Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Mau Trading Nyaman dan Tenang? Ikuti Langkah Psikologi Trading Ini

anisa giovanny     Wednesday, December 9 2020

Mengontrol psikologi trading sangat penting. Seorang trader ahli dan profesional harus memiliki kemampuan untuk mengatur mental dan emosi mereka saat trading. Hal ini berguna agar trader tetap berpikir realistis dan tidak terbawa emosi saat melakukan perdagangan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam psikologi trading adalah sebagai berikut:

1. Disiplin Terhadap Trading Plan

Trading Plan adalah semacam aturan yang diterapkan trader untuk dirinya sendiri. Trading plan ini sangat berguna untuk membentuk psikologi trading yang baik. Rencanakan setiap strategi trading dengan baik dan jangan sekalipun melanggar aturan dan strategi yang telah dibuat. Karena jika trader melanggar aturan yang ia buat sendiri hal ini bisa menjadi kebiasaan dan tentunya tidak baik untuk proses perdagangan.

Baca juga: Ingin Jadi Crypto Trader Sukses ? Perhatikan 7 Hal Ini!

2. Jangan Serakah

Keuntungan trading crypto bisa sangat besar, dan biasanya jika sudah pernah mendapatkan untuk besar trader akan menjadi serakah ingin mendapatkan keuntungan besar kembali.  Disinilah masalah keserakahan akan muncul. Menginginkan sesuatu yang lebih tanpa adanya pertimbangan logis dan perhitungan yang cermat seperti modal, kondisi market, dan risiko, itulah yang dimaksud dengan serakah.

Agar trader tidak serakah maka harus mengikuti strategi trading dan target keuntungan yang ingin didapatkan. Jika sudah sesuai target ada baiknya proses perdagangan dihentikan lebih dulu. Sebab jika diteruskan, bisa-bisa arag harga justru berbalik dan malah membuat keuntungan yang sudah dihasilkan menjadi kerugian.

Baca juga: 5 Strategi Trading Terbaik

3. Jangan Balas Dendam

Jika trader serakah ketika profit  biasanya akan mengalami loss dalam transaksi berikutnya. hingga timbullah masalah psikologis yang berikutnya yang bernama balas dendam. Alih-alih balik modal, yang terjadi berikutnya adalah loss yang lebih besar lagi. 

Penyebabnya mereka yang sudah terkena pemikiran balas dendam seperti ini selalu berpikir untuk mencapai titik impas dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dan ini sangat berisiko lagi untuk mengalami loss kembali. Jadi, para trader sebaiknya jangan balas dendam jika tidak mendapatkan keuntungan di trading sebelumnya.

4. Hilangkan Ragu-Ragu / Takut

Kedua masalah psikologis ini berakibat sama: entry pada saat yang terlambat atau bahkan kehilangan kesempatan profit. Cara untuk lepas dari ketakutan adalah mengenali bagaimana karakteristik pasar dan mampu memprediksi pergerakan market dengan benar. Semakin sering prediksi  valid, maka trader akan semakin memiliki keberanian untuk masuk ke pasar.

Baca juga: Cara Main Trading Bitcoin Kurang dari 10 Menit


Poin-poin tersebut sepertinya terlihat sederhana, namun pada kenyataannya bukan perkara yang mudah.  Bahkan bagi seorang trader crypto ahli pun masih mengalami kerugian akibat psikologi trading yang kurang baik. Karena itu psikologi trading ini harus dilatih dan membutuhkan waktu beberapa bulan hingga tahun agar bisa menjadi kebiasaan dan membuat kegiatan trading lebih nyaman, aman dan realistis.

Artikel Terkait

 Lihat Lebih