin loans with lower interest rates” Monica Taher, penasihat pemerintah El Salvador, menyatakan satu rencana penting terkait Bitcoin.

Monica Taher menyatakan El Salvador akan membuat Bitcoin tersedia sebagai pinjaman kepada bisnis usaha kecil menengah lokal.

Dikabarkan juga bahwa pinjaman ini akan memiliki biaya bunga yang rendah untuk mempermudah permintaan. Ia menyatakan,

“Pinjaman kecil berbasis Bitcoin akan memberikan akses kepada pihak atau bisnis yang tidak diterima oleh bank agar bisa membangun nilai kreditnya di El Salvador. Perekonomian El Salvador akan lebih kuat melalui pertumbuhan bisnis kecil lokal.”

Diprediksi bahwa kemungkinan besar mekanisme pinjaman ini akan terikat dengan wallet blockchain El Chivo pemerintah El Salvador.

Wallet El Chivo adalah wallet khusus untuk mengakomodir seluruh transaksi Bitcoin dan Dolar Amerika yang ada di El Salvador.

Penggunanya yang meningkat menyatakan bahwa masyarakat El Salvador, secara keinginan atau terpaksa, akan menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi.

Kurang dari empat bulan sejak pengesahannya, Wallet El Chivo telah diadopsi oleh lebih dari 60% penduduk El Salvador.

Perlu diketahui juga bahwa saat ini dunia bisnis El Salvador masih didominasi oleh usaha kecil menengah.

Saat ini terdapat sekitar 1,2 Juta bisnis yang ada di El Salvador dan sekitar 66% adalah usaha kecil menengah.

Lebih dari 90% tersebut masih bergerak dengan modal sendiri atau menggunakan rentenir untuk pinjaman.

Hal tersebut disebabkan bisnis-bisnis tersebut dianggap tidak layak untuk diberi pinjaman oleh bank.

Pinjaman rentenir di negara tersebut juga relatif sadis dengan suku bunga yang mencapai 15% dengan batas waktu pembayaran yang singkat.

Oleh karena kondisi tersebut, langkah El Salvador untuk memberi pinjaman Bitcoin ini menjadi semakin masuk akal menurut banyak analisis.

Adakah Permintaan Terhadap Pinjaman Ini?

Beberapa pelaku pasar crypto menyatakan bahwa langkah El Salvador menyediakan jasa pinjaman Bitcoin adalah langkah yang tepat, dengan memberi beberapa bukti.

Pertama adalah Andrea Mara Gómez, seorang manajer di Acumen, salah satu proyek Decentralized Finance atau DeFi yang fokus untuk lending atau peminjaman crypto.

Ia menyatakan bahwa beberapa penggiat crypto di El Salvador telah terlihat menggunakan crypto di DeFi sebagai solusi permasalahan pendanaannya untuk menjauhi mahalnya bunga di bank.

Alessandro Cecere, manajer komunitas dari Ledn, perusahaan yang menciptakan kredit rumah berbasis Bitcoin pertama di dunia, juga menyatakan dukungan positifnya.

Selain itu ia juga memprediksi bahwa El Salvador akan melakukan hal yang sama seperti Ledn.

Terakhir adalah Paul Steiner, Kepala dari CONAMYPE, institusi nasional El Salvador terkait usaha kecil menengah yang juga telah memberikan seluruh data yang sebelumnya telah disebutkan.

Steiner menyatakan bahwa dirinya sangat terbuka untuk diskusi Berkelanjutan mengenai adopsi crypto terutama Bitcoin di dunia bisnis El Salvador.

Tujuan utamanya adalah untuk membantu pertumbuhan ekosistem bisnis di El Salvador, terutama untuk bisnis usaha kecil menengah.

Nayib Bukele, Presiden El Salvador juga menyatakan bahwa langkah ini adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan adopsi Bitcoin di negaranya.

Ia juga memprediksi bahwa akan ada setidaknya dua negara lagi yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran resmi.

Kemungkinan besar prediksi tersebut akan ia wujudkan secara pribadi akibat rencananya untuk bertemu dengan beberapa pemimpin negara.

Buktinya, ia baru saja bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan terkait rencana adopsi Bitcoin sebagai solusi inflasi di negaranya.

Diskusi ini diprediksi akan membahas mengenai regulasi crypto di Turki, melihat saat ini Presiden Erdogan mulai terbuka terhadap adopsi crypto.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.