5 Proyek Move To Earn yang Menarik Diperhatikan

Move to earn merupakan trend baru yang hadir di industri crypto tahun ini. Move to earn adalah cara baru untuk mendapatkan crypto sambil berjalan, joging, atau berlari. Ide ini hadir untuk tetap membuat para pecinta kripto bugar sambil terus menghasilkan crypto. 

Move to Earn ini bisa hadir karena adanya DeFi dan NFT, kategori crypto ini pun semakin ramai dibicarakan dan diprediksi jadi tren yang tidak boleh dilewatkan.

Baca juga: Mengenal Move to Earn, Kategori Baru di Dunia Crypto

Ada berbagai proyek Move to Earn yang menarik untuk diperhatikan, apa saja itu? Dapatkan jawabannya di artikel berikut ini. 

StepN 

StepN adalah proyek move to earn yang dikenalkan pada Maret 2022. Proyek ini bertujuan untuk menghubungkan rutinitas olahraga dengan blockchain menggunakan sepatu kets NFT.

Sneakers-STEPN
Sneakers-STEPN

Untuk bisa mendapatkan token dari StepN, pengguna perlu membeli sepatu NFT yang akan  dihubungkan dengan akses lokasi supaya aplikasi bisa melacak berapa jauh penggunanya berjalan. 

Jenis sepatu dan seberapa jauh kamu melangkah akan menentukan jumlah token yang didapatkan baik itu token GST atau GMT.

Proyek ini juga memiliki papan peringkat, di sana akan terpampang akun dengan perjalanan terbanyak, dengan ini kamu akan terpacu untuk bisa berjalan lebih jauh dan menghasilkan token lebih banyak.

Baca juga: Mengenal STEPN Proyek Crypto Move to Earn 

Genopets

Proyek ini bekerja di jaringan Solana dan menggabungkan mode move to earn dengan play to earn. Genopets menggabungkan game tamagotchi, pokemon, hingga animal crossing.

Untuk bisa menghasilkan, kamu perlu memilih genopets atau avatar berbentuk hewan yang akan menjadi representasi mu di aplikasi.

genopets
genopets

Ketika kamu berjalan maka aktivitas ini akan dikonversi ke genopets tersebut. Setiap langkah perjalanan mu akan disimpan dan diubah menjadi token $GEN asli Genoverse.

Dengan token gen ini, kamu dapat berpartisipasi dalam staking  token gen dan di marketplace NFT tempat kamu dapat membeli barang langka yang selanjutnya dapat meningkatkan genopet mu. 

Baca juga: Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go

Dootmovs 

Jaringan Dotmoovs berbeda dari perangkat FitFi lainnya karena tidak berjalan sebagai aktivitas move to earn utama. Sebaliknya, situs web ini bertujuan untuk mempromosikan kesehatan melalui sepak bola dan tarian.

Dotmoovs. Sumber: Ambycrypto
Dotmoovs. Sumber: Ambycrypto.

Pengguna mendapatkan uang di jaringan dengan menggunakan kamera video. Cukup sederhana, pengguna perlu mengatur telepon mereka dan melakukan berbagai tugas yang berpusat pada sepak bola atau tarian. 

Aplikasi ini memiliki sistem kecerdasan yang akan menganalisis video pengguna dan membandingkannya dengan yang lain, jika video kamu menang kamu berhak untuk mendapatkan token MOOVS. Token MOOV ini dapat digunakan lebih lanjut untuk membeli sepatu NFT. 

Dustland

Dustland adalah proyek yang dikembangkan oleh Olivex. Ini merupakan metaverse yang berfokus pada kebugaran, di mana pengguna bisa berolahraga di mana saja dan dibayar dengan token Dose.

Dustland.
Dustland. Sumber: Medium

Proyek ini juga memiliki tantangan tertentu, misalnya 22 PushUp, di sini kamu ditantang untuk melakukan 22 push-up per hari.

Aplikasi ini juga memiliki aturan wajib untuk merekam latihan sehingga pemain tidak bisa mencontek dan memiliki bukti bahwa ia berolahraga.

Ada juga tantangan bersepeda, di mana pengguna harus mengayuh sepeda dalam jarak tertentu, dan runner yang terinspirasi dari game zombie. Dalam tantangan runner pengguna perlu berlari untuk mendapatkan hadiah yakni token Dose atau NFT. 

Sweatcoin

Sweatcoin adalah aplikasi smartphone gratis yang tersedia di Android, Windows, dan iOS. Aplikasi ini melacak langkah yang yang kamu ambil dalam sehari, sama seperti aplikasi track-stepping lainnya yang dapat diunduh.

Sweatcoin
Sweatcoin. Sumber: Sweat.co

Aplikasi ini terhubung ke Google Fit, Apple Fit, atau aplikasi lain dengan program serupa. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini saat berjalan, berlari, baik itu menggunakan treadmil atau tidak. 

Sebelum  menginstal aplikasi dan memulai, perlu diperhatikan juga bahwa kamu tidak akan menghasilkan banyak uang menggunakan Sweatcoin, sebab dibutuhkan 1.000 langkah untuk mendapatkan satu sweatcoin.

Jika kamu sangat suka berjalan tentu kamu bisa mendapatkan lebih banyak sweatcoin yang dapat dijual dan ditukarkan ke Bitcoin atau aset crypto lainnya. 


Itu dia beberapa game move to earn yang layak diperhatikan, selain kelimanya tentu masih banyak proyek move to earn lain yang sudah ada atau akah hadir.

Jangan lupa untuk lakukan riset lebih lanjut jika ingin menggunakan proyek move to earn agar kamu tahu risiko dan keuntungan yang didapatkan.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin