April Telah Tiba! Berikut 5 Crypto Potensial untuk Awal Bulan

Naufal Muhammad

5th April, 2021

Saat ini pasar crypto nampaknya sudah mulai bergerak normal setelah masa koreksi pada Bulan Maret lalu.

Dengan mulai normalnya kembali pasar crypto dan sejarah April yang positif untuk crypto, korelasi negatif Bitcoin dan Altcoins terlihat mulai muncul.

Hal tersebut terlihat dari Bitcoin yang mengalami koreksi kecil bersama dengan stagnasi yang terjadi bersamaan dengan naiknya beberapa altcoins.

5 Crypto Potensial Awal Bulan April

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas lima altcoins yang berpotensi menjadi alternatif untuk menghasilkan keuntungan awal bulan ini.

1. Polkadot (DOT)

Polkadot menjadi salah satu crypto yang mendapatkan sentimen positif dari sisi sosial, akibat banyaknya berita baik dari sisi internal.

DOT menjadi crypto yang sedang diperbincangkan oleh mayoritas pasar sebagai salah satu crypto yang berpotensi naik secara signifikan di Bulan April.

Saat ini salah satu sentimen positif yang ada di sekitar DOT adalah perkembangan Parachain yang terus membaik bersama Kusama.

Pengembangan sistem untuk memastikan semua berjalan lancar pada Parachain Polkadot dianggap sebagai sentimen positif oleh pasar.

Selain itu, ekosistem Polkadot juga telah memiliki beberapa proyek baru di luar Acala Network seperti Enjin, Plasma Network, Edgeware, Moonbeam, dan yang terbaru, Chainlink.

Saat ini, Oracle dari Chainlink sudah resmi meluncur di ekosistem Polkadot sehingga memperlancar seluruh proyek untuk berjalan di Parachain.

Baca juga: Enjin Luncurkan Blockchain Khusus NFT, Dibangun di Polkadot

Selain itu, Acala Network, salah satu proyek utama di Parachain Polkadot, baru saja mendapat pendanaan dari Coinbase Ventures.

Hal tersebut memberikan sentimen positif untuk ekosistem Polkadot yang berpotensi memberikan dorongan untuk harganya naik.

Sisi teknikal saat ini juga terlihat mendukung akibat pergerakannya yang masih terlihat positif sejak pekan lalu.

Grafik Harian DOTUSD

DOT baru saja keluar dari zona apresiasi kemarin untuk naik lebih tinggi walau saat ini terlihat menguji kembali zona apresiasi sebelumnya.

Ke depannya kemungkinan batas bawah pada $42,3 akan terjaga yang akan membuka jalan untuk apresiasi hingga sekitar $47 pada pekan ini.

Namun, jika batas bawah pada $42,3 berhasil ditembus, kemungkinan potensi apresiasi menjadi lebih kecil dalam pekan ini.

2. Ripple (XRP)

XRP juga masih menjadi salah satu crypto yang masih terlihat positif akibat kabar mengenai sidangnya yang masih terlihat positif.

Saat ini Ripple mendapatkan persetujuan bahwa para investor dan juga pemilik token XRP diperbolehkan untuk memberikan testimoni.

Testimoni tersebut adalah pernyataan bahwa Ripple tidak bersalah dan tidak melakukan penipuan dan pelanggaran apa pun.

Mayoritas bursa juga terlihat akan mendaftarkan XRP kembali untuk diperdagangkan akibat pernyataan pengacara Securities and Exchange Commission (SEC).

Baca juga: Masih Menghadapi Ketidakpastian, XRP Tetap Naik 130% di 2021

Pernyataan tersebut adalah bahwa tidak seluruh pihak yang memperdagangkan XRP dianggap ilegal, hanya pihak Ripple dan yang terikat dengan Ripple.

Selain itu, SEC nampaknya dihalangi oleh hakim untuk meminta dokumen pribadi beberapa petinggi Ripple akibat dianggap tidak relevan dan tidak etis.

Sehingga, kemungkinan SEC mulai kewalahan akibat kehabisan senjata untuk menyatakan bahwa Ripple salah, yang membuat apresiasi terus berlanjut.

Dari sisi teknikal, saat ini XRP mengalami apresiasi yang cukup signifikan hingga membawanya mulai keluar dari zona apresiasi saat ini.

Grafik Harian XRPUSD

Kemungkinan besar koreksi akan terjadi sebelum apresiasi berlanjut menuju batas bawah pada $0,67 hingga $0,63.

Namun, jika batas bawah tersebut berhasil dilalui, potensi apresiasi akan semakin mengecil dan XRP dapat bergerak turun dalam pekan ini.

Tapi jika berhasil naik lebih tinggi, target berikutnya kemungkinan berada di $0,72 hingga $0,75 pada pekan ini.

Apresiasi tersebut membuka jalan menuju harga tertinggi sebelumnya di sekitar $0,80.

3. Uniswap (UNI)

UNI menjadi crypto yang juga tergolong potensial akibat pergerakannya yang masih terlihat positif walau terjebak dalam pola segitiga simetris.

Namun, melihat sentimen positif di sekitarnya, kemungkinan besar UNI akan mengalami apresiasi yang cukup signifikan, terutama di awal April ini.

Salah satu sentimen positif datang dari Protokol V3 yang terlihat semakin dekat untuk peluncuran implementasi resminya.

Baca juga: Mengenal UniLayer Platform Trading Desentralisasi di Uniswap

Mengingat saat ini Uniswap menjadi bursa terdesentralisasi utama di Sektor Decentralized Finance (DeFi), antisipasi pembaruan ini menjadi perhatian.

UNI juga mendapatkan dorongan positif dari influencer seperti Coin Berau yang menyatakan bahwa harganya dapat naik di bulan ini.

Sehingga mengingat kuatnya sentimen sosial di sekitar UNI, terdapat potensi positif untuk harganya naik pada pekan ini.

Sisi teknikal terlihat masih berpotensial walau belum memberikan konfirmasi apresiasi akibat masih bergerak berkonsolidasi.

Grafik Harian UNIUSD

Saat ini batas pengaman berada pada $29,4 hingga $26,5 yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi ke depannya pada pekan ini.

Namun, jika berhasil naik dari batas bawah saat ini, kemungkinan besar pekan ini UNI dapat menuju $34 hingga $37 jika batas atas $31 berhasil dilewati.

4. Zilliqa (ZIL)

Zilliqa merupakan salah satu crypto yang nampaknya sedang mendapati sentimen positif secara sosial.

Hal tersebut terlihat dari mayoritas media sosial yang secara aktif membahas tentang ZIL akibat beberapa pencapaian barunya.

Saat ini ZIL telah mengalami peningkatan dalam jumlah nilai dana yang terkunci di jaringannya yang mencapai $200 Juta atau Rp2,9 Triliun.

Selain itu, saat ini ZIL telah diadopsi oleh beberapa bursa terdesentralisasi seperti PancakeSwap untuk melakukan staking.

Hal tersebut dapat memberikan dorongan positif akibat potensi keuntungan dari staking menggunakan ZIL.

Sentimen lain adalah pernyataan resmi Zilliqa mengenai adanya potensi kabar positif untuk ZIL yang sudah mendorong harganya naik saat ini.

Baca juga: Zilliqa Luncurkan Entitas Ekosistem Bisnis, Harganya Terbang

Kemungkinan besar kabar tersebut akan berkaitan dengan NFT yang fenomenanya telah berhasil mendorong beberapa token naik.

Grafik Harian ZILUSD

Sisi teknikal saat ini masih terlihat bergerak positif dengan harga yang masih berada dalam zona apresiasi sejak Februari 2021.

Saat ini ZIL sedang berusaha untuk melewati batas atas pada $0,223 namun sedang menguji batas pada $0,21.

Batas pengaman saat ini berada pada $0,20, yang jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi pekan ini.

Jika berhasil  naik kembali, kemungkinan besar target berikutnya akan mencapai $0,24 pada pekan ini hingga $0,30.

5. Tron (TRX)

Crypto terakhir yang berpotensi mengalami apresiasi adalah TRX akibat banyaknya sentimen positif di sekitarnya.

Saat ini CEO dan Pendiri dari Tron, Justin Sun, terlihat sedang fokus terhadap NFT.

Sehingga, mayoritas Token yang terlibat dengan Tron seperti BTT dan WIN juga naik bersama TRX.

Selain itu, saat ini terdapat pembaruan sistem dari Tron yang akan memperbesar adopsi inovasi di jaringannya.

Jumlah dana yang terkunci pada jaringan Tron juga telah naik hingga mencapai $6,4 Miliar atau Rp92,8 Triliun.

Baca juga: BitTorrent Dibeli Tron (TRX) Seharga $140 Juta!

TRX juga mendapatkan dorongan positif dari beberapa influencer termasuk Kaleo di Twitter, yang umumnya dapat berpengaruh terhadap harga token.

Dari sisi teknikal, saat ini TRX masih terlihat bergerak positif walau akan mengalami koreksi setelah menyentuh harga tertinggi barunya.

Grafik Harian TRXUSD

Kemungkinan koreksi akan menuju $0,12 hingga $0,11 sebelum bergerak naik menuju $0,15 hingga $0,20 pada pekan ini jika momentum bertahan.

Tapi jika batas bawah berhasil dilewati, kemungkinan besar potensi apresiasi dapat berkurang.

Namun fenomena di sekitar TRX masih terlihat mendukung sehingga potensi masih kuat.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.