Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Riset · 7 min read

Melihat Potensi Arbitrum Pasca Airdrop Token ARB

Airdrop Arbitrum

Klaim token Arbitrum (ARB) sudah dapat dilakukan pada 23 Maret 2023 pukul 20.00 WIB. User yang berhak mendapatkan airdrop ARB dapat memindahkan langsung ARB menuju exchange tepat setelah klaim.

ARB dilisting di berbagai exchange populer seperti Binance, KuCoin, Bybit, OKX, dan Huobi.

Website Arbitrum Foundation Down

Klaim airdrop token ARB dapat dilakukan pada website resmi Arbitrum Foundation mulai pada 23 Maret 2023 pukul 20.00 hingga 24 September 2023.

Walaupun periode klaim berlangsung lama, banyak orang yang ingin mendapatkan tokennya lebih awal dari yang lain karena spekulasi harga listing token baru yang biasanya tinggi.

Karenanya, website resmi diserbu oleh banyak user sekaligus menyebabkan website tidak dapat diakses. Hal ini banyak dikeluhkan oleh user yang tidak dapat melakukan klaim di waktu awal akibat website down.

Cara lainnya untuk mengklaim airdrop adalah melalui Arbiscan dan menuju kontrak ARB deployer. Hanya saja disaat bersamaan, website Arbiscan juga tidak dapat diakses.

Namun masalah website dapat ditangani pihak Arbitrum dan per 24 Maret 2023 dini hari, website sudah berjalan normal dan proses klaim dapat dilakukan.

Airdrop Sudah Diklaim 400 Ribu Lebih Alamat Wallet

Terdapat 625.143 alamat wallet yang berhak mendapatkan airdrop token ARB dengan total 1,162 miliar ARB.

Per 24 Maret 2023 pukul 10.00 WIB, terdapat 428.624 alamat wallet yang sudah melakukan klaim airdrop atau 68,56% dari total keseluruhan alamat wallet.

arbitrum airdrop
Gambar: Data jumlah wallet dan token ARB pasca klaim airdrop

Sirkulasi token ARB pasca klaim mencapai 814,149,750 ARB atau 70,05% dari total token airdrop.

Baca juga: Arbitrum Resmi Umumkan Airdrop, Distribusi Pekan Depan!

Harga ARB Sempat Di Atas US$10

ARB disambut oleh banyak exchange kripto dan dilisting tepat setelah klaim airdrop dimulai.

Bybit memulai perdagangan ARB/USDT dan ARB/USDC pada 23 Maret 2023 pukul 20.00 WIB. Pair trading ARB/USDC bahkan sempat berada pada harga US$14 – US$18 per ARB dan bertahan selama 5 menit.

harga arbitrum
Gambar: ARB/USDC pada Bybit

KuCoin juga membuka perdagangan ARB/USDT dengan harga tertinggi di US$11,64. Binance membuka perdagangan ARB/USDT lebih lambat dari dua exchange tadi dengan harga bukaan US$0,5.

Per 24 Maret 2023 pukul 11.00 WIB, ARB diperdagangkan pada harga US$1,4 dengan valuasi sebesar US$1,78 miliar dan menempati peringkat 34 pada Coinmarketcap.

Gambar: Harga dan valuasi ARB per 24 Maret 2023 pukul 11.00 WIB

Baca juga: Komunitas Ramai Jual Token ARB Arbitrum di Pasar OTC

Cuan Jutaan Rupiah Dari Airdrop

Berdasarkan dokumen Arbitrum Foundation, jumlah airdrop terkecil yang mungkin per wallet adalah 625 ARB dan yang terbesar adalah 10.250 ARB. Rentang nilai airdrop per artikel ini ditulis adalah US$875 – US$14.350 atau sekitar Rp13,3 juta – Rp218,2 juta.

Ini pun belum termasuk hitungan jika bisa menjual di harga yang lebih tinggi sesaat setelah klaim dimulai. Tercatat secara on-chain, seseorang menjual 800 ARB pada DEX Uniswap pada harga US$4,526 dan mendapatkan US$3.620,8 atau sekitar Rp55 juta.

Baca juga: Token CYBER Telah Terdaftar di Binance dan Tokocrypto

Prospek Arbitrum Kedepannya

Arbitrum merupakan layer-2 terbesar di Ethereum dengan total nilai terkunci (TVL) sebesar US$5,98 miliar atau 66,41% dari total keseluruhan TVL pada ekosistem layer-2 Ethereum.

Jika dihitung berdasarkan market cap to TVL ratio, maka angka rasionya adalah 0,298. Rasio di bawah 1 menunjukan bahwa harga ARB masih undervalued dengan harga wajar US$4,69. Angka tersebut diperoleh dengan membagi TVL US$5,98 miliar dengan sirkulasi token 1,275 miliar ARB.

Proyek yang dibangun di atas Arbitrum sudah banyak, terlihat dari jumlah DAO yang mendapatkan airdrop berjumlah 100 lebih. Hal ini menunjukan antusiasme proyek kripto untuk membangun di atas jaringan Arbitrum. Bahkan proyek kripto Arbitrum seperti GMX mampu melesat ke top 100 berdasarkan valuasi.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.