Berita Industri · 8 min read

Spekulasi Naiknya Suku Bunga AS Picu Arus Keluar Kripto Bernilai Triliunan Rupiah

Arus keluar aset kripto

Pada tanggal 2 Mei, perusahaan investasi kripto asal Eropa CoinShares menerbitkan laporan terbarunya.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa pasar aset digital mengalami sentimen bearish dalam dua minggu berturut-turut, yang menghasilkan arus keluar sebesar U$72 juta (Rp1,06 triliun).

Analis Coinshares, James Butterfill, meyakini kenaikan suku bunga The Fed sebagai penyebab lonjakan arus keluar kripto.

Baca Juga: Harga Bitcoin Rebound Setelah Saham First Republic Bank Anjlok

Arus Keluar Kripto Mingguan
Sumber: Bloomberg, CoinShares

Arus Keluar Pasar Kripto

Arus keluar pasar kripto terjadi dari semua penyedia layanan di seluruh dunia, Jerman dan Kanada mencatatkan arus keluar kripto tertinggi. Masing-masing sebesar US$40 juta (Rp587 miliar) dan US$14 juta (Rp205 miliar).

Menurut data CoinShares pada 28 April, Bitcoin dan Ethereum mencatat arus keluar terbesarnya sejak September 2022, masing-masing sebesar US$46 juta (Rp675,194 miliar) dan US$19 juta (Rp279 miliar).

Arus keluar short Bitcoin mencapai US$7,8 juta (Rp114,410 miliar) minggu ini. Meskipun begitu, arus masuk YTD didominasi oleh short Bitcoin sebesar US$119 juta (Rp1,75 triliun).

Sementara itu, sejumlah altcoin justru mencatat arus keluar yang relatif lebih kecil. Solana, Algorand, dan Polygon masing-masing mencatat arus keluar sebesar US$0.2 juta (Rp2,94 miliar), US$0.17 juta (Rp2,49 miliar) dan US$0.14 juta (Rp2,06 miliar).

Arus keluar sebesar US$2,5 juta (Rp36,7 miliar) terjadi pada Ekuitas Blockchain minggu lalu akibat sentimen negatif, namun secara keseluruhan arus bersih YTD masih positif dengan total US$27 juta (Rp397,2 miliar).

Baca Juga: Sell In May dan Pengaruhnya Terhadap Harga Bitcoin

Arus Berdasarkan Aset
Sumber: Bloomberg, CoinShares

Sentimen Pasar Aset Digital vs Produk Investasi Saham

Aset digital mengalami sentimen bearish selama dua minggu berturut-turut. Menurut laporan analis Coinshares, James Butterfill, volume pasar kripto secara keseluruhan masih relatif rendah, sekitar 50% di bawah rata-rata tahunan.

Harga Bitcoin mengalami penurunan signifikan dalam dua pekan terakhir. Gejolak ini menyebab likuidasi kontrak berjangka BTC senilai US$340 juta (4,99 miliar)

Namun, Bitcoin telah mengalami kenaikan harga sebesar 72% sepanjang tahun ini, 9% lebih unggul dibandingkan kenaikan pada indeks S&P 500.

Sementara itu, volume produk investasi Exchange Traded Product (ETP) mencapai US$1,7 miliar minggu lalu, naik 16% dari rata-rata tahunan.

ETP mencakup berbagai jenis produk investasi yang diperdagangkan di bursa saham seperti Exchange Traded Fund (ETF), Exchange Traded Commodity (ETC), dan Exchange Traded Note (ETN).

Produk investasi ETP umumnya dirancang untuk melacak kinerja aset tertentu seperti indeks saham, komoditas, atau mata uang, dan dapat dibeli dan dijual seperti saham biasa melalui bursa saham.

Baca Juga: 9 Perbedaan Bitcoin dan Saham, Mana yang Lebih Untung?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.