Biaya Gas Ethereum Masuk Titik Terendah, Bagaimana Harga ETH?

Rossetti Syarief

16th March, 2022

Biaya gas Ethereum sempat naik ke level tertingginya pada 2021. Pertumbuhan ruang keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan token non-fungible (NFT) yang mencatat kenaikan aktivitas secara signifikan adalah pendorong terbesarnya.

Namun mendekati berakhirnya kuartal 1 di 2022 ini, biaya gas pada Ethereum terus menurun secara berkala, bahkan mencapai titik terendahnya selama 8 bulan. Hal ini mendapat pengaruh dari aktivitas pada blockchain yang juga relatif sepi. 

Lantas, apakah harga ETH terpengaruhi? Simak artikel di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Biaya Gas Ethereum Masuk Titik Terendah

Momentum koreksi pada pasar crypto yang mempengaruhi tren bullish untuk Ethereum telah mendorong biaya gas pada blockchain menurun selama beberapa bulan terakhir.

Ditambah lagi, aktivitas trading Ethereum dengan pesaingnya seperti Solana dan Terra mencatat volume yang seimbang, sehingga ketegangan meningkat.

Puncaknya ada pada Mei 2021, dimana biaya Ethereum sempat melonjak setinggi $300 per transaksi. Di periode tersebut lah bull run sedang mengejar harga, namun tak lama harganya jatuh kembali ke level biaya $30 per transaksi.

Dengan kenaikan harga per transaksi yang mengikuti peningkatan aktivitas di jaringan, jumlah ini melonjak lagi, kali ini mencapai level $200. Setelah level itu, tren turun secara konsisten berlangsung. 

Pada bulan Januari 2022, kenaikan biaya transaksi terbukti berumur pendek karena yang terjadi selanjutnya adalah penurunan biaya.

Dua bulan kemudian, biaya transaksi Ethereum turun ke level terendah dalam delapan bulan, yang sekarang berada di rentan $35,17.

Baca Juga: Ethereum Dominance Turun 3% dalam 24 Jam, Bagaimana Harga ETH?

Bagaimana dengan Harga Ethereum

Pada saat penulisan, harga Ethereum sebenarnya telah memasuki level pemulihan, meski tren yang berlangsung cukup lemah dan sepertinya tidak akan bertahan lama.

Aset digital peringkat dua tersebut tengah berjuang untuk meninggalkan level $2.500, yang sebelumnya hampir menjebaknya.

Sementara mempertahankan Ethereum pada level ini, berarti menjamin harganya untuk tidak bergerak di atas MA 50-hari yang dapat menjadi bencana bagi nilai aset.

Pergerakan Harga ETH pulih di atas $2.600

Pada saat penulisan, Ethereum naik 5% dan menetapkan harga $2.635 yang sepertinya akan menguji ulang titik resistance $2.600.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.