7 NFT Marketplace di Tezos Raih Peningkatan Transaksi Signifikan

Anisa Giovanny

9th February, 2022

Sebelumnya Tezos telah melakukan sosialisasi tentang Clean NFT, yakni mekanisme di mana pencetakan NFT yang ramah lingkungan dengan biaya gas yang murah yang di sediakan oleh marketplace NFT Tezos.

Nampaknya usaha Tezos membuahkan hasil, sebab dari sepuluh tempat jual beli NFT di Tezos yang dilacak DappRadar, tujuh dari sepuluh telah melihat peningkatan dalam hal pengguna aktif.

Baca juga: Apa Itu NFT Marketplace? Panduan untuk Pemula

Pada saat yang sama, tiga marketplace terkemuka telah melihat peningkatan yang cukup besar baik dalam dompet aktif yang terhubung dengan mereka maupun volume transaksi.

Pasar FX Hash telah mengalami kenaikan paling signifikan. Dompet aktif tumbuh lebih dari 14% minggu ini, mendekati angka 5.000.

Peringkat NFT Marketplace di Dappradar
Peringkat NFT Marketplace di Dappradar

Sementara itu, pasar NFT objkt.com menarik volume perdagangan paling banyak. Platform ini menarik lebih dari 10.000 dompet aktif yang menyelesaikan lebih dari 93.000 transaksi, menghasilkan volume $3,3 juta.

Transaksi NFT di OBJKT
Transaksi NFT di OBJKT

Walau alami peningkatan namun jumlah transaksi NFT di Tezos masih jauh dari pesaingnya yakni Ethereum.

Menurut laporan Industri Dapp Januari terbaru, volume perdagangan untuk NFT melampaui $16 miliar pada bulan Januari saja. Namun, banyak dari itu berasal dari perdagangan di LooksRare.

Baca juga: Daftar Top NFT Marketplace di Dunia

Meskipun demikian, pada bulan Januari saja, OpenSea masih mengumpulkan lebih dari $4,5 miliar dalam volume perdagangan.

Mengenal CleanNFT Tezos

CleanNFT dari Tezos mengenalkan bahwa mencetak NFT bisa dilakukan dengan hemat energi di blockchain Tezos yang menggunakan mekanisme Proof-of-Stake yang mengkonsumsi dua juta kali lebih sedikit energi daripada jaringan Proof-of-Work seperti Bitcoin atau Ethereum.

Jejak karbon rendah Tezos berarti pengembang dan pengguna dapat memprioritaskan inovasi tanpa mengorbankan keberlanjutan.

Properti Tezos yang mengubah diri memungkinkan jaringan untuk tetap berada di depan tren yang terus berkembang dalam ekosistem blockchain, seperti optimasi gas dan NFT.

Bukti lebih lanjut untuk mendukung kategori NFT yang berkembang di Tezos berasal dari Coin Metrics. Mereka mengamati peningkatan signifikan dalam aktivitas kontrak pintar di ekosistem Tezos selama setahun terakhir karena menjadi magnet bagi aktivitas NFT.

Menurut laporan State of the Network mereka, jumlah transaksi yang melibatkan kontrak pintar di Tezos telah melonjak selama 12 bulan. Mereka melihat lebih dari 50.000 sehari, dari kurang dari 10.000 sehari pada Januari 2021.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan Tezos didorong oleh platform NFT seperti platform seni generatif FX Hash.

Selain itu, raksasa game Ubisoft juga mengumumkan dukungan Tezos untuk NFT game pada Desember 2021. Dapatkan informasi terbaru tentang Tezos dengan bergabung di grup Tezos Indonesia.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency