Analisis · 5 min read

Inflasi AS Turun, Pasar Kripto Nantikan Volatilitas Harga

Harga bitcoin turun

Tingkat inflasi Amerika Serikat berdasarkan Consumer Price Index (CPI) dilaporkan turun ke angka 4.0%, di luar yang diprediksikan yakni 4,1%. Ketika laporan dikeluarkan pada 13 Juni 2023 pukul 19.30 WIB, tampak terjadi volatilitas singkat pada harga Bitcoin namun tidak terlalu signifikan.

Meski turunnya inflasi AS biasanya merupakan sentimen positif untuk pasar kripto, harga Bitcoin malah kembali di bawah US$26.000 yakni diperdagangkan pada US$25.891 pada 14 Juni 2023 pukul 15.30 WIB.

Masih terdapat pertemuan FOMC suku bunga AS pada 15 Juni 2023 pukul 01.00 WIB dini hari nanti yang kemungkinan membawa volatilitas singkat ke market kripto.

Inflasi AS Turun, Market Kripto Masih Sideways

Berdasarkan laporan CPI pada 13 Juni 2023 pukul 19.30 WIB kemarin malam, tingkat inflasi AS mengalami penurunan dari 4,9% ke 4,0%. Penurunan ini di luar yang diperdiksikan yakni 4,1%. Ini kali ketiga secara berturut-turut sejak laporan April 2023 dimana hasil sesungguhnya di luar prediksi.

inflasi
Gambar: Tabel inflasi bulanan AS

Meski biasanya penurunan tingkat inflasi AS menjadi sentimen positif bagi pasar kripto, pada laporan kali ini tidak terlihat perubahan signifikan dari segi valuasi pasar kripto dan performa harga.

Valuasi pasar kripto malah mengalami penurunan -0,53% yakni sebesar US$5,49 miliar dalam 24 jam terakhir.

kripto
Gambar: Grafik valuasi market kripto

Tampak terdapat volatilitas pada harga Bitcoin ketika laporan CPI dikeluarkan. Harga Bitcoin sempat membentuk candlestick dengan shadow atas yang panjang dan menyentuh harga US$26.417.

Hanya kenaikan harga ini tidak berlangsung lama dan BTC mengalami penurunan -0,73% dan diperdagangkan pada US$25.891 dalam 24 jam terakhir.

Gambar: Grafik harga Bitcoin

Baca juga: Operasi Choke Point 2.0 Diklaim Upaya AS Matikan Industri Kripto

Volatilitas Harga Menanti Pasar Kripto

Pasar kripto kemungkinan besar akan mengalami volatilitas harga pada beberapa hari dan minggu ke depan. Beberapa katalis yang dapat menyebabkan volatilitas terjadi adalah laporan FOMC perihal suku bunga AS, keberlanjutan kasus Binance dengan SEC, dan kemungkinan akhir dari kasus Ripple dengan SEC.

Keputusan nilai suku bunga AS akan diumumkan pada pertemuan FOMC 15 Juni 2023 pukul 01.00 WIB dini hari nanti. Tingkat suku bunga AS terakhir adalah 5,25%.

Menurut data peluang dari CME Watchtool, peluang tidak ada kenaikan suku bunga lebih dominan dengan peluang 95,3%. Sementara terdapat peluang suku bunga akan naik sebesar 25 basis poin sebesar 4,7%.

Jika suku bunga tidak naik seperti yang diharapkan, maka ini akan menjadi sentimen positif bagi kripto dan kemungkinan pasar kripto akan mengalami volatilitas dengan harga naik.

Gambar: Data peluang keputusan suku bunga AS

Kabar terbaru dari kasus Binance adalah keputusan Kejaksaan AS untuk tidak segera membekukan aset dari Binance US seperti yang diminta SEC. Hal ini menyebabkan Binance US masih tetap dapat beroperasi meskipun masih dalam batasan dan penyidikan.

Ini merupakan perkembangan yang baik dimana pihak regulator tidak terburu-buru dalam mengambil tindakan sebelum ada bukti dan fakta yang valid perihal tuduhan terhadap Binance US. Jika kasus terus berkembang dengan kabar yang signifikan, maka volatilitas ke pasar kripto kemungkinan besar akan terjadi.

Baca juga: Binance Gugat Balik SEC dan Tolak Semua Tuduhan

Terakhir adalah perkembangan kasus Ripple dengan SEC yang sepertinya telah menemui titik akhir setelah rilisnya dokumen Hinman. Jika Ripple dinyatakan kalah dalam kasus ini, maka volatilitas terjadi dengan penurunan harga. Sebaliknya jika menang, maka volatilitas terjadi dengan kenaikan harga.

Baca juga: Dokumen Hinman Dirilis, Perkuat Argumen Ripple di Pengadilan!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.