Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

NFT · 5 min read

Apa itu Minting NFT? Panduan untuk Pemula

apa itu minting NFT

Non Fungible Token atau NFT menjadi salah satu faktor adopsi crypto yang semakin tinggi, aset digital ini pun menjadi cara lain untuk para pemula masuk ke dunia crypto.

Jadi banyak pemula yang mungkin masih bertanya-tanya bagaimana mencetak karya atau minting NFT? Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Minting NFT 

Minting NFT adalah proses pencetakan NFT dengan mengubah sebuah aset atau karya digital menjadi token yang ditempatkan di blockchain. Aset digital yang sudah diubah menjadi token ini merupakan tanda kepemilikan dan bisa diperjual belikan di marketplace NFT yang banyak tersedia. 

Persiapan Minting NFT 

Sebelum minting NFT ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya sebagai berikut. 

Pilih Platform Blockchain

Ketika ingin melakukan minting NFT, pemilihan platform blockchain penting untuk dilakukan.

Dengan memilih platform blockchain lebih dulu kamu bisa memperkirakan estimasi gas fee NFT dan kecepatan yang ditawarkan, soalnya setiap blockchain memiliki biaya dan kecepatan yang berbeda.

Ada beberapa opsi blockchain yang bisa dipilih, namun yang paling terkenal adalah Ethereum, Binance Smart Chain, Polygon, dan Tezos. 

Pilih Marketplace

Faktor penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan marketplace, tempat di mana kamu akan melakukan pencetakan NFT.

Kamu perlu memeriksa apakah marketplace yang digunakan mampu melakukan transfer dan penjualan NFT di blockchain lain, berapa biaya yang dibebankan, dan sistem bagi hasil yang tawarkan. 

Kamu juga perlu memeriksa berapa lama platform tersebut mampu mencetak NFT dan apakah ia memiliki reputasi yang baik atau tidak.

Ada beberapa marketplace NFT yang bisa kamu pilih, beberapa di antaranya OpenSea, Rarible, Foundation, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Apa Itu NFT Marketplace? Panduan untuk Pemula

Berapa Lama Waktu Mencetak NFT? 

Tidak ada waktu yang pasti berapa lama proses minting NFT tetapi hingga saat ini prosesnya terbilang cepat dan mudah serta kurang dari satu jam. 

Berapa Biaya untuk Cetak NFT?

Biaya mint NFT akan bergantung dengan platform, blockchain yang digunakan, dan gas fee NFT. Umumnya biaya minting berkisar antara US$1-US$500.

Cara Minting NFT

Siapkan Karya Digital

Langkah pertama adalah siapkan karya digital yang ingin dijadikan NFT. Karya ini bisa berupa foto, lukisan, audio, dan lain sebagainya. 

Beli Ethereum 

Ethereum adalah blockchain di mana sebagian besar NFT dibangun. Jadi, ketika ingin menjual dan membeli NFT, kemungkinan besar kamu akan menggunakan Ethereum.

Pasang Wallet 

Agar proses pembayaran minting mudah, kamu perlu memasang wallet terlebih dulu. Bisa gunakan add on metamask, lakukan pendaftaran, jika sudah kirimkan Ethereum yang sudah dibeli ke  wallet tersebut.

Daftar OpenSea

Buka situs OpenSea.io, gunakan browser yang sama dengan tempat di mana metamask terpasang.

Klik profil di sudut kanan atas, OpenSea akan meminta kamu untuk menerima syarat dan ketentuan di metamask jika sudah klik sign dan kamu sudah terdaftar di OpenSea. 

Isi Profil 

Isi profil di OpenSea.
Isi profil di OpenSea. Sumber: Decrypt.

Selanjutnya isi profil di OpenSea seperti nama dan alamat email untuk verifikasi akun. Kamu juga bisa melengkapi data yang lainnya supaya profil semakin lengkap.

Mulai Minting NFT 

Untuk mencetak NFT klik create, di sebelah gambar profil, jika ingin dijadikan koleksi cukup klik collections jika tidak cukup klik create saja. Selanjutnya unggah file yang ingin dijadikan NFT, berikan nama dan deskripsi. Gulir ke bawah dan klik create, maka NFT mu sudah tampil di OpenSea. 

Minting NFT. Sumber: Decrypt
Minting NFT. Sumber: Decrypt

Jual NFT 

Proses minting selesai, jika ingin menjualnya kamu bisa menemukan caranya di cara jual NFT di OpenSea. 


Itu dia penjelasan soal mint NFT dan caranya yang bisa coba kamu terapkan. Selain di OpenSea kamu juga bisa melakukan minting NFT di platfom lain lho! Seperti Rarible, Foundation, dan lain sebagainya.

Untuk minting di platform lain kurang lebih caranya akan mirip namun kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian. Selamat mencoba!

Baca juga: Mengenal Rarible Tempat Jual Beli NFT Saingan OpenSea

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.