3

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini
RAHASIA STRATEGI TRADING BITCOIN

Dapatkan tips dan rahasia strategi trading Bitcoin supaya kamu bisa semakin jago melihat peluang untung

Mau dapat rahasia trading Bitcoin?

Klik Disini

FOMC Meeting dan Pengaruhnya Pada Crypto

FOMC adalah kepanjangan dari Federal Open Market Committee atau dewan rapat kebijakan bank sentral Amerika Serikat untuk menentukan sejumlah kebijakan.

FOMC menjadi menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh para investor atau trader kripto, sebab persitiwa ini memiliki pengaruh terhadap pergerakan harga kripto, yang kini semakin terkorelasi dengan berbagai kebijakan ekonomi.

Mengenal FOMC Meeting

FOMC Meeting adalah rapat yang diselenggarakan oleh anggota FOMC atau Federal Open Market Committee selama delapan kali per tahun untuk membahas kondisi perekonomian dan menentukan kebijakan yang akan dilakukan untuk mengakomodasi pertumbuhan ekonomi lebih baik.  Umumnya FOMC Meeting ini akan dilaksanakan di akhir bulan di sekitar tanggal 20 hingga 30. 

FOMC Meeting dan Pengaruhnya Pada Crypto
Jadwal Rapat FOMC September 2022

FOMC Meeting diikuti oleh anggota FOMC yang merupakan komite di dalam Bank Sentral Amerika atau The Fed.

Anggota FOMC berisi 12 orang, tujuh orang merupakan bagian dari Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika, satu adalah presiden dari Bank Sentral Amerika cabang New York, dan empat adalah presiden dari Bank Sentral Amerika cabang negara bagian lain yang digilir setiap tahunnya. 

FOMC Meeting dan Pengaruhnya Pada Crypto
Bagan Struktur FOMC dari Babypips

Perlu diketahui jika Ketua Bank Sentral Amerika bukan bagian dari FOMC karena ranah kebijakan yang ditentukan memiliki cakupan yang berbeda.

Beberapa kebijakan yang diterapkan The Fed umumnya terkait dengan kebijakan open market operations, kedua adalah penentuan Suku Bunga Acuan atau Discount Rate, ketiga adalah penentuan persentase dana cadangan yang harus dimiliki bank komersial atau Reserve Requirements. 

Tugas FOMC

Kemudian untuk FOMC, mereka bertanggung jawab atas penentuan open market operations atau operasi pasar terbuka, yang berarti penentuan jumlah uang yang akan masuk ke perekonomian melalui pembelian surat utang bank komersial. 

Kebijakan tersebut akan membantu mengurangi dan menambah jumlah uang beredar yang berujung pada penguatan atau pelemahan nilai tukar Dolar Amerika. 

Kebijakan ini dicampur dengan dua kebijakan moneter lainnya yang dikendalikan oleh Kepala Bank Sentral Amerika. 

Jadi FOMC diberi nama Federal Open Market Committee karena Federal berasal dari The Fed atau Bank Sentral Amerika, Open Market berasal dari kebijakan yang dilakukan, dan Committee berarti komite.

Rapat FOMC Miliki Pengaruh untuk Dolar AS

Hasil dari rapat ini selalu dipublikasi dan umumnya memberi pengaruh pada aset keuangan serta Dolar Amerika, karena dalam rapat ini, terdapat penentuan kebijakan open market operations serta data-data dan pandangan dari masing-masing anggota terkait kondisi perekonomian negara Amerika secara menyeluruh dan negara bagian yang terlibat.

FOMC juga membantu memberi pandangan untuk penetapan kebijakan suku bunga acuan yang akan ditetapkan oleh Kepala Bank Sentral Amerika. 

Hasilnya penentuan tersebut juga akan mempengaruhi dana cadangan yang harus disimpan pada bank komersial yang akan mempengaruhi jumlah pinjaman yang akan keluar ke masyarakat dan berujung menentukan jumlah peredaran uang Dolar Amerika. 

Pengaruh FOMC Meeting Terhadap Crypto 

Pada akhirnya seluruh rapat dan penentuan kebijakan moneter tersebut akan tergabung dan membuat arah baru terkait penurunan atau peningkatan jumlah Dolar Amerika yang beredar. 

Hasilnya jumlah uang yang beredar tersebut akan menentukan nilai tukar dari Dolar Amerika. 

Hasil rapat juga akan dipublikasi bersama dengan penentuan suku bunga acuan untuk Amerika yang sering dianggap sebagai sentimen untuk mempengaruhi jumlah Dolar Amerika yang beredar dan mempengaruhi nilai tukarnya. 

Mayoritas investor dan trader menganggap ini sebagai sentimen yang akan mempengaruhi nilai aset mereka, termasuk crypto. 

Hal ini disebabkan karena saat ini crypto sudah mulai diadopsi secara besar oleh institusi, crypto sudah masuk ke kategori aset berisiko. Pandangan investor dan trader saat ini adalah aset berisiko memiliki pergerakan berlawanan dengan Dolar Amerika. Jadi data yang dipublikasi FOMC bersama publikasi suku bunga acuan Amerika akan mempengaruhi pergerakan kripto. 

Skenario Keputusan dan Pengaruh Terhadap Crypto

Jika Bank Sentral memutuskan untuk menambah frekuensi operasi pasar terbuka atau open market operations, bersama dengan suku bunga acuan yang turun, serta penurunan kewajiban dana cadangan di bank, maka Bank Sentral memutuskan untuk menambah jumlah uang beredar. 

Umumnya kondisi ini dilakukan jika inflasi atau jumlah uang beredar sudah terlihat rendah. 

Apabila jumlah uang beredar bertambah maka nilainya akan turun yang umumnya akan membuat aset berisiko seperti kripto untuk naik. 

Sebaliknya jika Bank Sentral memutuskan untuk mengurangi operasi pasar terbuka atau open market operations, bersama dengan suku bunga acuan yang naik, serta peningkatan kewajiban dana cadangan di bank, maka Bank Sentral memutuskan untuk mengurangi jumlah uang beredar.

Umumnya kondisi ini dilakukan jika inflasi atau jumlah uang beredar sudah terlalu tinggi, seperti yang terjadi di 2022. 

Apabila jumlah uang beredar berkurang maka nilainya akan naik yang umumnya akan membuat aset berisiko seperti kripto untuk turun. 

Penjelasan ini tidak selalu benar secara langsung dan mungkin butuh waktu untuk terjadi karena masih ada faktor lain, mengingat masih ada kebijakan fiskal serta aspek eksternal lainnya. 

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa Itu FOMC Meeting?

FOMC Meeting adalah rapat yang diselenggarakan oleh anggota FOMC atau Federal Open Market Committee selama delapan kali per tahun untuk membahas kondisi perekonomian dan menentukan kebijakan yang akan dilakukan untuk mengakomodasi pertumbuhan ekonomi lebih baik.

Apa Itu FOMC?

Komite dalam Bank Sentral Amerika yang mengurus Kebijakan Operasi Pasar Terbuka.

Apa pengaruh FOMC Meeting terhadap Crypto?

FOMC Meeting mempengaruhi nilai Dolar Amerika. Dolar Amerika memiliki hubungan negatif dengan kripto.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin