Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Blockchain · 7 min read

Ada Potensi Airdrop ZkSync, Ini Cara Dapatnya!

Airdrop Zksync

ZkSync adalah layer-2 Ethereum dengan teknologi zero knowledge rollup yang baru-baru ini melucurkan mainnet publiknya bernama ‘Era’.

Setelah layer-2 lainnya, Arbitrum, meluncurkan tokennya dan memberikan airdrop kepada early user, banyak spekulasi tentang airdrop zkSync beredar, terutama di twitter.

Artikel ini akan membahas tentang potensi airdrop zkSync dan cara agar terkualifikasi untuk mendapatkan airdrop.

Potensi Airdrop zkSync

Pada 24 Maret 2023, zkSync meluncurkan mainnet Era yang dapat diakses secara publik. Perlu diketahui bahwa peluncuran mainnet zkSync belum disertai dengan token.

CEO Matter Labs, Alex Gluchowski, selaku pengembang zkSync menyatakan bahwa “belum memerlukan token untuk saat ini”. Ia juga menyebutkan “token akan diperlukan untuk mendesentralisasikan proyek”. Dari pernyataan ini, spekulasi bahwa zkSync akan memiliki token di masa depan bisa saja terjadi.

Jika melihat proyek layer-2 lainnya seperti Arbitrum, CEO Offchain Labs, Ed Felten, selaku pengembang Arbitrum juga sempat menyatakan “belum memerlukan token”. Namun, seperti yang terjadi, Arbitrum akhirnya melakukan transisi menjadi DAO dan memiliki token.

Jadi, dapat dikatakan bahwa ada potensi zkSync akan memberikan airdrop, akan tetapi syarat untuk memperoleh airdrop tidak ditentukan. Jika merujuk berdasarkan airdrop layer-2 sebelumnya seperti Optimism dan Arbitrum, terdapat beberapa kriteria yang harus di coba agar terkualifikasi sebagai penerima airdrop.

Baca juga: Protokol Layer-2 zkSync Luncurkan Mainnet Era

Kriteria untuk Dapat Airdrop

Adapun kriteria yang sering digunakan sebagai syarat penerima airdrop adalah sebagai berikut:

  1. Interaksi pada testnet/mainnet.
  2. Frekuensi transaksi pada testnet/mainnet.
  3. Volume transaksi pada mainnet.

zkSync sudah meluncurkan mainnet, besar peluang bahwa penerima airdrop akan dihitung berdasarkan interaksi, frekuensi, dan volume transaksi pada mainnet.

Baca juga: Arkham Berikan Airdrop, Pengguna Berhasil Raup Hingga Rp2 Miliar

Cara Dapat Airdrop

Berikut adalah cara dan langkah untuk berinteraksi dengan zkSync mainnet Era.

Menyiapkan Wallet dan RPC

Wallet yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan mainnet Era salah satunya adalah Metamask. Kamu perlu mengatur RPC dulu sebelum digunakan.

Mengatur RPC dapat dilakukan pada website Chainlist, kemudian pada bar pencarian, ketik ‘zkSync’. Setelah itu akan muncul konfigurasi RPC zkSync mainnet Era.

Gambar: Konfigurasi zkSync mainnet Era pada website Chainlist

Selanjutnya pilih ‘Connect Wallet’ dan pilih ‘Add to Metamask’ ketika wallet sudah terhubung.

Cara lainnya adalah menambahkan manual pada Metamask. Pilih bagian atas tampilan Metamask yang menunjukan network RPC, kemudian pilih ‘Add Network’.

Gambar: Tampilan menambahkan RPC baru pada Metamask

Kemudian akan muncul kolom dan isi dengan keterangan berikut:

  • Network Name: zkSync Era Mainnet
  • New RPC URL: https://mainnet.era.zksync.io
  • Chain ID: 324
  • Currency Symbol: ETH
  • Block Explorer URL: https://explorer.zksync.io/

Jika sudah maka klik ‘Save’.

Baca juga: Cara Memasang Metamask

Bridge Ethereum Menuju zkSync

Langkah selanjutnya setelah menyiapkan RPC adalah melakukan bridging ETH dari mainnet Ethereum menuju mainnet Era. Sebelumnya, pastikan memiliki ETH yang cukup untuk biaya gas fee.

Disarankan untuk menyiapkan paling sedikit 0,01 ETH atau Rp270 ribu karena tujuannya bukan hanya untuk bridge ETH, tetapi juga untuk mencoba dApps yang ada pada mainnet Era.

Untuk melakukan bridge ETH menuju zkSync, disarankan pertama kali untuk menggunakan bridge resmi dari zkSync. Seperti biasa, hubungkan Metamask yang sudah berisi ETH tadi. Setelahnya akan muncul tampilan bridge.

zksync
Gambar: bridge zkSync

Isikan jumlah ETH yang ingin di-bridge, kemudian klik ‘Deposit’. Setelah itu muncul pop-up konfirmasi pada Metamask dengan rincian gas fee, kemudian klik ‘Accept’.

Proses bridge sudah selesai dan tunggu hingga 5 menit atau bahkan lebih tergantung kesibukan jaringan.

Baca juga: Mengenal Bridge dalam Blockchain

Interaksi dengan dApps

Berikut adalah beberapa dApps yang bisa dicoba.

Syncswap

Syncswap adalah DEX pertama yang melakukan integrasi dengan mainnet Era. Interaksi yang dapat dilakukan adalah melakukan swap token. Langkah pertama adalah menuju website Syncswap dan hubungkan wallet seperti biasa.

zksync
Gambar: Tampilan menu swap pada Syncswap

Pilih aset kripto yang ingin diswap, contoh saja ETH dan USDC. Kemudian akan muncul tombol ‘Swap’ beserta estimasi gas fee. Selanjutnya klik ‘Swap’ dan muncul pop-up pada Metamask, kemudian klik ‘Accept’.

Lakukan swap secara berkala untuk meningkatkan frekuensi transaksi.

Orbiter Finance

Orbiter Finance adalah bridge yang menghubungkan antar layer-2 Ethereum. Setelah melakukan bridge pertama melalui bridge resmi zkSync, maka bridge selanjutnya dapat melalui Orbiter Finance. Bridge ETH menuju zkSync dengan Orbiter Finance lebih murah dan cepat.

Pertama menuju website Orbiter Finance, kemudian pilih mainnet yang akan dibridge. Lebih disarankan untuk melakukan bridge antara mainnet layer-2 lain menuju zkSync ketimbang dari mainnet ETH sebab gas fee yang lebih murah.

zksync
Gambar: Tampilan bridge Orbiter Finance

Minimum ETH yang di-bridge adalah 0,005 ETH atau Rp135 ribu belum termasuk gas fee.

Gas fee yang dibayarkan bervariasi antara Rp50 ribu – Rp100 ribu tergantung kesibukan jaringan. Disarankan untuk melakukan bridge dalam jumlah besar sekaligus untuk menghindari membayar gas fee berulang kali.

zkSync Name Service (ZNS)

ZNS adalah protokol domain atau name services pada mainnet zkSync. User dapat membuat domain layaknya hosting domain website dengan ekstensi .zk. Proyek ini mirip dengan Ethereum Name Service (ENS) pada mainnet Ethereum.

Hal yang bisa dilakukan pada protokol ini adalah membuat domain milik sendiri. Pertama menuju website ZNS dan hubungkan wallet seperti biasa.

Pada kolom pencarian, ketikkan nama domain yang ingin didaftarkan, misal coinvestasi.zk.

Gambar: Kolom pendaftaran domain pada ZNS

Kemudian tentukan masa berlaku domain pada ‘Registration Period’, selanjutnya untuk kebutuhan uji coba, cukup masukkan 1 tahun saja agar biaya yang dibayarkan lebih murah.

Harga 1 ZNS termurah adalah 0,0029 ETH ditambah dengan gas fee sebesar 0,001 ETH yang jika ditotal menjadi 0,0039 ETH atau Rp105 ribu, berdasarkan harga pada 30 Maret 2023.

Kemudian pada bagian paling bawah, klik ‘Request To Register with ETH’. Dengan demikian akun ZNS sudah jadi dan setiap dApps pada mainnet Era akan membaca wallet dan menampilkan UI dengan nama domain ZNS.

Donasi Github Via zkSync

Cara ini dapat ditempuh dengan memberikan donasi pada proyek open source apa pun, hanya saja ketika melakukan pembayaran gunakan jaringan zkSync.

Gambar: Tampilan menu donasi pada Github

ZkSync merupakan proyek layer-2 yang memiliki potensi airdrop karena sudah merilis mainnet namun belum memiliki token.

Perlu diingat bahwa tidak ada pernyataan resmi bahwa zkSync akan memberikan airdrop di masa mendatang, semua informasi yang beredar saat ini hanya bersifat spekulasi dan antisipasi jika nantinya zkSync ternyata memberikan airdrop di kemudian hari.

Airdrop yang bernilai tinggi biasanya akan datang pada waktu dan syarat yang tidak ditentukan sebelumnya, dan ketika airdrop diumumkan maka tidak ada cara lagi untuk berpartisipasi.

Baca juga: Top 10 Peluang Airdrop Kripto 2023

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.