Alasan Kepala SEC Baru Berdampak Positif untuk Pasar Crypto

Naufal Muhammad

19th April, 2021

Presiden Amerika, Joe Biden, baru saja resmi menunjuk Gary Gensler, sebagai kepala baru untuk Securities and Exchange Comission atau SEC Amerika.

Kabar tersebut diprediksi akan memiliki pandangan positif untuk pasar crypto akibat Gensler yang relatif akrab dengan teknologi Blockchain.

Gary Gensler Menjabat Sebagai Kepala SEC

Amerika baru saja resmi melantai Kepala SEC baru yang bernama Gary Gensler, mantan kepala pada Komisi Perdagangan Kontrak Futures di Amerika.

Kabar ini dianggap positif akibat dapat menghilangkan narasi mengenai pemerintah yang terlihat memiliki pandangan negatif terhadap crypto secara menyeluruh.

Pandangan tersebut merupakan sebuah hal wajar mengingat blockchain dan crypto tumbuh sebagai hal baru dan terdesentralisasi serta dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Sehingga saat ini pemerintah masih terlihat memiliki persepsi yang belum pasti yang terlihat juga dengan belum adanya regulasi mengenai crypto.

Baca juga: Hester Peirce: SEC Uji Coba Regulasi DeFi

Namun, dengan adanya Gary Gensler, Kepala SEC terbaru yang dibantu dengan Hester Peirce sebagai Komisaris SEC, semuanya terlihat akan berubah.

Gary Gensler, yang sebelumnya juga menjabat sebagai Kepala Komisi Perdagangan Kontrak Futures di Amerika, sudah tidak asing dengan aset keuangan baru.

Gensler juga memiliki gelar tinggi dan menjadi Professor di salah satu universitas ternama di Amerika yaitu Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Yang membuatnya unik adalah, Gensler menjadi Professor di MIT untuk bidang yang mempelajari Blockchain.

Sehingga, teknologi baru pada pasar crypto ini bukan sebuah hal yang asing untuknya, mengingat pengetahuannya yang cukup handal.

Dampak Positif untuk Pasar Crypto

Oleh karena latar belakangnya, Gary Gensler diprediksi akan memiliki dampak yang positif untuk pasar crypto secara menyeluruh.

Selain itu, dengan bantuan dari Hester Peirce, yang dianggap sebagai “Ibu Segala Crypto” di Amerika akibat dukungannya, pemerintah kemungkinan akan mendorong pertumbuhan crypto.

Hal tersebut juga didasari dari pernyataan Hester Peirce yang sebelumnya menyatakan bahwa Amerika perlu membuat kerangka regulasi yang mendukung crypto.

Selain itu, ia juga menyatakan bahwa pemerintah tidak dapat melarang crypto karena mencoba melarang crypto sama seperti mencoba melarang internet. Ia menyatakan,

“Melarang crypto di Amerika sama seperti melarang penggunaan internet. Jika pemerintah melarang crypto, maka hal tersebut adalah perbuatan yang bodoh. Sekarang pemerintah perlu membuat kerangka regulasi crypto yang mendukung pertumbuhannya agar tidak tertinggal negara lain.”

Melihat dukungan anggota SEC baru ini, sentimen negatif dari anggota SEC sebelumnya nampaknya mulai hilang.

Walau sebelumnya SEC pada masa kepemimpinan Donald Trump lebih melarang crypto, dengan beberapa tuntutannya seperti kepada Ripple, sekarang semua terlihat akan berubah.

Baca juga: Ripple Masih Kuat di Persidangan! Mulai Membuat SEC Kewalahan

Dengan adanya Gary Gensler yang mahir dalam bidang ini, ke depannya crypto dapat tumbuh lebih baik di Amerika.

Namun semua baru akan terlihat setelah Gensler mulai bergerak, akibat ia baru menjabar kurang dari satu minggu sebagai Kepala SEC.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.