Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Blockchain · 7 min read

ZKsync Kenalkan ZK Nation, Tata Kelola Baru Berbasis Komunitas

ZKsync, jaringan layer-2 Ethereum yang dikembangkan oleh Matter Labs, baru saja meluncurkan sistem tata kelola berbasis komunitas yang dinamakan ZK Nation.

Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan tata kelola, keamanan, dan skalabilitas protokol ZKsync melalui partisipasi aktif komunitas.

Dalam pengumumannya, ZKsync menyatakan bahwa sistem tata kelola ini akan memberdayakan komunitas ZK Nation untuk mendorong pengembangan protokol ZKsync yang berkelanjutan. Pemegang token protokol akan memiliki kemampuan untuk mengajukan proposal dan memberikan suara pada peningkatan protokol serta perubahan parameter jaringan.

Baca juga: ZKsync Sukses Adakan Pertemuan Komunitas Pertama di Indonesia

Terdiri dari Tiga Divisi Utama

Sistem tata kelola ZKsync mencakup tiga divisi yang bertanggung jawab atas semua aktivitas terkait jaringan, termasuk Token Assembly, Guardian, dan Security Council. Ketiga divisi ini akan berinteraksi dengan smart contract zkSync serta saluran koordinasi seperti delegasi awal ZKsync dan portal pemungutan suara di Tally.

Token Assembly mencakup pemegang token yang mendelegasikan hak suara mereka. Divisi ini bertugas mengusulkan, mempertimbangkan, dan membuat inisiatif yang mengatur protokol zkSync, token, dan sistem tata kelola.

Adapun ZKsync Guardian bertindak sebagai pelindung nilai-nilai ZK Credo dengan menggunakan hak veto atau menyetujui tindakan darurat terkait jaringan zkSync. Pada awalnya, minimal lima orang akan berpartisipasi sebagai zkSync Guardian.

Sementara itu, ZKsync Security Council memberikan tinjauan teknis untuk peningkatan protokol yang disetujui oleh Token Assembly. Mereka memiliki wewenang untuk membekukan protokol ZKsync atau bagian dari protokol tersebut sebagai respons terhadap ancaman keamanan yang mendesak.

Mereka juga bertugas mengirimkan peningkatan protokol yang sensitif terhadap waktu yang diperlukan. Security Council terdiri dari sekelompok engineer, auditor, dan profesional keamanan siber yang dianggap terampil.

Matter Labs dan ZKsync melihat pengenalan ZK Nation sebagai langkah untuk mempertahankan desentralisasi yang kuat dan memastikan ketahanan protokol di masa mendatang.

Baca juga: Gemholic di ZkSync Diduga Lakukan Rug Pull dengan ETH Senilai US$3,5 Juta

Rencana Peluncuran Token

ZKsync Era mulai dirilis di mainnet pada Maret 2023. Sejak peluncurannya, pengguna protokol zkSync telah membuat lebih dari 6 juta alamat wallet, dan protokol ini telah memvalidasi lebih dari 350 juta transaksi dengan biaya yang rendah di antara layer-2 lainnya.

ZKsync telah mengumumkan niatnya untuk melakukan Token Generation Event (TGE) dan akan segera melakukan airdrop yang direncakan pada Juni ini seiring dengan peningkatan protokol v24. Nantinya, token zkSync akan memiliki total pasokan sebesar 21 miliar token.

Baca juga: ZkSync Segera Luncurkan Token Generation Event

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dilla Fauziyah

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.