Berita Regulasi · 6 min read

Pasar Crypto Bersiap Menuju 28 Juli 2021, Ada Dua Hal Penting

Pasar crypto nampaknya akan segera dihadapi oleh dua hal pada 28 Juli 2021 yang dapat membuat adanya pergerakan cukup signifikan.

Dua hal ini berpotensi menjadi pandangan jangka panjang untuk crypto terutama di Amerika akibat dua hal tersebut berasal dari sana.

Melihat Amerika yang sangat dominan di dunia crypto, nampaknya dua hal ini akan mempengaruhi pergerakan crypto secara global.

Regulasi Crypto SEC 28 Juli 2021

Beberapa pekan sebelumnya, salah satu Senator Amerika Serikat, Elizabeth Warren, memberikan Securities and Exchange Commission (SEC) sebuah tenggat waktu.

Tenggat waktu ini adalah untuk adanya regulasi terhadap pasar crypto yang menurut Senator Warren, “berbahaya untuk investor awam”.

Ia memberikan tenggat waktu kepada SEC untuk menciptakan pandangan dan regulasi yang tepat untuk pasar crypto.

Regulasi crypto tersebut diminta oleh Senator Warren untuk ada pada 28 Juli 2021, yang merupakan waktu cukup dekat.

Tujuan dari adanya regulasi ini adalah untuk menjaga investor akibat menurut Senator Warren, banyak perilaku yang dapat merugikan jika tidak diregulasi.

Selain itu Senator Warren merasa bahwa pasar crypto yang tidak diregulasi dapat mengganggu sistem keuangan saat ini yang bergerak secara aman.

Semua beban tersebut diberikan kepada Kepala SEC terbaru yaitu Gary Gensler, yang untungnya memiliki pengalaman di bidang blockchain.

Penentuan regulasi ini dapat menentukan pergerakan harga crypto di Amerika ke depannya, yang juga dapat berpengaruh pada inovasi di Amerika.

Banyak pihak yang berspekulasi bahwa kemungkinan besar regulasi akan tercipta dengan baik dan tidak akan menghambat pertumbuhan crypto.

Spekulasi ini didasarkan latar belakang Gary Gensler di bidang Blockchain yang merupakan mantan profesor di Massachusetts Institute of Technology.

Selain itu dengan adanya Hester Pierce yang terlihat terbuka pada crypto dan menjabat sebagai komisioner SEC, nampaknya regulasi masih mungkin bersifat mendukung.

Melihat juga pernyataan Hester Pierce dalam acara “The B Word” nampaknya crypto masih memiliki pendukung di SEC.

Sehingga dalam diskusi regulasi nampaknya masih akan ada pihak pembela yang dapat mendorong terciptanya regulasi yang baik dan adil.

Penentuan Suku Bunga Acuan Institusi

Selain kabar regulasi yang merupakan sorotan utama, nampaknya Bank Sentral Amerika juga akan menentukan suku bunga acuan untuk institusi.

Suku bunga acuan yang dimaksud adalah Federal Funds Rate yang berarti suku bunga antar institusi untuk kegiatan pinjaman antar satu sama lain dalam jangka waktu satu malam.

Penentuan tersebut akan dilakukan pada 28 Juli 2021 yang berpotensi mempengaruhi prespektif institusi dalam volume crypto, menurut pasar.

Jika di Indonesia suku bunga tersebut adalah versi baru dari Pasar Uang antar Bank jangka waktu satu malam (PUAB Overnight) atau IndONIA (Indonesia Overnight Index Average).

Diprediksi bahwa angka Federal Funds Rate akan tetap di bawah <0.25% untuk mendorong perputaran uang antar bakn agar tetap terjadi.

Perubahan suku bunga ini tidak akan berpengaruh secara signifikan, namun masih memiliki potensi untuk mempengaruhi pasar crypto.

Hal ini disebabkan adanya beberapa institusi yang memutarkan uangnya melalui suku bunga ini dan juga melalui aset berisiko seperti crypto.

Kegiatan ini dilakukan untuk mencari keuntungan walau tujuan utamanya adalah mencari likuidasi untuk bank yang meminjam.

Jika suku bunga naik ada kemungkinan volume institusi keuangan untuk mencari keuntungan ini dapat berkurang akibat lebih menarik di suku bunga tersebut.

Walau dampaknya kecil, kemungkinan kabar ini dapat mempengaruhi sentimen pasar terutama terhadap institusi.

Tapi secara keseluruhan fokus utama masih tertuju pada regulasi yang akan ditentukan oleh SEC akibat kemungkinan dapat mempengaruhi pergerakan crypto.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.