3 Sentimen Positif Ini Bantu Harga Crypto Naik

Rossetti Syarief

16th February, 2022

Harga Bitcoin memulih dan kembali menyentuh kisaran nilai $44.000 setelah mendapat berbagai sentimen positif sejak kemarin. Salah satunya adalah sentimen dari volume pasar crypto yang kini kembali di atas 2 triliun Dollar.

Pada saat penulisan, BTC diperdagangkan senilai $44.042 setelah naik sekitar 4,2% selama siklus perdagangan 24 jam terakhir.

Kenaikkan harga BTC tidak keluar sendirian, sederet sentimen positif juga mendorong kenaikkan harga yang sama pada beberapa top altcoin. 

Cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasarnya, Ethereum (ETH), melonjak 6,2% pada periode yang sama dengan menetapkan harga $3,135. 

Sementara Cardano (ADA), Binance Coin (BNB), Solana (SOL), Terra (Luna), dan Avalanche (Avax) adalah salah satu pemenang utama, dengan kenaikkan harga masing-masing 5,8%, 7,2%, 6,6%, dan 9,2%, dan 9,2%, dan 9,2% dalam 24 jam terakhir.

Menurut data yang disediakan oleh CoinGecko, volume gabungan crypto saat ini mencatat total $2,08 triliun. Ini adalah volume tertinggi sejak 10 Februari lalu.

Sentimen Positif Selanjutnya Datang dari Presiden Rusia

Ekuitas dan harga crypto melonjak hari ini setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia telah memutuskan “untuk secara parsial menarik pasukan kembali” dari perbatasan Ukraina.

Pengumuman tersebut menandakan berita paling positif yang telah keluar dari ketegangan Rusia-Ukraina baru-baru ini. 

Pengumuman itu juga membantu membalikkan penjualan yang diminta oleh pengumuman Sekretaris Negara AS, Antony Blinken, kemarin bahwa AS sedang memindahkan kedutaannya Ukraina keluar dari Kyiv yang disebabkan oleh penumpukan pasukan Rusia.

Dalam konferensi pers dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, Putin menegaskan kembali kekhawatirannya atas ekspansi NATO di timur dan menawarkan prospek de escalation.

“Kami juga siap untuk melanjutkan trek negosiasi, tetapi semua pertanyaan ini, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, harus dipandang komprehensif. Kami berniat dan akan berusaha untuk mencapai kesepakatan dengan mitra kami atas pertanyaan yang kami ajukan, untuk menyelesaikannya dengan mengambil jalan diplomatik,” kata Putin.

Investor kemudian menyambut baik berita pertemuan positif antara Scholz dan Putin. Selain crypto, saham S&P 500 juga dilaporkan naik hampir 1,6%, diikuti dengan Nasdaq dan Dow yang masing-masing melonjak 2,47% dan 1,22%.

Sementara aset crypto raksasa seperti Bitcoin naik hampir 3,5% sementara ETH melonjak 5,77% dengan penutupan pasar ekuitas AS. 

Avalanche, koin baru yang telah merayap ke dalam 10 koin teratas oleh kapitalisasi pasar, juga melonjak lebih dari 12% pada periode tersebut.

Baca Juga: Donasi Bitcoin kepada Ukraina Meningkat saat Konflik dengan Rusia

Kanada Gunakan UU Darurat Dorong Reli pada Crypto

Berbicara kepada wartawan lokal pada hari Senin, Trudeau dan Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland mengindikasikan bahwa pemerintah mengambil langkah-langkah baru untuk menghentikan dukungan keuangan pengunjuk rasa, termasuk menangguhkan rekening bank pribadi dan bisnis mereka tanpa perintah pengadilan.

Memberlakukan Undang-Undang Keadaan Darurat ini telah digunakan sejak tahun 1988. Freeland mengatakan tindakan yang diambil terhadap para pengunjuk rasa memperluas ruang lingkup aturan pembiayaan teroris hingga kini termasuk platform crowdfunding dan penyedia layanan pembayaran yang mereka gunakan. 

“Perubahan ini akan mencakup semua bentuk transaksi, termasuk aset digital seperti cryptocurrency,” Ungkap Freeland.

Transaksi crypto meningkat karena aset dimanfaatkan orang-orang setempat sebagai instrumen non-custodial. Cold dan hot wallet juga jadi banyak digunakan karena aset dapat tidak terikat dengan exchanges.

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.