Binance Bakar 1,3 Juta BNB, Masih Kalah dengan Sentimen Pasar

Naufal Muhammad

19th July, 2021

Binance dikabarkan telah resmi melakukan Token Burn atau penghapusan Binance Coin (BNB) ke 16 dengan penghapusan sekitar 1,3 Juta BNB.

BNB Burn ini sama dengan $393 Juta atau Rp5,71 Triliun dalam kondisi harganya di sekitar $302 atau Rp4,4 Juta.

Binance Resmi Lakukan BNB Burn ke-16

Dari awal berdiri, Binance telah berjanji untuk membakar atau menghilangkan setengah dari persediaan BNB yang beredar.

Mekanisme tersebut terus dilakukan dan menurut white paper Binance, mekanisme burn tersebut ditentukan dari pendapatan perusahaan.

Awalnya mekanisme burn adalah 20% dari seluruh pendapatan pada kuartal yang terjadi akibat burn ini terjadi setiap awal kuartal.

Namun sejak baru-baru ini mekanisme tersebut tidak sama lagi karena jumlahnya terlihat tidak sesuai dengan 20% dari pendapatan.

Saat ini mekanismenya akan bergantung pada volume perdagangan BNB yang direkam pada kuartal sebelumnya.

Tapi mekanisme ini akan terus berlanjut hingga 50% dari seluruh persediaan BNB telah resmi hilang, yang membuat BNB langka.

Pada BNB burn 16, jumlah volume BNB yang hilang dalam burn adalah sebanyak 1,3 Juta BNB.

Angka ini merupakan angka relatif kecil dibanding kuartal-kuartal sebelumnya.

Pada kuartal pertama 2021, burn terbesar BNB, terjadi mekanisme Token Bun untuk menghilangkan sebanyak 3,6 Juta BNB.

Pada beberapa kuartal sebelumnya, terjadi burn sekitar 2 Juta BNB per kuartal yang merupakan angka lebih tinggi dari kuartal ini.

Kabar baiknya angka burn ini masih lebih tinggi dari kuartal kedua 2021 yang membuat BNB dapat semakin langka.

Sebelumnya, Binance menyatakan bahwa mereka akan mengembalikan jumlah burnnya yang tinggi.

Hal tersebut disebabkan kebutuhuan untuk mengejar target pembakaran 50% persediaan BNB dalam waktu dekat.

Tapi sayangnya, jumlah pendapatannya yang nampaknya menghalangi pertumbuhan burn tersebut untuk naik lebih tinggi.

Belum Berdampak Signifikan

Selain itu, saat ini Binance juga sedang dalam banyak tekanan oleh regulator di beberapa negara akibat permasalahan legalitas.

Oleh karena itu nampaknya kondisi ini menjadi penghalang untuk Binance melakukan BNB Burn lebih tinggi.

Sebab dalam melakukan burn, Binance tetap harus membutuhkan jumlah dana cadangan untuk mengkompensasi apa yang telah di burn.

Sehingga saat ini Binance belum sanggup melakukan pembakaran jumlah besar, yang dapat memperpanjang periode burn ke depannya.

Sayangnya saat ini publikasi kabar tentang burn belum dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap harga BNB.

Hal ini nampaknya disebabkan korelasi harga antar crypto terutama dengan 10 kapitalisasi terbesar yang menjadi halangan untuk naik.

Selain itu, banyaknya sentimen negatif terhadap Binance juga kemungkinan menjadi salah satu penghalang BNB untuk naik lebih tinggi.

Namun kemungkinan lain adalah terjadinya kondisi buy the rumor sell the news yang membuat harga BNB mulai turun saat ini.

Dari sisi teknikal, saat ini BNB masih terlihat bergerak turun dari batas atas harganya, yang kemungkinan dapat membawa koreksi ke batas bawah.

Grafik 4 Jam BNBUSD

Kemungkinan besar tujuan saat ini berada pada sekitar $252 jika pergerakan turun terus berlanjut yang bisa membawa koreksi lebih rendah lagi.

Tapi jika berhasil naik, kemungkinan besar jika batas atas pada $319 berhasil dilewati, BNB dapat kembali naik hingga mencapai $426 hingga $480.

Secara keseluruhan, kabar baiknya BNB menjadi salah satu crypto yang bergerak baik di 2021 dengan apresiasinya sebesar 753% walau terkoreksi 56%.

*Disclaimer

Analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.