Berita Altcoins · 5 min read

Bitcoin, Solana, Sampai Luna Mulai Tahun Baru dengan Negatif

Bitcoin, Solana Sampai Luna Mulai Tahun Baru dengan Negatif

Memulai tahun baru, crypto menunjukkan pergerakan negatif. Bitcoin sempat jatuh di bawah $41.000, dari angka itu Bitcoin hampir kehilangan 30-40% dari harga tertingginya sepanjang masa tahun lalu.

Penurunan Bitcoin ini bukan tanpa alasan, Kazakhstan yang mematikan jaringan membuat mining Bitcoin di negara tersebut terhambat dan membuat hashrate Bitcoin turun.

Negara itu merupakan salah satu negara yang dituju miner yang harus pindah dari China, karena Negara Tirai Bambu itu menindak keras penambangan crypto. 

Selanjutnya adalah The Fed atau Bank Sentral Amerika yang akan menaikkan suku bunga untuk menekan inflasi yang membuat aset berisiko seperti kripto ikut tertekan, karena dengan naiknya suku bunga maka dollar AS akan menguat dan kripto sebaliknya.

Altcoin Ikut Tertekan, Luna dan Solana Paling Parah

Mengikuti raja aset kripto itu, altcoin pun ikut merosot. Ethereum turun 19% dari minggu lalu dan diperdagangkan pada $3,030, meskipun penjualan NFT melonjak lagi untuk memulai tahun baru.

Pada hari Rabu, tim analis di bank investasi JP Morgan menyatakan bahwa Ethereum dapat menghadapi kesulitan kompetitif dari blockchain saingan seperti Avalanche, Solana dan Terra dalam waktu dekat.

Ragam proyek tersebut menyediakan layanan yang lebih terukur dan biaya gas yang lebih rendah daripada Ethereum. Pengembang Ethereum menanggapi, mengatakan kritik itu dilebih-lebihkan.

Pada hari yang sama, sebuah laporan oleh perusahaan investasi crypto Electric Capital menyimpulkan bahwa Polkadot, Avalanche, Solana, dan Terra semuanya memiliki pertumbuhan awal yang lebih cepat daripada Ethereum,

Solana, Avalanche, dan LUNA Terra masing-masing mengalami kerugian 20%. Solana turun 23% dalam seminggu dan saat ini diperdagangkan di sekitaran angka $134,50.

AVAXdan LUNA masing-masing turun 29% menjadi $80,27 dan $63,69. Namun di antara penurunan crypto yang seragam ini, ada satu aset di peringkat 20 besar market crypto yang bergerak berbeda, ia adalah Chainlink yang berhasil naik 20%, saat ini Link diperdagangkan di angka $26.96

Melihat market di awal tahun memang nampak suram dan negatif, namun optimisme dalam crypto masih terus ada mengingat tingkat adopsinya yang semakin baik.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.