8

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go

Pokemon Go merupakan salah satu permainan yang sempat mengalami ketenaran akibat pengalaman yang diberikannya kepada pemain umur berapapun yang senang dengan pokemon. 

Tidak hanya itu, Pokemon Go juga berhasil membuat banyak pemain bergerak dalam rangka mencari Pokemon untuk ditangkap dalam permainan. 

Sayangnya saat ini permainan tersebut sudah meredup dari ketenarannya. Kabar baiknya Genopets akan hadir dalam era ketenaran Move to Earn untuk menggantikan Pokemon Go sebagai permainan menarik terbaru. 

Ingin mengetahui apa itu Genopets? Simak artikel penjelasannya di bawah ini. 

Mengenal Genopets

Genopets (GENE) adalah sebuah proyek crypto yang dibentuk untuk menggabungkan ekosistem Play to Earn sejenis Axie Infinity dan Move to Earn seperti STEPN

Permainan ini berbeda dengan permainan Play to Earn lainnya karena dapat dimainkan dengan gratis tanpa modal awal. 

Proyeknya berdiri pada Blockchain Solana dengan tujuan untuk memberi permainan yang memberikan imbalan dalam crypto namun juga membuat pemainnya sehat dalam jaringan yang aman dan cepat. 

Genopets menggabungkan beberapa aspek dari permainan yang terkenal seperti aspek pengembangbiakan Tamagochi, aspek pertandingan Pokemon, dan aspek koleksi dari Animal Crossing. 

Semua komponen tersebut digabungkan serta diimplementasikan pada teknologi blockchain agar memiliki sistem imbalan dan pengelolaan yang terdesentralisasi. 

Permainan ini banyak dikatakan sebagai Pokemon Go selanjutnya akibat memiliki mekanisme yang hampir sama.

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go
Tim Genopets

Genopets didirikan oleh tiga individu yang memiliki pengalaman di bidang blockchain, bisnis, dan pemasaran.

Masing-masing pendiri tersebut sekarang memimpin tim Genopets dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. 

Dalam ekosistem Genopets sendiri, terdapat dua token yaitu GENE dan KI, dimana GENE adalah token governance dan KI adalah utility. 

GENE adalah token governance dimana investor yang memiliki GENE dapat memberikan suaranya untuk menolak atau menyetujui suatu pembaruan terhadap Genopets.

Selain itu, GENE juga dapat dikunci dalam proses staking agar investor mendapatkan imbalan dan menjaga likuiditas token tersebut. 

KI merupakan token utility yang berarti adalah token yang digunakan untuk imbalan para pemain. 

Token Gene dan Token KI dapat digunakan sebagai alat transaksi dalam permainan Genopets. 

Untuk saat ini permainan ini belum dapat dimainkan namun nantinya akan tersedia di semua perangkat yang memiliki GPS serta semua smart phone. 

Cara Kerja Genopets

Sebelum memahami mekanismenya, perlu diketahui bahwa ada enam komponen dalam permainan ini. 

Pertama dan kedua adalah token yang ada yaitu GENE untuk governance dan KI untuk imbalan. 

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go
Token dalam Genopets

Ketiga adalah Genopets yang merupakan binatang peliharaan berupa monster yang bisa didapatkan secara gratis saat mulai bermain. 

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go
Genopets

Keempat adalah XP yang merupakan singkatan dari experience point dimana poin tersebut dapat ditingkatkan untuk membuat monster lebih tangguh dan naik level. 

Nantinya monster ini dapat digunakan untuk bertanding melawan monster milik pemain lain atau dijual untuk menghasilkan uang. 

Cara meningkatkan XP adalah dengan berjalan dimana setiap langkah akan meningkatkan XP yang juga membuat monster lebih tangguh. 

Mekanisme ini disamakan dengan membawa peliharaan untuk berjalan setiap hari. Perlu diketahui bahwa XP juga bisa ditingkatkan dengan bertanding melawan pemain lain. 

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go
Crystals

Kelima adalah Crystals yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan monster saat bertanding. Crystals dapat dimiliki dengan mengeluarkan GENE atau KI. 

Keenam adalah Habitat yang merupakan tempat untuk hidup bagi para monster. Habitat tidak wajib untuk dimiliki, namun jika memiliki akan lebih cepat meningkatkan level monster. 

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go
Habitat

Habitat ini harus dibeli dengan KI atau GENE dimana satu habitat hanya untuk satu monster. Habitat juga bisa disewa ke pemain lain agar pemilik mendapatkan imbalan. 

Mekanisme Genopets adalah salah satu yang cukup rumit untuk dipahami karena ada beberapa cara untuk menghasilkan uang. 

Rumitnya mekanisme tersebut adalah cara untuk membuat ekosistem Genopets hidup tanpa perlu modal awal untuk pemain. 

Walau rumit, jika mengacu pada bagan di bawah, para pemain bisa mengetahui bagaimana alur permainan dan alur token di ekosistem Genopets.  

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go
Alur Uang dalam Genopets

Dalam bagan tersebut terlihat dua cara untuk bermain, dimana terdapat cara untuk bermain secara gratis dan secara berbayar. Perlu diketahui keduanya bisa menghasilkan uang namun dengan cara yang berbeda. 

Saat mulai bermain, pemain akan mendapatkan pets atau binatang peliharaan berupa monster secara gratis. Yang menentukan apakah pemain bermain secara berbayar atau tidak adalah pembelian habitat. 

Jika bermain secara gratis, pemain hanya perlu meningkatkan XP monster dengan jalan atau dengan melawan monster lain. 

Setelah mendapat XP tinggi, monster akan naik level dan kemudian akan semakin mahal nilainya untuk dijual. Imbalan akan datang dari hasil penjualan monster. 

Pemain juga bisa mengikuti fitur prediksi dimana pemain memprediksi mana monster yang akan menang dalam sebuah pertandingan untuk mendapatkan Token KI. 

Jika bermain dengan membayar atau membeli, terdapat beberapa cara untuk menghasilkan uang. 

Pertama adalah dengan melawan pemain lain, karena jika monster memiliki habitat, maka imbalan pertandingan tidak hanya XP saja namun ditambah Token KI. 

Kedua adalah dengan menjual Monster atau Genopets, menjual Crystals, dan menjual Habitat. Habitat juga bisa disewakan ke pemain lain untuk mendapatkan imbalan. 

Ketiga adalah dengan melakukan staking GENE dan sering menggunakan aplikasi untuk berjalan dan mendapatkan XP, karena jika memiliki monster, habitat, dan crystals, pemain akan mendapat bonus KI Token.  

Keunggulan Genopets

Dibandingkan permainan Move to Earn dan Play to Earn lain, Genopets memiliki beberapa keunggulan. 

Pertama adalah Genopets menggabungkan kedua ekosistem tersebut jadi terdapat fitur pertandingan monster dan perawatan monster, termasuk mengajaknya bergerak dengan jalan. 

Kedua adalah pemain dapat mulai bermain tanpa modal, yang juga menjadi alasan utama mengapa Genopets membuat permainan atau game ini. 

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go
Alasan Modal Gratis Genopets

Genopets melalui whitepapernya menyatakan bahwa mereka ingin membuat game tanpa modal awal karena dua hal. 

Pertama adalah kekhawatiran ketenaran yang menyusut membuat pembelian berkurang dan membuat perputaran uang dalam game sulit. Kedua adalah kekhawatiran ketergantungan pada pemain baru yang berlebihan. 

Oleh karena itu, Genopets hadir untuk membuat permainan yang tidak mewajibkan modal awal, namun mengajak untuk membeli agar pengalaman bermain lebih menarik. 

Keunggulan ketiga adanya mekanisme sewa dan interaksi prediksi agar menambah ekosistem game lebih luas. 

Jika dibandingkan dengan permainan lain, saat ini Genopets terlihat paling ambisius untuk memiliki proyek yang menarik. 

Token GENE 

Untuk tokennya sendiri, kemungkinan besar investasi akan lebih banyak menuju kepada GENE. 

Hal ini disebabkan GENE bergerak sebagai token governance dengan fitur staking sehingga stabilitasnya lebih terjaga dan potensi apresiasinya lebih besar dibanding Token KI. 

Seperti yang kita ketahui, umumnya token imbalan dalam game akan menyusut terdepresiasi dalam nilainya karena semakin banyak pemain semakin banyak jumlahnya yang beredar. 

Mengenal Genopets Game Move to Earn Ala Pokemon Go
Token Economics GENE

Untuk GENE sendiri, jumlah persediaannya terbatas pada 100 Juta GENE dengan alokasi untuk tim sebesar 25%. Alokasi tersebut terlihat aman karena di bawah 50% yang membuat potensi manipulasi harga sangat kecil. 

Selain itu, mayoritas alokasi untuk investor awal dan tim terlihat terkunci antara 2 tahun hingga 5 tahun yang akan masuk ke pasar secara perlahan. 

Secara keseluruhan token ini terlihat aman dan melihat proyeknya yang menarik, kemungkinan besar ada potensi ketenaran yang tinggi jika permainan sudah diluncurkan. 

Sayangnya untuk saat ini belum ada tanggal yang jelas mengenai kapan peluncuran game akan dilakukan. 

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

Apa itu Genopets?

Genopets adalah permainan campuran Move to Earn dan Play to Earn dalam Blockchain Solana

Apakah Genopets gratis?

Genopets gratis untuk dimulai tanpa modal, namun butuh biaya untuk menghasilkan lebih banyak uang

Blockchain apa yang digunakan Genopets?

Genopets menggunakan Blockchain Solana

Ada berapa token dalam ekosistem Genopets?

Genopets memiliki dua token yaitu Token GENE untuk Governance dan Staking, serta Token KI untuk imbalan pemain.

Apa itu habitat dalam Genopets?

Habitat digunakan untuk tempat tinggal monster Genopets. Tujuannya untuk meningkatkan level lebih cepat.

Apa itu Crystals dalam Genopets?

Crystals berguna untuk meningkatkan kemampuan monster Genopets saat bertanding. Crystals dapat dibeli dengan Token GENE atau KI.

Ada berapa cara menghasilkan uang di Genopets?

Terdapat enam cara untuk menghasilkan uang di Genopets. Menjual Habitat, Crystals, atau Genopets, menyewakan Habitat, membuat prediksi hasil pertandingan dan bertanding.

Ada berapa komponen penting dalam Genopets?

Terdapat enam komponen yaitu Genopets, Token GENE, Token KI, XP, Habitat, dan Crystals.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin