Belajar

Apa itu Altcoins?

single-image

Apa itu Altcoins?

Sebelum mengenal AltCoins lebih jauh, sebaiknya kalian cari tahu dahulu tentang Bitcoin di tautan berikut: Bitcoin

AltCoins merupakan penggabungan dari dua kata, yaitu, alternative dan coin. Bisa dikatakan, secara harfiah AltCoins adalah cryptocurrency selain Bitcoin. AltCoins sendiri muncul untuk melengkapi kekurangan dari Bitcoin, bahkan ada AltCoins yang dibuat berdasarkan Bitcoin, yaitu Bitcoin Cash. Namun, Bitcoin Cash bukanlah AltCoins yang pertama kali muncul, Namecoin merupakan AltCoins yang pertama kali diciptakan. Namecoin dibuat berdasarkan dengan kode dari Bitcoin dan menggunakan proof of work algoritma Bitcoin.

Altcoin adalah
Ada ribuan Altcoin yang berbeda! Mereka bervariasi dalam popularitas, harga, dan detail teknis.

Altcoin

AltCoins memiliki perbedaan dari Bitcoin dalam berbagai hal. Beberapa AltCoins memiliki model ekonomi yang berbeda atau metode penyebaran koin yang berbeda. Algoritma penambangan koin dalam AltCoins menggunakan cara yang berbeda-beda. Beberapa AltCoins menawarkan privasi yang lebih aman dibandingkan dengan Bitcoin.

Dengan demikian, sebagian besar AltCoins tidak memiliki manfaat seperti yang Bitcoin tawarkan.AltCoins juga memiliki kekuatan hash yang lebih sedikit untuk mengamankan mata uang crypto dibandingkan Bitcoin. Sejauh ini Bitcoin adalah mata uang crypto yang paling terserbar luas dan paling popular dipublik. Akibatnya, pasar Bitcoin sangat kompetitif dan mahal bagi pemula dan amatir untuk memasuki dunia mata uang digital.

Ada ribuan AltCoins yang berbeda, salah satu AltCoins yang paling populer pada 2017 adalah Litecoin. Mata uang crypto berbasis ‘Scrypt’, yang memiliki nilai pasar tinggi dan lebih stabil daripada bitcoin. Pilihan populer lainnya adalah Ethereum.

Kelebihan dari Altcoin

Beberapa Altcoin menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki Bitcoin. Altcoin memiliki banyak hal yang sama dari Bitcoin tetapi tidak semuanya sama, beberapa menawarkan sesuatu yang lebih. Banyak Altcoin yang menawarkan layanan lebih cepat, lebih anonim, beberapa memberikan opsi investasi yang lebih baik. Dan juga ada yang menawarkan sistem yang lebih stabil, dengen demikian lebih menguntungkan dalam hal perdagangan.

 

Beberapa Pilihan Altcoin

1.Ethereum (Ether)

Diluncurkan pada tahun 2015, Ethereum adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan Smart Contracts dan Aplikasi Terdistribusi untuk dibangun dan dijalankan tanpa downtime, penipuan, kontrol atau interferensi dari pihak ketiga. Platform ini juga menjadi dasar mata uang virtualnya sendiri, Ether. Ethereum bukan hanya platform tetapi juga bahasa pemrograman (Turing complete) yang berjalan di blockchain, membantu pengembang untuk membangun dan mempublikasikan aplikasi terdistribusi. Aplikasi potensial Ethereum sangat luas.

2.Ripple (XRP)

Ripple adalah teknologi yang bertindak sebagai cryptocurrency dan jaringan pembayaran digital untuk transaksi keuangan. Ripple dirilis pada tahun 2012 dan didirikan oleh Chris Larsen dan Jed McCaleb.Koin untuk cryptocurrency diberi label XRP.

3.EOS

EOS adalah sistem operasi terdesentralisasi berbasis blockchain, yang dirancang untuk mendukung aplikasi terdesentralisasi skala komersial dengan menyediakan semua fungsi inti yang diperlukan, memungkinkan bisnis untuk membangun aplikasi blockchain dengan cara yang mirip dengan aplikasi berbasis web.

4.Litecoin

Diluncurkan pada tahun 2011, Litecoin adalah cryptocurrency alternatif berdasarkan model Bitcoin. Litecoin dibuat oleh lulusan MIT dan mantan insinyur Google bernama Charlie Lee. Litecoin didasarkan pada jaringan pembayaran global bersumber terbuka yang tidak dikontrol oleh otoritas pusat. Litecoin berbeda dari Bitcoin dalam aspek-aspek seperti laju pembangkitan blok yang lebih cepat dan penggunaan scrypt sebagai bukti skema kerja.

You may also like