El Salvador Tambah Muatan Hingga $500 Juta Bitcoin!

Rossetti Syarief

22nd November, 2021

El Salvador akan menjadi negara pertama yang mengeluarkan surat utang pemerintah atau obligasi, namanya adalah Bitcoin Bond. Dengan surat itu, para peminjam Bitcoin Bond bisa membayar dengan Bitcoin dan nantinya dana tersebut akan diputar kembali untuk membeli Bitcoin oleh negara.

Samson Mow dari Blockstream, studio pengembang Bitcoin, mengatakan jika penawaran tersebut akan berada di Liquid Network, sebuah sidechain Bitcoin yang sebelumnya dioperasikan oleh Blockstream. 

“Hari ini, presiden El Salvador dan saya telah mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan ‘Bitcoin Bond’ Amerika Serikat senilai $1 miliar di Liquid Network.” Ungkap Mow.

Penggalangan $1 miliar tersebut nantinya akan dibagi antara alokasi Bitcoin sebesar $500 juta, dan sisa $500 juta lainnya untuk membangun energi dan infrastruktur penambangan Bitcoin di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Mow menegaskan jika Bitcoin Bond akan memiliki dividen khusus yang dibagikan setiap tahun yang dihasilkan oleh likuidasi.

El Salvador Merencanakan Kota Bitcoin

El Salvador menggandakan komitmennya terhadap Bitcoin.

Melalui cuitannya di Twitter, Presiden Nayib Bukele mengumumkan bahwa Amerika Tengah, yang memperkenalkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada bulan September lalu, akan membangun kota yang didedikasikan untuk Bitcoin.

Bitcoin City” akan memiliki area perumahan dan komersial, restoran, bahkan alun-alun sendiri, kata Bukele. 

Sang presiden juga menegaskan bahwa penduduk tidak akan dikenakan pajak penghasilan, pajak properti, pajak capital gain, atau pajak gaji, meskipun mereka akan diminta untuk membayar pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% untuk mendanai konstruksi dan jasa.

Proyek ini awalnya akan didanai oleh $1 miliar dalam bentuk obligasi Bitcoin, Bukele mengumumkan pada acara tersebut. Namun sang presiden akhirnya sepakat untuk membagi dua dana $1 miliar tersebut.

Dengan $500 juta akan digunakan untuk membangun infrastruktur energi dan pertambangan, dan $500 juta lainnya akan dimuatkan dalam investasi Bitcoin. 

Niat awal tersebut berubah, karena presiden percaya, menimbun Bitcoin di masa kini akan menguntungkan di masa depan.

Seperti yang diungkap sebelumnya, obligasi tersebut akan dikembangkan oleh Blockstream di Liquid Network yang membantu menskalakan jaringan dengan memfasilitasi pembayaran yang lebih cepat daripada base chain.

Rincian Rencana Bitcoin City

Menurut siaran pers Blockstream, Bitfinex juga akan terlibat dalam proyek tersebut, meluncurkan platform sekuritas untuk menampung obligasi Bitcoin.

Nantinya, Bitcoin City akan memiliki pendidikan berteknologi digital, energi panas bumi yang dirancang untuk seluruh kota, serta transportasi umum yang lebih efisien.

Bitcoin City dikabarkan akan berlokasi di dekat gunung berapi Conchagua, dan Bukele mengatakan pemerintah akan membangun pembangkit listrik di dekatnya untuk menyediakan energi bagi kota dan menambang Bitcoin. 

El Salvador mulai menggunakan gunung berapinya untuk menambang Bitcoin segera setelah aset tersebut diperkenalkan sebagai mata uang resmi.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa klik video di bawah ini.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik

Rossetti memiliki minat menulis dalam berbagai sisi. Seperti menulis jurnal, artikel edukasi, artikel pemasaran, dan juga berita harian. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi terutama investasi dan cryptocurrency agar bisa menulis dari sudut pandang tersebut dengan baik