Berita Altcoins · 5 min read

Alokasi Meme Coin oleh Institusi Naik 300%, Ini yang Jadi Favorit!

debat memecoin

Investor institusional telah meningkatkan kepemilikan meme coin. Menurut laporan Bybit alokasi meme coin di portofolio institusi telah melonjak 300% dari US$63 juta pada awal tahun 2024 menjadi US$300 juta pada April 2024. 

Lonjakan minat institusional ini tidak hanya menunjukkan meningkatnya penerimaan meme coin sebagai aset investasi yang sah tetapi juga menandai diversifikasi portofolio dalam pasar mata uang kripto yang lebih luas. 

Gambar: Diagram alokasi meme coin di institusi. Sumber: Bybit.

Dogecoin (DOGE), Pepecoin (PEPE), dan Shiba Inu (SHIB) telah muncul sebagai penerima manfaat utama dari tren ini, disukai oleh investor karena likuiditasnya yang tinggi sehingga memfasilitasi transaksi besar tanpa berdampak signifikan pada harga pasar.

Kendati dibeli oleh institusi, pada Mei 2024 pasar meme mengalami penurunan, dengan investasi berkurang hampir setengahnya menjadi US$125 juta.

Penurunan ini sebagian besar disebabkan oleh aksi ambil untung (profit-taking) yang dilakukan institusi-institusi setelah mengalami kenaikan substansial di awal tahun.

Meskipun demikian, pertumbuhan kuartal pertama menunjukkan minat yang berkelanjutan terhadap koin meme di kalangan investor profesional.

Baca juga: Trader Untung Rp43 Miliar dari Investasi di Meme Coin MAGA

Meme Coin Paling Banyak Dibeli Institusi

Dalam laporan Bybit, BONK meme coin di jaringan Solana, telah menarik lebih dari US$75 juta dana institusional, menjadikan dirinya menonjol di antara meme coin lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa investor tidak hanya berfokus pada nama-nama mapan seperti DOGE dan SHIB tetapi juga bersedia bertaruh pada token yang lebih baru, sehingga menambah lapisan keragaman pada portofolio investasi mereka.

Laporan tersebut juga merinci pergeseran alokasi aset kripto lainnya di antara portofolio institusional. Meskipun kepemilikan stablecoin menurun dari US$1,7 miliar menjadi US$1,4 miliar, terdapat peningkatan investasi secara bersamaan pada Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan meme coin lainnya, yang mencerminkan penyesuaian strategis sebagai respons terhadap kondisi pasar yang terus berkembang.

Pada tanggal 1 Mei, Dogecoin memiliki kepemilikan koin meme terbesar di antara investor individu dan institusi, dengan institusi mengalokasikan proporsi investasi mereka yang lebih tinggi ke DOGE, yang mencerminkan preferensi terhadap likuiditas dan stabilitas yang dirasakan.

Kedua kelompok juga menunjukkan minat pada meme coin berbasis Ethereum seperti PEPE dan SHIB, meskipun dengan tingkat alokasi yang berbeda-beda.

Baca juga: Remaja Usia 13 Tahun Asal Indonesia Rilis Meme Coin

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.