5 Crypto Potensial Saat Pasar Turun

Naufal Muhammad

1st March, 2021

Beberapa hari terakhir, pasar crypto sedang menghadapi pergerakan koreksi yang cukup signifikan bersama jatuhnya Bitcoin.

Namun, pekan ini, Bitcoin terlihat kembali pulih walau relatif masih bergerak turun.

Tapi, di luar Bitcoin, terdapat lima crypto yang kemungkinan bergerak naik pekan ini bahkan melebihi Bitcoin.

1. Cardano (ADA)

ADA nampak menjadi satu crypto yang menjaga mayoritas portfolio investor crypto pada pekan lalu akibat apresiasinya yang signifikan.

Saat ini ADA terlihat mulai melemah akibat tingginya apresiasi pekan lalu.

Namun, ADA masih memiliki potensi mengingat adanya pembaharuan sistem hari ini, 1 Maret, 2021.

Hari ini, Cardano akan secara resmi mengimplementasikan pembaharuan Mary pada mainnetnya.

Baca juga: Kalahkan Litecoin di Pasar Futures, Harga Spot Cardano Ikut Naik

Sehingga, diprediksi bahwa kedepannya, kinerjanya dapat menandingi Ethereum dan Binance Smart Chain.

Dengan pembaharuan ini, Cardano menjadi terbuka terhadap poryek-proyek baru yang akan dibentuk pada blockchain barunya ini.

Sehingga, kemungkinan besar likuiditas dan volume ADA juga akan semakin meningkat akibat sentimen positif dari kabar ini.

Namun, sisi teknikal terlihat masih mengalami jeda untuk mendukung akibat tekanan jual dari pengambilan keuntungan yang masih terlihat saat ini.

Grafik 4 Jam ADAUSD

Tapi, kemungkinan jika kabar implementasi sudah disebarkan dan batas bawah masih terjaga di $1,24 ADA masih dapat naik kembali.

Jika naik, target selanjutnya berada di sekitar $1,5 hingga $1,6. Target jangka panjang berada di $2 hingga $2,4 yang berada di titik 161,8% Fibonacci.

Kemungkinan, jika naik, apresiasi akan kuat akibat naik dari daerah sekitar 78,6% dan 61,8% Fibonacci yang merupakan rasio emas.

2. Polkadot (DOT)

DOT juga nampaknya telah menjadi penjaga portfolio investor pada pekan lalu akibat pergerakannya yang tidak turun namun relatif stabil stagnan.

Pekan ini, kemungkinan DOT akan naik dengan banyaknya pembelian dari investor institusional melalui beberapa produk derivatifnya.

Baca juga: 21Shares Tambahkan ETP Polkadot Pertama di Dunia!

Grayscale juga menjadi salah satu perusahaan besar yang mulai mendalami DOT.

Hal ini disebabkan rencananya untuk menambah investasinya dan menciptakan beberapa produk investasi baru dengan aset DOT.

Selain itu, sentimen positif datang dari meningkatnya ketertarikan DOT di investor ritel akibat stabilitas harganya sebagai pengaman portfolio.

Sisi teknikal belum memperlihatkan pergerakan signifikan akibat masih awal pekan, namun ada potensi apresiasi untuk membentuk pola bullish pennant.

Grafik 4 Jam DOTUSD

Selain itu, saat ini harga berusaha menembus batas atas bersama pola triple bottom pada grafik 4 Jam bersama MA Cross yang berada di bawah harga.

Sehingga, pekan ini DOT dapat mencapai $34,6 hingga $36 jika batas atas pada $33,9 berhasil dilewati dan keluar dari pola symmetric triangle.

Saat ini batas pengaman DOT berada di $32,6 hingga $29,1 yang jika ditembus nampaknya dapat membuat DOT bergerak turun.

Target jangka panjang DOT kemungkinan besar berada di sekitar $67 yang berada di daearh 161,8% Fibonacci.

3. Binance Coin (BNB)

BNB menjadi salah satu crypto yang terlihat meredup pada pekan lalu setelah menjadi pusat perhatian beberapa pekan terakhir.

Namun, kemungkinan pekan ini BNB akan naik lebih tinggi karena dorongan sentimen positif di sekitar Binance Smart Chain.

Baca juga: Binance Coin (BNB) Geser Tether dalam Kapitalisasi Pasar Crypto

Hingga saat ini Changpeng Zhao juga masih terus mendorong BNB dengan pernyataan positif terutama dengan adanya potensi adopsi NFT.  

Sisi teknikal juga terlihat mendukung apresiasi kembali akibat pergerakannya yang mulai keluar dari zona depresiasi.

Grafik 4 Jam BNBUSD

Kemungkinan besar saat ini akan terjadi retest sebelum harga naik kembali dan kemudian menyentuh sekitar $247 hingga $250 pada pekan ini.

Saat ini batas pengaman berada pada $213 dan $197 yang jika ditembus kemungkinan akan melanjutkan depresiasi.

Target jangka panjang untuk BNB masih positif berada di $500 yang berada di dekat daerah 161,8% Fibonacci.

4. Stellar Lummen (XLM)

XLM menjadi salah satu koin yang layak dilirik pekan ini akibat semakin meningkatnya adopsi XLM terhadap beberapa platform smart contract.

Beberapa yang telah mengadopsi adalah Ripple dan juga Litecoin bersama Flame Network yang berencana mengadopsinya pada pekan ini.

Baca juga: Fantastis! Stellar (XLM) Naik 600%

Sentimen positif juga datang dengan meningkatnya juga ketertarikan terhadap mata uang crypto kapitalisasi kecil saat crypto kapitalisasi besar relatif jatuh.

Sehingga, XLM mendapatkan sentimen positif mengingat kapitalisasinya yang relatif kecil.

Grafik 4 Jam XLMUSD

Sisi teknikal juga terlihat mendukung dengan terbentuknya pola ascending triangle yang dibentuk dengan inverted head and shoulders.

Jia harga berhasil melewati $0,42 kemungkinan besar, pekan ini XLM dapat menuju ke sekitar $0,45. Batas pengaman saat ini berada di $0,40 dan $0,37.

Target jangka panjang XLM kemungkinan besar berada di $0,6 hingga $1 yang berdekatan dengan daerah 100% dan 161,8% Fibonacci.

5. Litentry (LIT)

Mata uang crypto kapitalisasi kecil lainnya yang dapat dilirik adalah LIT yang mulai mendapatkan ketertarikan baru dari investor dan trader.

LIT berpotensi naik akibat adanya dorongan dari beberapa influencer yang mendorong harganya seperti analis crypto, Coin Berau.

LIT juga memiliki fundamental yang baik akibat berdirinya di jaringan Polkadot.

Selain itu, LIT juga memiliki sistem yang dapat melakukan decentralized identifier (DID), verifikasi, dan perhitungan kredit. 

Oleh karena itu LIT menjadi salah satu crypto yang layak dilirik saat mata uang crypto besar sedang mengalami penurunan.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Data, Crust Network Kolaborasi dengan Litentry

Sisi teknikal juga mendukung dengan harganya yang mulai berusaha keluar dari zona depresiasi pekan lalu.

Grafik 4 Jam LITUSD

Kemungkinan besar apresiasi pekan ini akan terjadi akibat dorongan dari beberapa influencer bersama dengan semakin dikenalnya fundamental LIT yang baik.

Batas atas yang harus dilalui berada di $7,12. Jika berhasil ditembus LIT dapat menuju ke $7,62 hingga $9. Target jangka panjang berada di sekitar $23.

Batas pengaman saat ini berada di $6,32 yang jika ditembus dapat membawa LIT untuk kembali ke pergerakan depresiasinya.

*Disclaimer

Seluruh pernyataan dalam artikel ini adalah pandangan dan analisis penulis pribadi dan bukan saran resmi untuk investasi atau trading. Kerugian dan keuntungan yang didapat dari analisis ini bukan tanggung jawab Coinvestasi dan merupakan tanggung jawab investor atau trader masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.