Analisis · 8 min read

5 Aset Kripto Potensial Layak Diperhatikan Juli 2024

aset kripto pilihan Juli 2024

Juli 2024 telah tiba, dan dunia kripto masih akan menawarkan peluang menarik. Dalam artikel ini, Coinvestasi akan membahas lima aset kripto yang layak diperhatikan. Pemilihan aset kripto didasarkan pada analisis dan tren pasar terbaru.

Blast (BLAST)

Blast adalah proyek layer-2 Ethereum yang baru meluncurkan token pada 26 Juni 2024. Token BLAST telah berhasil listing di berbagai exchange kripto seperti Coinbase, Bybit, KuCoin dan Gate.io, namun belum di-listing di Binance.

Belum listing di Binance dapat diartikan sebagai potensi peluang kenaikan harga tiba-tiba jika token tersebut terdaftar di Binance. Di sisi lain, setelah listing, perlu diwaspadai pula tren penurunan karena tekanan jual dari penerima airdrop Blast.

kripto blast
Gambar: Grafik harga BLAST.

Blast diketahui telah memulai program airdrop lanjutan yang akan diberikan pada 2025, sebanyak 10 miliar token BLAST. Dengan hadirnya token BLAST, maka mereka dapat mengutilisasi token BLAST untuk melakukan farming airdrop, sehingga kemungkinan menaikan permintaan.

Baca juga: Token Blast Resmi Lakukan Airdrop, Harga Token Langsung Reli!

LayerZero (ZRO)

LayerZero adalah sebuah protokol pesan cross-chain yang baru saja merilis token governance ZRO, sekaligus airdrop pada 20 Juni 2024. Harga awal peluncuran token terbilang lebih rendah di bawah ekspektasi, yakni dibuka di kisaran harga US$3,5 dengan kapitalisasi terdilusi penuh (FDV) sebesar US$3,5 miliar.

kripto zro
Gambar: Detail tokenomics ZRO. Sumber: Token Unlocks.

Sebelumnya, LayerZero meraih pendanaan sebesar US$120 juta pada valuasi US$3 miliar. Melihat kondisi harga ZRO dengan FDV US$3,5 miliar, investor awal proyek ini masih mendapatkan keuntungan tipis. Melihat hal tersebut, investor bisa jadi akan menahan token mereka lebih lama sambil menanti perkembangan harga ZRO.

Perkembangan harga ZRO pun masih terbuka lebar mengingat tidak ada jadwal unlock token selama setahun yang membuat tekanan jual dari inflasi token minim terjadi.

Baca juga: Token LayerZero (ZRO) Resmi Meluncur, Arbitrum Ketiban Untung!

Bittensor (TAO)

Bittensor (TAO) adalah proyek blockchain yang bertujuan untuk menciptakan jaringan desentralisasi untuk kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan berbagai model AI untuk berinteraksi, berkontribusi, dan menerima imbalan dalam bentuk token TAO.

kripto tao
Gambar: Grafik harga TAO.

Puncak dari harga TAO terjadi saat pengumuman listing Binance dengan harganya yang berada di kisaran US$790. Namun per artikel ini dibuat (2/7/24), TAO diperdagangkan pada harga US$269, atau telah mengalami penurunan -66% dari harga tertingginya.

Melihat penurunan yang sudah signifikan, maka TAO memiliki peluang untuk mengalami rebound. Ditambah lagi, Artificial Superintelligence Alliance (ASI) akan segera dirilis pada Juli 2024, yang mungkin akan membawa narasi AI bangkit.

Baca juga: Merger Aliansi Token AI Ditunda Hingga Juli 2024

Lido (LDO)

Dengan persetujuan ETF Ethereum yang diharapkan pada Juli 2024, token Lido (LDO) berpotensi mengalami peningkatan. Lido, sebagai protokol liquid staking, memungkinkan pengguna untuk melakukan staking Ethereum dan menerima stETH sebagai imbalannya, yang dapat diperdagangkan atau digunakan dalam protokol DeFi.

Persetujuan ETF Ethereum akan meningkatkan minat institusional dan ritel pada Ethereum, yang pada gilirannya dapat meningkatkan permintaan untuk layanan staking Lido. Dengan lebih banyak ETH yang di-stake melalui Lido, likuiditas dan utilitas stETH akan meningkat, mendorong harga LDO naik karena peran vitalnya dalam ekosistem staking Ethereum.

kripto ldo
Gambar: Grafik harga LDO.

Berdasarkan pergerakan harganya, LDO diperdagangkan pada kisaran harga US$2, atau telah mengalami penurunan -50% dari harga tertinggi tahun ini di kisaran US$4. Penurunan harga ini kemungkinan besar mengindikasikan area beli yang bagus.

Baca juga: Investor Gugat Lido DAO, Distribusi Token Tidak Adil

ZKsync (ZK)

ZKsync adalah proyek layer-2 Ethereum dengan teknologi ZK rollup, yang telah mendistribusikan airdrop token governance ZK pada 17 Juni 2024 lalu. Meskipun dalam proses distribusi airdrop, banyak kritik yang diterima akibat distribusi yang dianggap tidak adil, namun secara fungsionalitas proyek ZKsync memiliki potensi yang bagus.

kripto zk
Gambar: Perbandingan dengan pergerakan harga SEI dan SUI.

Dengan perbandingan proyek kripto yang sempat mendapatkan banyak kritik perihal distribusi token seperti SEI dan SUI, terdapat satu periode dimana pergerakan harga token justru mengalami reli, atau komunitas kripto sering menyebutnya sebagai hated rally.

Baca juga: ZKsync Kenalkan ZK Nation, Tata Kelola Baru Berbasis Komunitas

Artikel ini hanya berupa informasi dan bukan saran untuk investasi. Seluruh keputusan ada di tangan pembaca dengan mengetahui risiko dan keuntungannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.