Berita Altcoins · 7 min read

Investor Gugat Lido DAO, Distribusi Token Tidak Adil

lido

Seorang penduduk Solano County yang sekaligus investor Lido, Andrew Samuels, telah mengajukan gugatan terkait potensi pengelolaan dan distribusi yang tidak adil dari token Lido.

Lido DAO Digugat Perihal Distribusi Token LDO

Gugatan yang dilayangkan pada Minggu (17/12/23), menyatakan bahwa token LDO efektif merupakan sekuritas yang tidak terdaftar, sehingga membuat Lido DAO, bersama dengan beberapa venture capital dan manajemen investasi, bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh para penggugat akibat penurunan nilai token.

Gambar: Gugatan terhadap Lido DAO

Dalam gugatan tersebut, Samuels juga menekankan bahwa “Mayoritas signifikan, sekitar 64% dari token LDO berada di tangan beberapa anggota pendiri dan investor tahap awal. Entitas tersebut termasuk perusahaan modal ventura terkemuka seperti Paradigm, AH Capital Management, Dragonfly Digital Management, dan Robert Ventures.”

Pemusatan kepemilikan token ini, menurut Samuels telah merendahkan pengaruh investor reguler pada proses pengelolaan dan pengambilan keputusan dalam ekosistem.

Cerita dalam gugatan ini mendalami asal-usul Lido DAO, yang awalnya muncul sebagai kemitraan umum yang terdiri dari investor institusional. Seiring waktu, organisasi tersebut beralih strategi untuk menawarkan apa yang disebut sebagai exit potential bagi para investor ini.

Perubahan tersebut mengarah pada penjualan publik token LDO, difasilitasi oleh listing di exchange kripto terpusat. Diklaim bahwa langkah ini menarik investasi dari berbagai investor, termasuk penggugat, namun kemudian menyebabkan penurunan nilai pasar token yang mengakibatkan kerugian substansial bagi para investor tersebut.

Gugatan tersebut juga menyatakan bahwa token LDO mungkin memenuhi syarat sebagai sekuritas karena dikelola oleh kelompok pusat dan bahwa investor membelinya dengan harapan keuntungan, yang dipengaruhi terutama oleh tindakan dan keputusan kelompok pusat tersebut.


lido chart
Gambar: Grafik harga LDO

Sejak gugatan muncul, harga LDO sempat mengalami penurunan -7,5% dari US$2,136 ke US$1,976. Namun penurunan ini tak berlangsung lama, harga LDO telah naik +8,11% dan diperdagangkan pada harga US$2,135 per artikel ini ditulis (19/12/23). Harga LDO telah mengalami penurunan -81,3% dari harga tertinggi sepanjang masa di US$11 berdasarkan data Coinmarketcap.

Baca juga: Lido Finance Kena Slashing Lagi, ETH Senilai US$30 Ribu Disita

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.