Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

Spread Crypto: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya

Apabila kamu baru terjun ke dunia crypto tentu ada istilah yang terdengar asing untuk dipahami, salah satunya adalah spread atau selisih harga jual beli dari sebuah aset.

Apa itu spread, seberapa pentingnya, dan bagaimana di crypto? Simak ulasannya di artikel berikut ini.

Spread dan Cara Menghitungnya

Spread secara umum mengacu pada selisih harga jual dan beli, atau sebaliknya.

Contoh yang mudah dipahami, misalnya Andi membeli Bitcoin seharga $10.000, kemudian ia menjual Bitcoin tersebut ke Amira seharga $12.500.

Artinya selisih harga beli dan jual adalah 12.5000-10.000 = $2.500, hasil tersebut yang menjadi spread yang didapatkan Andi dan Amira, di mana Andi menjual dengan harga lebih tinggi dan Amira membelinya dengan harga yag ditargetkan Andi.

Kamu juga bisa mengetahui presentase selisih harga yaitu mengalikannya dengan 100. Selisih yang didapatkan oleh Andi dan Amira adalah 2.500, artinya 2.500(spread)/12.500 x 100= 2%.

Artinya selisih yang dikenakan adalah dua persen untuk proses transaksi Andi dan Amira.

Presentase ini hanya contoh, setiap exchange bisa memiliki presentase dan kebijakan selisih harga yang berbeda.

Baca juga: Memahami Kondisi Harga Sideways di Pasar Crypto

Faktor Terbentuknya Spread

Ada beberapa faktor yang memengaruhi terciptanya selisih harga, diantaranya adalah:

  • Perdagangan aset tingkat tinggi: Misalnya, cryptocurrency dengan aktivitas perdagangan tinggi akan memiliki perbedaan harga yang cukup kecil, sedangkan cryptocurrency dengan aktivitas rendah akan memiliki harga yang lebih besar.
  • Pasar sangat likuid: Yang juga memiliki dampak besar pada tingkat penyebaran. Semakin tinggi likuiditas maka spread cenderung semakin rendah, dan sebaliknya terjadi ketika likuiditas berkurang.
  • Banyak pedagang mengelola aset: Situasi yang juga berdampak pada tingkat penyebaran.
  • Volatilitas aset: Pada titik ini, volatilitas dapat menyebabkan spread yang kurang lebih tinggi tergantung pada tren harga global aset.

Pentingnya Spread Saat Transaksi Crypto

Selisih harga ini dapat dianggap sebagai ukuran akurat dari penawaran dan permintaan aset tertentu.

Secara sederhana, harga penawaran mewakili permintaan, sedangkan harga permintaan mewakili penawaran.

Karena itu peningkatan tersebut menunjukkan perubahan dalam penawaran dan permintaan atau likuiditas pasar.

Spread pasar penting saat menghitung biaya perdagangan versus keuntungan yang dihasilkan dari perdagangan.

Dalam beberapa kondisi pasar, perbedaan harga jual dan beli di pasar pasar dapat membuat beberapa perdagangan tidak menguntungkan karena selisih yang tinggi.

Jenis-jenis Spread yang Umum Ditemui

  1. Harga: ini adalah yang paling umum di mana investor membeli sebuah aset di bursa A, kemudian menjualnya di bursa B untuk mendapatkan selisih harga yang menguntungkan. Ini agak mirip dengan arbitrase.
  2. Volatilitas: Ini adalah penggunaan lain yang cukup populer karena memungkinkan untuk menghasilkan strategi beli dan jual menggunakan volatilitas pasar yang terkait dengan keamanan.
  3. Penyebaran antar pasar atau antar produk: Ini adalah strategi yang paling sering terlihat di pasar produk. Tujuannya adalah untuk membeli produk di pasar tertentu dan menjual produk yang berbeda di pasar yang sama dan mencoba mendapatkan keuntungan.
  4. Exchange: Ini adalah strategi yang biasanya terlihat di pasar cryptocurrency, pada dasarnya yang dicari adalah membeli satu mata uang dan menukarnya dengan mata uang lain, sehingga memperoleh keuntungan untuk operasi tersebut, karena perbedaan harga yang ada di antara pasangan yang berbeda.

Baca juga: Investasi Crypto: Strategi, Cara, Manfaat dan Risikonya

Kesimpulan

Spread adalah selisih harga jual dan beli atau sebaliknya, selisih ini penting dalam sebuah transaksi agar bisa meraih keuntungan.

Ada faktor dan jenis selisih harga yang ada di cryptocurrency dan seringkali harganya berbeda antara satu exchange dengan lainnya.

Sehingga investor perlu melakukan riset menyeluruh mengenai perbedaan atau selisih harga tergantung dengan platform dan metode beli atau jual yang dilakukan.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin